Jumat, 27 Juni 2014

#23 Catatan Ichiyo by Rei Kimura




Catatan Ichiyo: Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang
Judul asli: A Note from Ichiyo
Penerjemah: Mochammad Murdwinanto
Published Maret 2012 by Gramedia Pustaka Utama
Paperback 280 halaman
Rating 3/5

"Siapa yang tahu? Kau mungkin akan menjadi sangat terkenal hingga suatu hari wajahmu akan muncul dalam salah satu lembaran uang kertas Jepang". (hal. 173)
Siapa saja kah yang menghiasi lembaran uang rupiah? Jika diperhatikan hampir semua lembar memasang wajah para pahlawan baik pria maupun wanita. Semua orang berjasa besar untuk negeri tercinta ini dengan menyumbangkan tenaga, pikiran hingga nyawa mereka. Ichiyo, bukanlah pahlawan wanita Jepang yang mengangkat senjata demi negara tercinta, tapi sumbangsih nya terhadap dunia sastra Jepang begitu besar hingga wajahnya menghiasi lembaran uang 5000 yen Jepang lebih dari satu abad! Jadi, siapa perempuan istimewa ini?

 Ichiyo Higuchi, terlahir dengan nama Natsuko Higuchi dari keluarga non Samurai yang akhirnya berhasil mensejajarkan diri dengan keluarga Samurai. Lahir tahun 1872 sebagai anak ketiga keluarga Higuchi, Furuya, sang ibu nyaris tidak menginginkan kelahirannya. Tapi si bayi tetap bertahan seperti kehidupannya kelak yang keras dan ia tetap bertahan. Sejak kecil, Natsu alias Ichiyo sudah menunjukkan bakat spesialnya yang didukung sepenuhnya oleh ayahnya, Noriyoshi yang berharap si anak bakal membawa perubahan di keluarganya. Sejak usia sangat belia, Natsu kecil sudah fasih membacakan syair-syair klasik yang memukau rekan-rekan ayahnya. Ibunya, sebaliknya tidak mendukung bakat putrinya karena apalah yang bisa dilakukan perempuan di era Meiji selain melakukan tugas-tugas tradisional perempuan pada umumnya. 

Rabu, 25 Juni 2014

Wishful Wednesday #35




Libur telah tibaaaa… eh… Selamat hari Rabu, temans :D

WW saya kali ini bukan lagi buku buluk, tapi tetap saja buku lama, meski tidak terlalu lama. Tapi tetap saja sepertinya buku ini sudah menghilang di peredaran buku. Entahlah, di pasar buku online apakah masih tersedia. Saya belum mengeceknya :D 

Ini dia bukunya…

Sokola rimba by Butet Manurung
“Membaca tulisan Butet saya merasa menjadi Orang Rimba. Sungguh, saya merasa tercerahkan. Selamat atas tulisan ini. Semoga Orang Rimba dan lingkungannya menjadi lebih baik lagi. Amin”
(Iwan Fals, musisi)

“Saya jadi ingat orang Baduy, Banten Selatan, yang tidak butuh sekolah. Kata mereka, mendingan bodoh daripada pintar buat minterin orang lain. Bagi saya, buku ini merupakan gambaran anak muda Indonesia, yang mau hidup berbagi dengan orang yang terpinggirkan dari arus modernisasi. Butet memberi contoh lewat buku ini, bahwa ilmu yang kita miliki harus dibagikan kepada orang lain yang kesulitan menjangkaunya. Butet ternyata sudah melampaui generasinya, yang umumnya menyukai cara ‘seduh langsung dimakan’. Semoga muncul generasi pionir seperti Butet di negeri ini. Berbagi itu indah!”
(Gola Gong, pengelola Rumah Dunia)

Saya comot beberapa komentar dari para pembaca buku ini. Beberapa komentar lainnya bisa dilihat di goodreads.

Saya pertama kali tahu judul ini justru dari film yang sudah pernah tayang di layar lebar beberapa waktu lalu, mungkin setahun lalu. Saya baru tahu jika bukunya sudah lebih dahulu terbit ketika saya tengah browsing di goodreads, dan sang admin memberi saya rekomendasi buku ini. Waaaahhh… jadi mupeng deh. Sayangnya, ni buku tak lagi banyak ditemui. Di Gramedia, saya hanya melihat promosi filmnya dalam bentuk poster. Huft…

Oya, ini dia trailer filmnya
 

Jadi apa Wish-mu di Rabu terakhir bulan Juni ini?


