Selasa, 31 Juli 2012

SKY BURIAL by Xinran



Paperback, soft cover, 310 pages
Published by Serambi, 2007
Rating 4/5

Apa yang bisa dilakukan seseorang ketika cinta dalam kehidupannya terenggut? Pasrah? Atau melawan?

Pilihan kedualah yang dipilih Shu Wen, seorang menba Cina begitu mendengar suaminya meninggal dalam tugas militer di tanah sakral Tibet. Tak ada yang bisa mencegahnya, pun ketika ia tahu betapa berat medan Tibet lengkap dengan tradisi ritual keagamaan yang sama sekali asing bagi Wen. Dia harus mencari suaminya yang baru dinikahinya selama 100 hari.

Di tengah konflik Cina dan Tibet, kekuasaan Cina yang ingin mencaplok tanah Tibet tahun 1950an, warga Tibet menganggap warga Cina sebagai iblis iblis yang berusaha mengalihkan agama mereka, hubungan politik kedua negara tersebut sangat panas. Tapi, tidak ada kata menyerah bagi Wen.  Suaminya, Kejun, barangkali hanya tersesat di medan berat Tibet. Wen pun pergi mencari.

Dalam perjalanan, Wen bertemu dengan Zhuoma, gadis bangsawan Tibet yang jatuh cinta dengan budaya Cina. Persahabatan keduanya mewarnai perjalanan Wen. Medan Tibet yang berubah setiap kali berganti musim, memaksa Wen mengikuti gaya hidup warga Tibet yang nomadik. Dalam perpindahan ini, mereka bertemu dengan keluarga Tibet yang menerima mereka tinggal bersama sebagai satu keluarga.

Sabtu, 28 Juli 2012

THE PALACE OF ILLUSIONS (Chitra Banerjee Divakaruni)


Paperback, 496 pages
Published by Gramedia, 2009
Rating 4/5


Siapa yang tak kenal cerita Mahabharata? (geleng2 kepala kalo ada yang tunjuk jari)

Saya mengenal kisah epic apik ini sejak masih berlangganan majalah Ananda ketika saya masih SD. Gambar2 para pelakon wayang yang nggantheng dan cantik masih membekas kuat dalam benak saya. Nama2 para tokohnya pun  kebetulan menjadi nama2 jalan di kota di mana saya tinggal. Beberapa kali masih terlintas kelebatan siapa nama raja yang berkuasa di kerajaan tertentu. Misalnya saja saya dulu bersekolah di sebuah SMP yang terletak di jalan Indraprasta. Siapa nama raja yang berkuasa di sana? Teman saya tinggal di jalan Nakula, seberang jalan Indraprasta, warnet yang dulu saya tongkrongi jaman belum memasang internet sendiri di rumah ada di jalan Wiroto. Nah, bagaimana mungkin saya bisa lupa kisah2 yang ada di dalam cerita berasal dari India ini?

Jika demikian apa dong yang membedakan kisah The Palace of Illusions dengan Mahabharata? Kalau dulu, saya membaca komik dengan illustrasi dan cerita oleh R. Kosasih, dari sudut pandang si penulis, sementara novel ini diceritakan dari sudut pandang Dropadi alias Panchali. Well, nama ini memang sangat powerful di novel ini, berbeda dengan komik yang saya baca dulu. Nama Drupadi memang nama penting di kisah ini, namun karena kisah diceritakan dari sudut pencerita, sehingga peran penting Dropadi tidak terlalu terlihat. Namun meski demikian, satu hal yang masih saya ingat adalah Dropadi lah yang mendampingi para Pandawa menuju swargaloka, bukan istri2 ke lima Pandawa lainnya. Jadi mengapa Dropadi?

Rabu, 25 Juli 2012

Wishful Wednesday Giveaway #1





Mari mencoba peruntungan saya di bulan penuh berkah ini.

Baiklah, saya mulai cerita buku idaman saya ini dari awal ya. Begini, saya sudah lama membaca buku2 karya mbah Roald Dahl, dari Charlie and Chocolate Factory, The Witch, Esio Trot, Danny the Champion of The World, Matilda, The Twits, dll. Sebagian besar saya dapat pinjaman dari teman saya, beberapa saya beli di pesta dskon buku, beberapa saya dapat di loak, berbahasa Inggris pula, Matilda. Kemudian saya mulai membaca kisah masa kecil Roald Dahl yang berjudul A Boy: A Tale of Childhood. Kisahnya sendiri seputar kenakalan, keusilan Dahl kecil serta rasa kesepiannya tinggal jauh dari mama tercintanya ketika ia bersekolah di asrama.  Ternyata, buku ini ada kelanjutannya, yaitu Going Solo, kisah masa remaja Dahl berikut dengan berbagai macam karir yang pernah ia geluti sehingga ia bisa menulis dengan daya khayal yang hebat serta kekreatifan yang mempesona.

Minggu, 01 Juli 2012

Rape Girl (Alina Klein)



Ebook (pdf format), 129 pages
Published June 5, 2012 by namelos
Rating 3/5

Can you imagine to be raped by someone you are attracted to? How would you feel? Happy? Relieved that finally you could get his attention? Owh, well, think again. It’s R-A-P-E

According to online Thesaurus, Rape means:
1.       The crime forcing another person to submit to sex acts, especially sexual intercourse
2.       The act of seizing and carrying off by force; abduction
3.       Abusive or improper treatment, violation

Judging from the above definition, Rape is rape, something taken by force even by someone you are attracted to. Nothing you can do but turn to justice. The problem is, can you just rely on the justice to resolve the problem?