Kamis, 28 Februari 2013

The Invention of Hugo Cabret by Brian Selznick



Paperback, 541 pages
Published January, 2012, by Mizan Fantasy
Rating: 4/5

Kecintaan seseorang terhadap sesuatu atau seseorang  bisa mewujud dalam berbagai bentuk ekspresi. Kecintaan Brian Selznick terhadap film dan Georges Meliies terwujud dalam kisah spektakuler The Invention of Hugo Cabret. Kecintaannya itulah yang melahirkan Hugo Cabret yang dalam ekspresi cintanya pada peninggalan ayahnya, dia berusaha setengah mati untuk mewujudkan temuan automaton rusak menjadi hidup. 

Hugo Cabret hidup sebatang kara setelah kematian ayahnya. Kehidupannya bersama pamannya tidak memberi perbaikan apapun. Alih2 lebih baik, Hugo diperkerjakan oleh pamannya untuk menjadi tukang jam di penjuru kota; memeriksa jam, memutarnya, memberi minyak pada putaran yang aus. Hingga suatu hari, Hugo tertangkap tangan Georges Mellies ketika ia mencuri sesuatu di toko mainannya. Hukuman yang diterima Hugo adalah diambilnya buku catatan peninggalan ayahnya untuk meneruskan automaton yang ditemukan dalam kondisi rusak. Meski dalam keadaan menyedihkan, Hugo sudah jatuh cinta pada benda berbentuk manusia duduk dengan pulpen di tangan itu. 

Rabu, 27 Februari 2013

Update: Name in Challenge RC February




Akhir bulan February sudah menjelang. Sudah berapa buku saya lahap bulan ini? Hiks…. Cuma 7 buku… Etapi, meningkat drastic lho dari bulan lalu yang hanya 4 buku. Tttt…. Tapi, sebagiannya sudah saya mulai bulan lalu, dan selesai di bulan ini. Hiksss….

Baiklah, saya mulai saja wrap up-nya ya untuk What’s in A Name Challenge


  1. The Mark of Athena by Rick Riordan
  2. The Invention of Hugo Cabret by Brian Selznick
  3. Harry Potter and The Chamber of Secret
  4. Lola and The Guy Next Door by Stephanie Perkins

Hmmm… Not bad lah ya…. #cheer myself up. Wish I could read more and mooreee the following months.

WISHFUL WEDNESDAY #7


Duh, malu saya. Tahun 2013 ini, saya baru posting meme ini pertama kali. Ini juga tergerak karena bakal ada giveaway dari host-nya, Astrid. Yes, untuk memperingati satu tahun meme ini, Astrid mengadakan GA. Horeeee… semoga keberuntungan menyertai saya kali ini.
Baiklah, ini dia beberapa buku impian saya yang, Alhamdulillah, beberapa diantaranya sudah saya miliki, dengan perjuangan tentunya #halah.

Selasa, 26 Februari 2013

Harry Potter and The Chamber of Secret (JK. Rowling)


Paperback, 366 pages
Published 2000 by Bloomsbury Publishing
Rating 5/5

I forgot the exact time when I first read this book. Maybe right after I finished reading the first book that means it was in 2001. And I also don’t remember how many times I read this book since I still remember the exact scenes from chapter to chapter (maybe I forgot some parts, but that’s only the trivia scenes, like The Deathday Party). Or maybe I watched the movie too many times? Well, I’ve got no idea.

This book tells about the second year of Harry Potter in Hogwarts. As eager and enthusiastic as before his first year in school. He had to face another battle with his parents’ murderer, though, and he happened to win the battle. Good friends, Quidditch, Hagrid and some teachers are what make Harry feel home, different from the place he had lived for 11 years, The Dursleys’. But, a warning came to him by Dobby, a house elf, not to come back to school. It said, there would be a plot that puts Harry into mortal danger if he comes back to school. A plot has been made by the Dark Lord to come back with the help of his accomplices. 

Minggu, 24 Februari 2013

Saga No Gabai Bachan by Yoshichi Shimada



Paperback, 264 pages
Published April, 2011 by Kansha Books
Rating: 3,5/5

Menjadi miskin bukan pilihan setiap orang. Tapi menjadi miskin yang riang gembira bisa dipilih setiap orang. Pertanyaan adalah, bisakah seseorang gembira di tegah-tengah kemiskinan?

Bisa sekali. Paling tidak ini adalah jawaban yang diberikan oleh nenek Osano yang hidup dalam kemiskinan garis keras. Ternyata bukan hanya fraksi agama saja yang bisa mempunyai garis keras, tapi juga paham kemiskinan.

