Kamis, 14 Maret 2013

Sapta Siaga: Komplotan Misterius #6




Ebook, epub format 66 pages
Published by Grmaedia 2000
Rating 3/5



Apa yang bisa dilakukan sekumpulan anak2 usia sekitar 8-12 tahun? Berbuat jahil? Ato nakal?
Sapta Siaga bisa jadi bukan kumpulan anak nakal ato jahil, tapi buat saya tetap saja cukup ngeselin hahaha. Bayangkan saja. Anak2 kepo ini hobi banget mengadakan rapat tanpa jelas membahas apa. Jelas saja Susi, adik Jack-salah satu anggota Sapta Siaga ini kesal. Maka, dibuatlah rencana brilliant untuk ngerjain SS ini. Dan berhasil!!! Horee...

Meski mengaku kalah dengan keisengan Susi, SS ini akhirnya berhasil juga menemukan kasus yang mereka idam2kan.


Peter and Janet, kakak beradik anggota SS ini tidak sengaja menjadi saksi pencurian mobil atas mobil mereka sendiri. Dengan berani mereka menguping pembicaraan para pencuri, berharap bakal mengetahui latar belakang kejahatan ini. Dibantu dengan 5 teman lainnya, mereka mencoba membongkar kejahatan yang dilakukan mantan residivis dan napi yang melarikan diri.

Well, saya sadar, novel ini adalah untuk konsumsi anak2, tapi ngga tahan rasanya ngga komen. Hahaha. Sebelumnya, maafkan saya yang membandingkannya dengan Lima Sekawan yang sampe sekarang sayamasih sangat enjoy membacanya. Lima Sekawan sering kali bertemu petualangan seru ketika mereka berlibur yang daerahnya sangat memungkinkan bertemu penjahat, tanpa mereka harus mencari sana sini. Sementara SS ini, (paling tidak dari Seri ini) terlihat banget mereka mencari cari kasus.

Saya temukan satu kejanggalan yang lucu. Ketika Peter pergi menemui temannya yang bekerja di bengkel mobil, dia melakukannya selama jam istirahat. Setelah ia menemukan pencerahan, dia langsung menuju ke satu tempat yang dicurigai. Masih selama jam istirahat. Oh, hellow, berapa lama sih ya jam istirahat disono? Sejam? Hahaha... Sudahlah. Namanya juga novel detektif anak2. Enid pasti menulisnya untuk konsumsi seru anak2. Saya saja yang kurang kerjaan nyari bloopers. Lol. Oya, karakter konyol yang menarik perhatian saya justru adalah Susi, anak iseng yang sebal denga sok sibuknya anak2 SS. Kalo saja saya punya teman2 seperti SS yang hobi kasak kusuk sendiri selama di sekolah ataupun di rumah, pasti saya juga bakal punya rencana untuk mengerjai mereka. Hihihi….

7 komentar:

  1. Susi kuwi nama asli opo wis diterjemahke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku moco terjemahan. Jadi aslinya, ku tak tauuuu....

      Hapus
  2. bisa nggak baca di sini aja..atau gimana caranya download..soalnya novelnya susah di cari di sini..

    BalasHapus