Senin, 30 September 2013

The BFG: Raksasa Besar yang Baik by Roald Dahl




Paperback, 200 pages
Published Januari 2010 by Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah: Poppy Damayanti Chusfani 
Rating 4/5

Apakah yang paling kau takuti ketika kau berusia 9 tahun? Hantu berkain putih melayang layang? Kepala hantu yang berjalan tanpa badan? Atau bayangan tinggi besar berwarna hitam yang melesat least di amalam hari? Well, masing masing kita selalu menyimpan ketakutan masa kecil yang berbeda satu sama lain. 

Sophie, 8 tahun, tinggal di sebuah rumah yatim piatu sejak kecil. Pada suatu malam, ia merasa tiba tiba ingin menikmati apa yang disebut dengan tengah malam buta, saat special di tengah malam ketika semua anak dan orang dewasa tertidur amat lelap, dan makhluk makhluk kegelapan keluar dari persembunyian dan menganggap dunia aini milik mereka. Sophie sadar, bahwa ia tengah melanggar peraturan asramanya, tapi ia tidak peduli. Tapi kemudian ia menyesal.

Ia menyesal telah melanggar peraturan itu ketika tanpa sadar ia memandang sosok tinggi sangat besar, berjubah hitam melintasi jendela jendela kamar di sekitar asramanya. Sosok tinggi super besar ini ternyata adalah BFG. Dan sosok ini tak bisa membiarkannya kembali tidur. Ia memilih menculik Sophie untuk ikut bersamanya di tanah raksasa. Tapi untungnya, BFG adalah raksasa BFG, ia ramah dan baik hati. Namun tidak teman-temannya yang mempunyai kebiasaan mengganyang manusia layaknya ngemil popcorn!!! Hiiii…. 

Scene on Three #5: Boy: kisah Masa Kecil by Roald Dahl





“…. Terusan Bristol. Jika melihat keluar jendela asrama, aku dapat melihat terusan itu, dan kota besar Cardiff dengan Llandaff di pinggirannya terletak nyaris persis di seberangnya naun agak ke utara sedikit. Jadi jika menghadap ke jendela, aku akan menghadap ke rumah. Aku berputar di tempat tidurku dan menghadap ke arah rumah dan keluargaku.” (hal. 110)

Minggu, 29 September 2013

Boy, Kisah Masa Kecil by Roald Dahl




Paperback 226 pages
Published by Gramedia Pustaka Utama September 2004
Penerjemah Poppy Damayanti Chusfani
Rating 4/5

Siapa tak punya masa indah di masa kecil? Sepahit apapun, namun ketika tertuang dalam bentuk kisah, selalu saja banyak hal menarik yang bisa diceritakan plus diambil hikmahnya.

Boy, nama alias kecil Roald Dahl,  lahir di Llandaff, Wales 1916. Bisa dikatakan Boy memiliki masa kecil yang indah dan menyenangkan. Keluarganya termasuk keluarga besar kaya di Norwegia. Ayahnya di masa hidupnya menginginkan seluruh anak2nya bersekolah di sekolah Inggris. Kakak adeknya yang semuanya perempuan berhubungan sangat erat satu sama lain, meski dua di antaranya adalah saudara tiri dari istri pertama Ayahnya yang meninggal. Setahun sekali minimal mereka selalu berkumpul dalam liburan yang seru.

Senin, 23 September 2013

Scene on Three #4: Wonder by R. J. Palacio






Kami melambaikan tangan saat Dad menyalakan mobil dan mulai bergerak, tapi setelah itu aku berlari menghampirinya dan menghentikan mobilnya. Aku melongokkan kepala melalui jendela agar Jack tak mendengarku.

“Bisakah Mom dan Dad tidak terlalu banyak menciumiku sepulang kelulusan?” aku bertanya pelan, “Itu agak memalukan.”

“Aku akan berusaha sebisa mungkin.”

“Beritahu Mom juga ya.”

“Kurasa Mom tak akan sanggup menahan diri, Auggie, tapi aku akan menyampaikannya.” (hal. 399-400)

Wonder by R. J. Palacio




Paperback, 430 pages
Published September 2012 by Atria
Rating 5/5

Orangtua mana yang berharap anaknya terlahir buruk rupa? Orangtua mana yang berharap anaknya terlahir bersifat pecundang?

August Pullman,  10 tahun, mengidap penyakit Mandibulofacial Dysostosis, sebuah kondisi rumit yang membuat wajahnya tampak tak biasa. Di usianya yang ke-10 ini, Orangtuanya mengharapkan Auggie masuk ke sekolah umum biasa. Auggie yang selama ini bersekolah rumah dengan ibunya sebagai guru, harus memasuki dunia luar, dunia yang sudah pasti akan sulit ia hadapi dengan kondisi wajah yang ia miliki.

Beechery Prep adalah sekolah yang berada di lingkungan rumah Auggie. Sekolah dengan kepala sekolah dan guru guru yang baik hati. Sekolah yang menawarkan banyak hal baru, termasuk teman teman baru.  Sayangnya, hal terakhir itu tak mudah bagi Auggie untuk mendapatkannya. Dari sekian banyak murid,  hanya dua orang yang rela menatap wajahnya setiap saat. Itupun mereka tak luput dari bullying teman yang tak menyukai hadirnya 'anak aneh' ato 'anak berkebutuhan khusus', begitu Auggie biasa disebut. Jack dan Summer adalah sebagian kecil teman Auggie. Yang lainnya, bisa jadi adalah teman ' hei' Auggie.