Bom baru saja melanda Hiroshima Nagasaki ketika Akihiro harus kehilangan ayahnya. Ibunya yang sibuk berdagang, memilih menitipkan akihiro di desa Saga bersama neneknya. Nah, neneknya inilah yang mempunyai paham kemiskinan garis keras. Bayangkan saja, gaji sebagai seorang tukang bersih sekolah pastilah sangat sulit untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi, Akihiro tidak pernah kekurangan makan berkat supermarket istimewa neneknya. 

Lola And The Boy Next Door (Stephanie Perkins)

Ebook, epub format, 232 pages
Published September 29th, 2011 by Dutton Books
Rating 4/5

Abis baca novel ini, rasanya pengen nyanyi empat lagu sekaligus…

Her name is Lola, she was a show girl…. (Coppacobana by Barry Manilow)
It’s my first love, what I’m dreaming of, when I got to bed…. (First Love by Nikka Costa)
Maybe first love never ever dies; That’s why I’m still in love with you… 
Cricket Bell… Cricket Bell, Cricket all the way… (errr…. Apa dan siapa yah :D )

Gemes rasanya dengan cowok satu ini. Sempurna banget sih ya, tapi kok ngga ngeseli ya. Biasanya cowok sempurna macam Fahri di AAC itu malah ngeseli karena kita tahu cowok macem gitu ngga bakal ada. Tapi tetep saja ngarep, semoga cowok macem Cricket ini ada, meski cuma 10 di dunia, satunya buat saya …. Hwakakakakaka…

Lola, gadis 17 tahun yang sebenarnya ngga loading lambat, tapi terkadang ngeseli juga karena sering kali mengingkari perasaan sukanya pada cinta pertamanya. Perasaan campur aduknya itu ada karena Max, pacar-nya yang penyanyi rock sexy, yang berumur 22 tahun, sangat kepayang pada Lola. Melihat jeda usia yang 5 tahun, sebenarnya tidak masalah ketika Lola sudah tak lagi bau anak SMA, tapi karena dia masih sekolah, maka label anak2 masih melekat padanya. 

Selasa, 19 Februari 2013

Gossipers Around the Ball



1st student: tsskk... Tau ngga sih lo, si kepo Hermione tu sampe sekarang belum ada pasangannya lo buat dance di ball besok malem.
2nd student: Ah, masak sih? Emang Harry ato Ron ngga ngajakin dia? 
1st student: Nggaaa... Denger2 sih, Harry barusan ditolak waktu ngajakin Si Cho Chang. Ih, kenapa sih Harry naksir cewek itu? Gue, ngga kalah cantik lagiii...
2nd student; Errr…, Ron kenapa ngga ngajakin dia? Ngeper Kali ye, sering berantem kan mereka?
1st student: Ron? *blushing*. Errr... Dia barusan ngajakin akyu... #sibak rambut.
2nd student: trus Harry akhirnya ngajak siapa? Aku mau banget banget... Dia kan calon pemenang Goblet of Fire di pertandingan Quidditch Triwizard?!.. 
1st student: kok kamu khaqqul yaqqin gitu sih? Sudah ada prophecynya ya?
2nd student: ah, ngga kok. Lawan Lord Voldy aja dia menang, gimana cuma nglawan 3 penyihir cemen macem Cedric, Viktor and si kemayu Fleur ituh. Gue yakin, Harry pasti menang... Yakin banget banget..

Minggu, 10 Februari 2013

The Rocker That Holds Me by Terri Anne Browning

Ebook, epub format
Published January 24, 2013 by Anna Henson
Rating 3,5/5

I’m extremely totally envious of Ember Jameson….

Wait… wait… Who the hell is Ember Jameson? Is she a singer, a model, or….? Well, she’s just lucky to get full love of four rockers of Demon’s Wings…. Meski masa kecil Ember yang sering disebut Em oleh empat cowok keren tidak bisa dibilang indah, dia tetap saja menjadi apple of Demon’s Wings’ eyes. Ibunya adalah jelmaan setan yang sering menyiksa putri semata wayangnya. Dan sebagai pelariannya adalah truck trailer rombongan musisi yang pada waktu itu masih merintis karir.

Bertahun kemudian, Em kecil mulai beranjak dewasa. Setelah ibunya meninggal, Em ikut berkeliling bersama her four guys. Jarak usia 10 tahun tidak membuat mereka menganggap Em anak2 lagi. Sebaliknya, Em menjadi semacam manajer buat ke empat cowok ini, dengan temperamen lumayan galak. Maklum saja, memanajeri sebuah kelompok rock yang mulai terkenal dengan deretan kontrak manggung cukup membuatnya uring2an. Bertahun tahun Em sibuk mengurus Demon’s Wings. Dan juga sibuk menyimpan perasaan terpendamnya pada salah satu anggota kelompok music ini. Dan akhir2 ini dia juga sibuk menyimpan satu rahasia besar yang membuatnya sakit2an. Ketakutannya pada dokter dan jarum suntik membuatnya semakin lemah.

