Kamis, 28 Maret 2013

Uglies by Scott Westerfeld

 
Paperback, 432 pages
Published April 29th 2010 by Penerbit Matahati
Rating 3,5/5

Pernah merasa wajah sangat buruk karena rambut lagi lepek ato jerawat sedang subur2 nya? Ato kadang merasa sedang cantik karena rambut abis creambath dan wajah bersih tanpa jerawat? Itulah keuntungan menjadi manusia seperti kita di abad 21 ini. Bagaimana dengan mereka yang hidup berpuluh ato beratus tahun yang akan datang? Apakah wajah cantik ato buruk rupa jadi masalah besar? Setidaknya ini terjadi di kota dimana Tally Youngblood tinggal.Tally, menjelang usia 16 tahun sangat berharap dirinya akan menjadi rupawan begitu usia mencapai 16 tahun dan akan tinggal di kota rupawan baru. Tally, Si Juling ini sibuk dengan experiment nya seperti apa wajahnya kelak setelah operasi. Keinginannya menjadi rupawan mulai dia pikirkan ulang setelah ia bertemu dengan Shay. Shay bercerita tentang sebuah tempat antah berantah bernama Smoke dengan sosok bernama David yang tak kalah misteriusnya. Smoke diceritakan Shay adalah kota dimana para buruk rupa tidak perlu melakukan operasi agar menjadi rupawan, dan bisa hidup dengan mandiri, berbeda dari kota yang diatur dan diawasi setiap saat.Shay dan Tally kebetulan akan segera berubah menjadi rupawan di hari yang sama. Yah, mereka lahir di tanggal, bulan dan tahun yang sama. Tapi Shay melarikan diri di malam ulang tahunnya, meninggalkan Tally yang mulai goyah dengan keinginannya menjadi rupawan ato memenuhi rasa penasarannya akan kota bernama Smoke.

Rabu, 27 Maret 2013

The Unknown Errors of Our Lives by Chitra Banerjee Divakaruni



Paperback, 344 pages
Pulished by Gramedia Pustaka Utama
Rating: 4/5

Menjadi tua, sendiri dan terisolasi dengan kultur masa lalu adalah hal yang mungkin ibu kita rasakan atau kita rasakan ketika kita tua nanti.

Nyonya Dutta, wanita sepuh, karena keadaan harus mengikuti putranya Sagar tinggal di Amerika. Bersama Shymolli sang menantu dan dua cucunya, nyonya Dutta harus menyesuaikan diri sekuat tenaga dari life style, makanan hingga budaya begitu kakinya menginjak rumah putranya. Seperti banyak ibu ibu lain, nyonya Dutta sangat menikmati peran sebagai ibu, memanjakan anak dengan makanan favorit, melakukan hal hal yang sebenarnya sang anak bisa lakukan sendiri. Sayangnya, niat mulia sang ibu tak berjalan lulus dengan jaman.

Rabu, 20 Maret 2013

Wishful Wednesday #8




Horeee… akhirnya saya nyadar kalo hari ini hari Rabu hahaha… Biasanya saya baru ngeh hari ini harinya WW karena melihat postingan WW teman2 #dikeplakhostnya

Nah, kebetulan dalam beberapa hari ini mata saya jereng melihat tumpukan buku, mencari-cari buku yang saya mau beli, tapi semenjak saya lihat di satu toko buku, dan masih pikir2 beli ato tidak, eh, begitu saya yakin saya mau beli, ternyata tu buku sudah raib entah kemana. Juga di beberapa toko buku lainnya. Di olshop sih masih ada, tapi masih kekeh mencari di toko buku seputar kota saya dulu. Syukur nemu dengan diskon gedhe. Hahahamiinn….

Selasa, 19 Maret 2013

Pasukan Mau Tahu – Misteri Pondok Terbakar #1- Enid Blyton


Paperback, 201 pages
Published 1082 by PT. Gramedia
Rating: 3,5/5

Apa yang ada di benak anak2 usia 8-13 tahun ketika melihat pondok yang terbakar? Takut dan ngumpet kah? Tidak bagi para anggota Pasukan Mau Tahu yang terdiri lima anak2 yang pengen tahuuuu aja hahaha… mereka adalah kakak beradik Larry dan Deasy dan Pip dan Bets, beserta satu teman baru mereka yang narsis abis Frederick Algernon Trotteville alias si Gendut atau Fatty, dan ditambah Buster—ankimh milik Fatty. Mereka bertekad memecahkan misteri pondok Pak Hick yang terbakar lebih dahulu dari polisi yang sering berteriak “ Ayo Pergi!”—Pak Goon atau Pak Ayo Pergi.

Ada beberapa kandidat tersangka dalam kasus pondok pak Hick yang terbakar. Mereka adalah gelandangan tua yang datang untuk meminta telur pada Pak hick dan ditolak;  Bu minns—juru masak keluarga Hick; Pak Smellie—rekan kerja pak Hick yang baru saja bertengkar dengan Pak hick di hari pondok terbakar; Horace Peeks—pesuruh Pak Hick yang dipecat pada hari naas itu. Selain mereka menemukan para tersangka, mereka juga menemukan beberapa telunjuk, eh, petunjuk. Sol sepatu karet dengan motif unik, jejak sepatu itu membekas di seputar rumah pak Hick hingga ke parit dan sobekan jaket dari kain flanel. 

