Rabu, 31 Juli 2013

Sarah’s Key by Tatiana de Rosnay




Paperback, 337 pages
Published by Elex Media Komputindo
Alih Bahasa: Lily Endang Juliani
Rating 5/5

16 July 1942 adalah hari kiamat bagi keluarga Yahudi Prancis. Penangkapan besar besaran terjadi, tidak hanya pada kaum pria dewasa tetapi juga para wanita dan anak anak. Mereka ditangkap oleh para polisi Prancis—yang bertindak dibawah perintah Gestapo Jerman, dinaikkan ke kereta dan bus-bus Prancis dan digelandang di beberapa tempat di Prancis. Dan diantara ribuan Yahudi ini, terselip keluarga Starzynski, ayah ibu dan seorang gadis bernama Sarah yang tangannya tak lepas menggenggam kunci. Kunci itu adalah kunci lemari rahasia di rumahnya dimana ia menyembunyikan adiknya, Michael, di dalamnya. Dia berjanji dia akan segera kembali, mengeluarkan Michael dari dalam lemari. Hanya, ia tak pernah tahu kapan ia bisa kembali dari kamp penampungan para Yahudi.

60 tahun kemudian, di tempat yang sama dan saat yang hampir bersamaan pula, Julia Jarmound, wartawati, warga pendatang dari Amerika dan tinggal di Prancis selama 25 tahun, melakukan penyelidikan seputar tragedy 16 Juli 1942. Tragedy yang disebut Vel’ d’Hiv karena kejadian mengerikan ini terjadi di Velodrome d’Hiver ini menjadi tajuk utama berita di surat kabar dimana ia bekerja dan berita ini sekaligus untuk mengenang 60 tahun tragedy Vel’ d’Hiv. Tak pernah ia sangka, masa lalu itu sangat erat kaitannya dengan keluarga suaminya, apartment yang akan ia tinggali bersama keluarganya, dan terlebih dengan Sarah Strazynski. Julia menyusuri tiap detil sejarah, mewawancarai saksi dan orang-orang terkait, termasuk nenek mertua dan mertua lelakinya. Tak heran, ia mendapat tentangan keras dari keluarga suaminya, termasuk suaminya. Mereka tak ingin sejarah gelap yang telah terkubur selama 60 tahun itu dibongkar, aib Negara Prancis yang selama ini mengatasnamakan Jerman atas tragedy Vel’ d’Hiv terbuka. Tapi Julia sudah tenggelam sangat dalam dalam sejarah gelap ini. Ia tak pernah bisa mundur meski ia harus mempertaruhkan perkawinannya dengan suaminya.

Selasa, 30 Juli 2013

Serial Noni: Peragawati dari Krapyak by Bung Smas




Paperback, 160 pages
Published Mei 1985 by PT Gramedia
Rating 3/5

Noni, gadis tomboy sedang diuji kesabarannya dengan terpilihnya ia menjadi peragawati dadakan dari sekolahnya.acara peragaan busana ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Seroang temannya yang sudah terdaftar, berhalangan hadir, dan teman2nya memaksa Noni untuk tampil sebagai pengganti. Masalahnya, mana mungkin, Noni yang hari itu masuk sekolah dengan pakaian bebas_ bercelana pendek dan kaos T-shirt oblong dan bersepatu mirip kapal itu maju sebagai pengganti? Bukan noni namanya jika ia tidak tampil percaya diri dengan baju rancangan dadakannya.

Hasilnya sangat mengjetukan. Meski tidak menang juara satu, noni mendapat perhatian khusus dari peragawati ternama local yang menjadi juri lomba. Ia pun ditawari menjadi peragawati cilik di sanggar butiknya. Noni tak bisa menolak karena seluruh keluarganya mendukung bahkan memaksanya mengambil kesempatan itu.

Rabu, 24 Juli 2013

Wishful Wednesday #18




Yeayy…. Thanks God it’s Wednesday. Hahaha…
 
OK, as usual, Rabu datang selalu dengan satu buku idaman dan semoga terkabul.

Nah, buku yang jadi incaran saya ini sebenarnya bukan buku baru di dunia WW, karena saya yakin banyak di antara WW-ers yang punya wishlist ini, apalagi para BBI-ers yang tergabung di group yang akhir2 ini sedang galau karena seringnya ganti nama, BBI48. Lol.

Nah ini dia buku idaman saya minggu ini:

Selasa, 23 Juli 2013

Scene on Three #1




Hai, saya suka sekali dengan banyaknya meme dari para teman saya yang kreatif nan disiplin. Mereka punya aja ide untuk membuat meme. Dan kali ini saya pengen mencoba ikut meme yang di motori oleh teman Joglosemar saya, Bzee. Ini dia Scene on Three saya yang pertama:

Oya, sebelumnya, saya ingatkan untuk tidak meneruskan membaca posting ini kalau belum membaca Sarah’s Key dari Tatiana de Rosnay karena ini adalah spoiler kelas berat :D

Senin, 22 Juli 2013

Janji Hati by Elvira Natali




Paperback, 280 pages
Published Juni 2013 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 3/5

First love never dies….. though there must a chance to second, third and next love, but the first would linger forever….