1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =) 
2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya! 
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian. 
4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu 

Senin, 23 Juni 2014

Book Blogger Test




Waaaaa.... Ada postingan tag menge-tag gini lagi. Antara suka karena lumayan untuk ngisi blog yang akhir2 ini tambah kering aja, tapi juga mumet siapa korban saya berikutnya hahahahaha... Thx to Kang Opan @ Kandang Baca buat colekannya di post ini :D
Oke, let me start with the game, eh, question 

Rabu, 18 Juni 2014

Wishful Wednesday #34




Haiii….. Happy having a wish on Wishful Wednesday…

OK, setelah absen minggu lalu, karena galau pilih buku apa yang saya inginkan, dan bingung, ternyata buku yang saya inginkan, tidak ada review dari thread goodreads. Eh, kenapa? Hmmm… karena saking jadulnya tu buku hahaha…

Sebelumnya, saya mau cerita dulu tentang buku buluk yang masuk angkatan Balai Pustaka ini. Sekitar tahun 80an, kalo tidak salah, waktu itu masih sangat maraknya sandiwara radio, ada satu sandiwara radio dengan judul Untung Surapati. Jangan ditanya bagaimana kisahnya.  Yang saya ingat adalah kisahnya kemudian harusnya berlanjut ke anaknya Untung Surapati, yaitu Robert. Sayangnya, dari pihat pembuat sandiwara radio, kisah tidak berlanjut. Dan ternyata kisah putra Surapati ini ada bukunya, yang jadi incaran saya di minggu ini. Oya, buku ini sebelumnya menjadi incara kakak laki-laki saya sejak lama. Saking seringnya kakak saya pesan jika saya menemukan buku ini, lama-lama buku ini juga menjadi obsesi saya. Semacam obsesi yang menular  hahahaha…

Selasa, 17 Juni 2014

#22 The Heroes of Olympus #4: The House of Hades by Rick Riordan




Paperback, 627 pages
Published April 2014 by Noura Books
Penerjemah: Rika Iffati Fahirah, Nuraini Mastura, Reni Indardini
Rating 4/5

Akhirnya, saya kembali kecemplung ke jurang Tartarus bersama dua demigod handal Annabeth dan Percy....
Setelah setahun, kembali saya berjumpa dengan perjalanan para demigod Yunani dan Romawi untuk menggagalkan bangkitnya ibu Bumi, Gaea. Dalam buku sebelumnya, ramalan mengatakan bahwa akan ada 7 pahlawan demigod yang akan menempuh perjalanan penuh resiko ini. Di The Mark of Athena, dua sejoli Annabeth dan Percy terjerumus dalam Tartarus setelah berhasil mendapatkan patung Athena Parthenos, simbol yang dipercaya akan mendamaikan dua kubu Yunani dan Romawi. Sementara 5 demigod lainnya, terombang ambing di atas kapal Argo II menuju Gerha Hades untuk menjemput Annabeth dan Percy yang nanti akan diperkirakan bakal bertemu di Pintu Ajal.

Annabeth dan Percy tengah melayang jatuh ke dasar Tartarus yang diperkirakan memakan waktu 9 hari dari permukaan bumi ke Tartarus. Waktu yang cukup lama untuk memikirkan langkah tepat untuk tidak remuk ketika tiba di dasar. Tak ada Jason, putra Zeus yang bisa menerbangkan mereka, tak ada Frank yang bisa menjelma menjadi burung untuk menahan laju jatuh mereka. Yang ada hanya keberuntungan...

Rabu, 04 Juni 2014

Wishful Wednesday #33




Selamat hari Reboooo :D

Suasana mendung menggelayuti kota Semarang pagi tapi temperatur masih tetap panas :| (oke, sekian laporan pandangan matanya ya :))

Hari ini saya punya buku incaran yang saya incar sejak seminggu lalu semenjak Posting bareng BBI. Saya juga sudah sempat browse berbagai online bookstore dan sudah menemukan satu olshop yang mempunyai stok tapi karena dari obrolan teman-teman bajaj yang sebagian mempunyai pengalaman kurang enak disini, jadi saya masih mengerem diri untuk tidak segera pesan. Padahal sekitar dua minggu lalu saya juga baru saja pesan satu buku disini dan pengalaman saya baik-baik saja. Baiklah, anggap saja ini sebagai kontrol diri dari semangat menimbun akut saya :)