Kamis, 14 Maret 2013

Sapta Siaga: Komplotan Misterius #6




Ebook, epub format 66 pages
Published by Grmaedia 2000
Rating 3/5



Apa yang bisa dilakukan sekumpulan anak2 usia sekitar 8-12 tahun? Berbuat jahil? Ato nakal?
Sapta Siaga bisa jadi bukan kumpulan anak nakal ato jahil, tapi buat saya tetap saja cukup ngeselin hahaha. Bayangkan saja. Anak2 kepo ini hobi banget mengadakan rapat tanpa jelas membahas apa. Jelas saja Susi, adik Jack-salah satu anggota Sapta Siaga ini kesal. Maka, dibuatlah rencana brilliant untuk ngerjain SS ini. Dan berhasil!!! Horee...

Meski mengaku kalah dengan keisengan Susi, SS ini akhirnya berhasil juga menemukan kasus yang mereka idam2kan.

Jumat, 08 Maret 2013

Travelove: Dari Ransel Turun Ke Hati


Paperback, 151 pages
Published Juni 2012 by Mizan
Rating 3/5

I feel it in my fingers
I feel it in my toes
Love is all around
And so the feeling grows…. (Love is All Around by Wet Wet Wet)

Cinta memang bisa datang dimana saja, kapan saja. Banyak yang percaya itu. Saya juga ingin percaya itu, meski hingga sekarang saya belum menemukan the love of my life.

Seperti kisah cinta klasik, cinta bisa berakhir bahagia, bisa saja berakhir unhappy ending, ato masih saja menggantung menunggu jawaban. Entah sampai kapan jawaban akan datang. Andrei Budiman memulai kisah cinta travel-nya dengan Bertemu Itu Kesempatan, Bersama Itu Pilihan. Kisah cintanya dimulai dan berakhir di negeri Sakura. Pahit. Tapi jika itu sudah menjadi pilihan, segala sesal tak perlu ada. Trinity melanjutkan dengan kisah ‘cinta’nya pada Bapaknya dalam Perjalanan Ke Surga. Bapak yang mendapat julukan Si Sangar ini, saya yakin memang sangar. Batak, dengan logat keras dan galak pada teman2 Trinity yang tidak disukainya. Tapi bapak tetaplah bapak. Emak ataupun bapak harimau juga sangar, tapi pada anaknya sudah bisa dijamin pasti lembut. Kisah perjalanan Trinity dengan bapaknya di Bromo dipenuhi dengan emosi dan diakhiri dengan emosi yang berbeda. 

Minggu, 03 Maret 2013

READ BIG Reading Challenge



Dengan mengucap Bismillah, mari saya tambah lagi satu Reading Challenge tahun 2013 ini…


READ BIG

Mungkin saya sudah nekad mengambil satu lagi reading challenge sementara RC lain yang saya ikuti saja mulai keteteran. Bayangkan saja, dari Children Literature, saya hanya bisa memasukkan 3 review minus read along bulan January: Little House on The Prairie. Sementara sebelumnya saya sudah ngotot mencari ebooknya, hingga menemukan 10 seri Little House ini dari sudut pandang Laura Inggals. Kemudian baru saya tahu, ternyata seri Little House on The Prairie ini ada juga dari sudut pandang Mary. Waaahh… banyak ya ternyata. Ennn…. Saya gagal memenuhi challenge saya sendiri. Huh!!!! Tapi syukur alhamdullilah, RC lainnya sih so far so good. :D

Tapiiiii…. Mengingat deretan to-read saya yang banyak berbentuk novel tebal layaknya bantal, saya ngga bisa ngga ikut RC ini. Lihat saja fotonya. Itu adalah list sementara yang kemungkinan bisa berubah daftar bacaanya. Oya saya memilih kelas menengah saja deh #taudiri


Yang mau ikutan, simak saja rules nya ya di Ngidambuku-Craving for Books-nya mbak Dessy.

Nah, are you strong enough to read BIG?

Update: Finding New Author Wrap Up February



Oke, ini dia wrap-up Finding New author bulan ini


Hah??? Cuma satu? Huhuhu…. Sebenarnya, saya sempat berkenalan dengan penulis baru, namun sayangnya tidak masuk dalam persyaratan Ren, sang host.  Saga No Gabai Bachan by Yoshichi Shimada bukan fiksi melainkan non fiction, yang mungkin bisa masuk dalam biography penulisnya. Sementara The Rocker That Holds Me by Terri Anne Browning hanya memiliki 99 halaman. Sementara host menentukan, syarat RC ini adalah genre buku adalah fiksi dengan jumlah 200 halaman ke atas. Sementara satu lagi buku yang masih proses say abaca akhir bulan ini, Arok Dedes. Pengennya sih saya msukkan dalam 3 RC sekaligus, Name in Challenge, New Author dan RC dari BBI. Tapi yah, ngga mungkin saya selesaikan dalam 2 hari ini.  But, it’s OK, at least jumlah tantangan baca saya di Goodreads berkurang.

OK, see what I will read next month.