Amanda Tavari menyimpan cinta pertamanya yang berakhir tragis jauh dalam hatinya. Kakak tirinya, Revan Tavari adalah cinta pertamanya yang meninggal karena tabrak lari 3 tahun yang lalu. Selama itu pula, tak ada cinta lain yang hinggap di hatinya, hingga ia bertemu dengan dua cowok, kakak beradik tiri yang sama sama mengisi hatinya, Leo dan Dava. Ia harus memilih di antara mereka. Tapi ternyata cintanya kali ini pun tak bisa bertahan lama. Kematian kakak tercintanya membayangi hubungan antara dirinya dan salah satu dari dua kakak beradik tersebut. Leo dan Dava harus rela Amanda memilih salah satu dari mereka.

Rabu, 17 Juli 2013

Wishful Wednesday #17





Happy Wednesday,  bloggers ;)

Setelah skip satu WW minggu lalu, now I'm back...

Ngga usah banyak cerita ya. Ini dia WW saya minggu ini


Rantau Satu Muara by Ahmad Fuadi
Synopsis:

Sabtu, 13 Juli 2013

Pahlawan Amerika (All American Girl) by Meg Cabot




Paperback 322 pages
Published Agustus 2004, by Grmaedia Pustaka Utama
Rating 3,5/5

Apakah kau ingin menjadi orang lain yang terlihat lebih daripadamu? Lebih cantik, lebih popular, lebih pintar dan sekian sekian kelebihan lainnya?

 Samantha Madison. 15 tahun, anak tengah dari dua saudari dengan kelebihan mencolok dari dirinya; Lucy, kakaknya, adalah cewek cantik popular dengan kegiatan pemandu sorak di sekolahnya; Rebecca sang adik, 11 tahun, adalah anak jenius yang bersekolah di sekolah untuk anak2 jenius. Miranda sendiri merasa dirinya hanya seorang anak tak popular dengan pakaian hitamnya, dan seorang sahabatnya yang tak kalah ajaib dalam berpakaian. Lebih merana lagi, Miranda naksir berat pacar kakaknya, Jack, yang mempunyai hobi sama dengannya, melukis
.
Karena hobinya itulah, orangtuanya menyuruh Miranda untuk mengikuti kursus menggambar di studio milik Susan Boone. Disana ia berkenalan dengan cowok keren yang terlihat cukup-familiar-namun-entah-siapa, David. Miranda yang merasa bakat melukis mengalir deras padanya merasa ngat kesal karena ternyata Susan tidak menanggapi bakatnya ini dengan baik. Susan mengatakan bahwa seharusnya ia menggambar seperti yang ia lihat dan tidak menggambar apa ia tahu. Ia butuh belajar untuk melihat. Ta, betul, ia harus belajar untuk melihat. Tentu saja Miranda kesal karena ia merasa dirinya bisa melihat. Dan karena alasan kesal itulah, ia memilih membolos di kursus berikutnya.

Jumat, 12 Juli 2013

Gregor and The Curse of The Warmbloods by Suzanne Collins




Ebook format, 358 pages
Published July 1, 2006 by Scholastic
Rating 4/5

Berbeda dengan buku ke dua, Gregor yang sama sekali tidak berharap kembali berhadapan dengan dunia Underland beserta penghuninya, Underlander. Di seri ketiga ini, Gregor dan ayahnya sangat berharap ada berita dari Underlanders seputar keberadaan teman2 yang hilang. Pintu portal penghubung Overland menuju Underland yang terletak di ruangan laundry apartement-nya, dengan sengaja dibuka oleh ayah Gregor yang sebelumnya sudah ditutup ibu Gregor.

Selain menunggu berita dari para Underlanders, Gregor juga sudah selama beberapa minggu setelah kepulangannya dari Underland, disibukkan dengan ramalan lain yang dengan sengaja di selipkan oleh Nerissa, ratu pengganti Luxa. Tak heran, begitu selenting berita datang dari Ripred, Gregor segera bergegas memenuhi undangan. Tapi kali ini, ayahnya ingin ikut serta. Tapi sayangnya, ibu Gregor tak mengijinkan, apalagi dalam ramalan itu, Boots, si bayi cerdas juga mengambil bagian dalam tugas berikutnya. Alih2 ayahnya, ibu Gregor kali ini mengiringi pengalaman Gregor.

Kamis, 11 Juli 2013

Explicit Love Story by Lee In Sae




Paperback, 383 pages
Published by Penerbit Haru, july 2013
Rating 3,2/5

Siapa percaya kedalaman hati seorang Ma Gyo Ju—Casanova dari budaya Korea? Apalagi ketika ia mendaratkan hatinya pada seseorang berwajah biasa saja yang bahkan terhitung tua di kelas angkatannya?