Kamis, 19 September 2013

George’s Marvelous Medicine by Roald Dahl




Paperback, English, 89 pages
Published by Puffin Books 1991
Rating 3/5
Apa yang ingin kau lakukan ketika ada seseorang yang terus menerus marah marah? Membalasnya marah? Bagaiman jika itu adalah saudaramu. Saudara yang seharusnya menyayangimu, membelaimu, mencintaimu lebih daripada cinta orangtuamu sendiri? Yeah, ada yang bilang, kasih saying kakek nenek itu bisa melebihi kasih saying orangtua. Tapi tidak bagi nenek George yang sangat hobi uring-uringan. 

Tidak hanya uring-uringan, tapi juga suka sekali mengata-ngatai George seperti nasty child. Sang nenek ini kalem ketika orangtua George ada di rumah. Begitu mereka pergi, dan tinggallah George berdua dengan sang nenek, maka berulahlah sang nenek. Dia bahkan menakut-nakuti George dengan mengatakan hal-hal yang ia snagat yakin kebenarannya. Dan justru ini sebenarnya menyesatkan. Simak saja 

Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa by Maggie Tiojakin




Paperback 241 pages
Published Juli 2013 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 5/5

Apa yang menarik dari sebuah buku dengan iming iming Absurd? Siapa gerangan yang tertarik dengan kisah kisah ber-ending 'nggantung'? Terus terang, saya memilih cerita yang normal dan ber-ending normal pula. Tapi untuk penulis sekelas Maggie Tiojakin,  saya rela membaca dan menyelesaikannya segera :D

Sebelumnya, saya sudah pernah mencicipi karya Maggie,  Balada Ching Chihg. Dari pertama membaca kisah pertama dari kumcer-nya itu, saya sudah merasakan kuatnya imaginasi sang penulis. Dengan thema berbeda semua disuguhkan dengan gaya bercerita lugas dan diksi pilihan. Berbeda dengan  Balada Ching Ching yang sebenarnya beberapa mempunyai ending yang membuat pembaca hangover, tapi setidaknya selesai, SKTLA ini membuat saya dan teman lain tergagap dengan ending-nya yahg mendadak. Meninggalkan pembaca dengan intrepretasinya sendiri.

Jumat, 13 September 2013

Unwind (Pemisahan Raga) #1 by Neal Shusterman



Paperback 455 pages
Published Agustus 2013 by Gramedia Pustakan Utama
Alih Bahasa: Merry Riansyah
Rating: 3,5/5

Ada banyak orang yang mendadak harus menjadi orangtua tanpa kehendak. Ada banyak orangtua yang tidak siap menjadi orangtua. Tapi berapa banyak orangtua yang ingin menyingkirkan anaknya dengan jalan menyerahkan anaknya ke pemerintah sebagai persembahan dan menjadikan anaknya sebagai stock organ transplantasi?
Connor, seorang anak dari sebuah keluarga yang kemudian memutuskan ‘mengaborsinya’ setelah ia berusia lebih dari 13 tahun. Track record-nya yang penuh masalah membuatnya menjadi seorang Unwind. Risa, tanpa keluarga, hidup di rumah asuh semenjak ia kecil, berbakat sebagai musisi, melakukan kesalahan sepele dalam pentas musiknya, menjadikannya sebagai unwind. Levi Jedediah Calder alias Lev, berasal dari sebuah keluarga yang taat beragama. Semenjak kecil, ia sudah dicekoki dengan paham betapa suci menjadi seorang persembahan yang akan terus hidup dan berguna bagi orang lain.
Adalah sebuah Negara dengan undang undang kehidupan setelah perang Sipil ke II yang disebut sebagai Perang Heartland, memberi wewenang pada masyarakat untuk tidak melakukan aborsi. Sebagai gantinya, mereka bisa ‘membuang’ bayinya di sebuah rumah dimana si empunya rumah akan secara otomatis menjadi orangtua asuh si bayi. Sementara si orangtua asuh, boleh menandatangani sebuah kontrak untuk menyerahkan si anak dengan usia 13-18 tahun sebagai persembahan bank organ transplantasi yang disebut sebagai unwinding atau pemisahan raga. 

Rabu, 11 September 2013

Wishful Wednesday #22




Aye… sudah hari Rabu lageeee… Happy Wednesday, bloggers. It’s time for us to share our Books wish.

Nah, karena WW kali ini sangat special karena bertepatan dengan Giveaway yang diadakan oleh teman BBI sekaligus teman ngrumpi di WA Joglosemar, Bzee yang punya blog Bacaan Bzee. Peraturannya sekilas saja ya, kalo mo detil, silakan intip ke empunya meme tiap Rabu ini, Astrid di Books To Share. Yang jelas, WW minggu ini harus salah satu buku yang sudah pernah di review di Fun Year Event Children Literature yang diadakan oleh Bzee. Sekarang ini, FYE sudah akan menginjak ke semester empat #lokirakuliah??? Hahaha… 

Rabu, 04 September 2013

Wishful Wednesday #21




Selamat Hari Rabooooo….

Setelah absen minggu lalu #sigh, sekarang saya kembali dengan harapan baru…. Horeee..

Nah, buku impian saya ini ungkin gampang gampang susah diicari. Gampang nyari lewat took buku online dan bakalan susah nyari disini secara saya belum pernah menemukan di took buku manapun. Selain karena memang belum diterjemahkan, juga kurang popular dibandingkan trilogy setelahnya. Oya, buku ini sudah kelar say abaca semuanya dalam bentuk ebook. Karena saya sangaaat menikmati ceritanya, maka saya pikir, series ini sangat layak untuk menghiasi koleksi buku saya..