Jumat, 08 Februari 2013

The Mark Of Athena (Rick Riordan)



Paperback, 616 pages
Published October 2012, by Mizan Fantasy
Rating 4/5 

Dari sekian serial Percy Jackson, baru sekali ini saya menulis reviewnya. Maklum saja, saya membaca Percy Jackson and The Lightning Thief berikut sequelnya pada saat saya belum tergabung dalam Blogger Buku Indonesia. Kalaupun menulis review, hanya buku2 tertentu saja. Untuk me-review prequel-nya, saya ngga bakal sanggup, karena tak ada satupun seri yang masih menempel di kepala hahaha… short memory loss pokoknya kalo yang berhubungan dengan detil karangan Rick Riordan ini. Mungkin sama sperti mbak Truly Rudiono yang mengatakan bahwa ia susah membedakan satu judul dengan judul lainnya. Saya lebih parah, nama2 dewa hampir  seluruhnya lupa ketika sedang tidak membaca serial ini. Ditambah lagi dengan nama dewa/dewi yang sering kali disebut versi Yunani dan Romawinya. Haddehh…

Baiklah, saya mulai saja RSS alias Review Sangat Singkat seri ketiga dari The Heroes of Olympus ini.

Annabeth akhirnya bertemu dengan si pacar yang hilang, Percy Jackson. Selama enam bulan ia menghilang di camp Romawi dan berkesempatan menjadi praetor, semacam kepala kelompok di sana. Sempat juga ditaksir praetor yang lain, Reyna. Pertemuan dua kubu yang menegangkan akhirnya cair dengan jalan2 mengitari Roma Baru. Sayang, Leo Valdez mengacaukan jalan2 damai tersebut.

Rabu, 06 Februari 2013

New Authors RC Wrap Up




Menilik koleksi ebook dan timbunan pinjaman, saya akhirnya me-declare untuk ikut challenge seru ini. Kebetulan, saya cukup suka mencoba membaca penulis baru dengan genre yang berbeda-beda.
Karena saya suka itulah, maka marilah kita tengok berapa jumlah penulis yang baru saja saya nikmati karyanya.

1.       Here Lies Bridget

Lhah? Kok mirip dengan What’s in A Name Reading Challenge? #ngumpetdicangkang

Hahaha…. Emang begitulah. Saya kebetulan sedang bersemangat memilah buku yang masuk kategori reading challenge yang saya ikuti. Yang tridak masuk, bisa saya baca begitu target selesai, di akhir bulan mungkin. Saya juga prioritaskan buku yang bisa masuk di lebih dari satu RC. Jadi efisien gitu. Yang bikin saya galau adalah, saya sudah ngidam membaca Garis Batas-nya Agustinus Wibowo sejak tahun lalu, begitu saya beli, saya masih harus menundanya karena bukunya tidak masuk kategori manapun. Setebal itu pula. Hiks..hiks… 

Baru tanggal 6, let’s speed up. Eat all those piles of books…..

What’s In A Name RC Wrap Up




Bulan January kok tiba2 sudah lewat gitu aja ya?

Mari saya tengok buku yang saya sudah baca bulan lalu dengan konten NAME di judulnya




3.       Maryam by Okky Madasari


Sudah. Itu saja. Huhuhu…. Dikit banget yak?


Tapi terus terang kemampuan baca saya memang payah dibandingkan teman-teman lainnya #jambak2rambut. Padahal rencana baca yang sudah saya timbun itu sudah seperti timbunan. Duh, sepertinya saya harus pecut diri sendiri, banyak2in liat postingan teman, biar semangat saya kembali membara…. 


FIGHTING

Minggu, 03 Februari 2013

Maryam – Okky Madasari


Paperback, 275 pages
Published February 23, 2012, by Gramedia Pustaka Utama
Rating 4/5

Apakah definisi sesat itu? 

Menurut Kamus Bahasa Indonesia online (1) tidak melalui jalan yang benar, salah jalan; (2) berbuat tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran.

Kata sesat sering disematkan pada orang-orang yang kita anggap menyalahi aturan secara social dan terutama secara aturan agama. Ketika seseorang tidak melakukan sesuatu yang dianggap tidak umum dilakukan sebagian besar orang, maka niscaya ia akan dianggap sesat. Pertanyaannya adalah apakah yang umum dilakukan sebagian besar orang itu siapa yang menjamin bahwa itu adalah benar, bukan sesat?

Maryam Hayati, perempuan yang kebetulan terlahir di keluarga Ahmadiyah, selama hidupnya merasa terkungkung dengan kata sesat yang disematkan pada dirinya. Bahkan ketika ia berada jauh dari lingkungan Ahmadi pun, bersedia melepas keyakinannya sejak kecil, ia masih membawa label sesat. Seberapapun usaha Maryam menunjukkan usaha ‘ketidak sesatannya’, label itu tetap saja melekat.