Han Lee Seon, 24 tahun, mahasiswi sastra Korea tingkat pertama, adalah seorang expert seputar hubungan laki-perempuan, bahkan untuk bagian intim sekalipun ia hapal dengan segala posisi berhubungan antara pria-wanita. Tak heran, Lee Seon, sudah membaca buku buku seputar seks ini semenjak ia duduk di bangku SD kelas tiga! Meski pada awalnya ia cukup kesulitan memahami istilah tertentu dalam buku atau majalah yang ia baca, tapi tetap saja, seiring dengan berjalannya waktu, ia bakal fasih membicarakan ini ketika ia berusia 24 tahun. Sayangnya, semua pengetahuan itu hanya sekedar pengetahuan, tanpa sekalipun ia pernah menjadi pelaku dalam suatu hubungan pria wanita alias ia hanya tahu teori tanpa praktek sekalipun. 

Rabu, 03 Juli 2013

Wishful Wednesday #16


Ah, ternyata sudah Rabu ya? Cepat sekali seminggu berlalu ya? Oke, saatnya saya update keinginan saya minggu ini.

Well, sebenarnya saya bingung pengen buku apa, sementara timbunan saya masih menggunung tak tersentuh. Tapi ketika melihat deretan borongan bu dokter AS Dewi dari India kemaren, saya jadi timbul keinginan…

Nah, ini dia buku inceran saya minggu ini

Selasa, 02 Juli 2013

Harry Potter and The Half Blood Prince by J. K. Rowling




Paperback, 816 pages
Published January 2006 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 5/5

Setelah kematian Sirius, Harry merasa separuh hidupnya ikut terbawa bersamanya. berbicara mengenai Sirius akan membuat hatinya sakit, tidak membicarakannya, beberapa topic pembiacaraan mau tidak mau harus menyinggung Sirius. Sementara itu, para Pelahap Maut mulai membuat kekacauan parah di dunia Muggle yang menurut Perdana Menteri Muggle bisa jadi berupa bencana alam biasa. Namun kedatangan Perdana Menteri Sihir baru, Rufus Scrimgeour menyadarkannya bahwa bencana alam itu ada kaitannya dengan kebangkitan si Pangeran Kegelapan. 

Di lain tempat, Snape bertemu dengan para Pelahap Maut lain, kakak beradik Narcissa dan Bellatrix, mempertanyakan tentang dimana loyalitas Snape selama ini. Snape, selama lebih dari 16 tahun berdiri mendampingi Dumbledore dan tidak melakukan apapun untuk mencari tuannya, Kau-Tau-Siapa. Dengan alaasan yag sangat masuk akal,  Snape mampu membungkam kecurigaan kakak beradik ini. Sementara itu, Draco Malfoy terlihat mencurigakan dengan memasuki wilayah terlarang Knockturn Alley. Bisnis illegal nampaknya sedang ia kerjakan disana. Dan ini yang mengganggu konsentrasi Harry sepanjang semester. 

Guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam kali ini jatuh pada tangan guru yang sudah mengidamkan profesi ini sejak lama, Snape. Posisi Guru Ramuan kali ini dipegang oleh guru baru yang sudah sepuh dan pension dari dunia pendidikan, Horace Slughorn.  Guru ini lah yang memegang rahasia besar tentang masa muda Tom Riddle alias Lord Voldemort yang berhubungan dengan bagaimana ia membelah jiwanya dan meletakkan pada benda2 yang kemudian tersebar di seluruh dunia. 

Senin, 01 Juli 2013

BOOK HAUL a.k.a TIMBUNAN


Akhir akhir ini banyak sekali teman bajaj yang membahas book haul atau postingan teman tentang book haul, bahkan Aul, teman saya termuda selain Ndari, mempunyai ide untuk membuat meme book haul ini. Rencananya, meme ini akan di publish setiap bulan oleh blogger yang ingin memamerkan hasil belanja buku secara kalap atau setengah kalap, atau sekedar belanja untuk guilty pleasure saja hahaha. Saya pribadi, pertama kali tertari ketika melihat postingan book haul ini dari teman, cowok pecinta romens yang tinggal di pulau romantic Mataram (Mataram itu romantic ngga sih? Hihihi), Opan atau lebih sering dipanggil kang Opan. Ternyata, Opan ini dapat ide dari blogger yang ia jadikan inspirasi dalam blogging #tsaaahhh #eeaaaaa, yaitu Stefani Sugia. Nah, sejak awal melihat posting tersebut, saya jadi ikut gatal menulis book haul juga. Sayangnya, saya ini tipe pembelanja yang kurang mengingat kapan tepatnya membeli timbunan ini dan timbunan itu. Untungnya, saya mengingat beberapa detil lainnya, misalnya dimana saya beli buku tersebut dan berapa harganya, saya cukup ingat. Nah, karena saya tidak ingin menspesialisasikan pada belanja bulan Juni kemaren, maka saya pajang saja belanjaan buku saya selama kurang lebih 3-4 bulan lalu.