Sabtu, 30 Mei 2015

Stolen by Lucy Christopher



Epub format
Published May 4th, 2009 by Chicken House Ltd
Rating 4/5


Membayangkan cowok cakep menculik kita ke sebuah tempat sepi, kering, panas namun indah? Apa yang terjadi disana?

Singkirkan pikiran ngeres ya selama baca novel ini :D


Gemma, 16 tahun, tiba-tiba menghilang dalam perjalanan menuju Vietnam bersama kedua orangtuanya. Gemma lenyap di airport Bangkok ketika transit dan istirahat di sebuah cafe shop. 

Ty, sekitar 25 tahun, telah lama terobsesi dengan Gemma, bahkan ketika Gemma berusia 10 tahun. Selama 6 tahun, dia menjadi loyal stalker, guardian angel, dan sekaligus mata-mata bagi Gemma. Ty, juga terobsesi dengan seni alam dan tempat sepi, kering, namun menyimpan keindahan luar biasa dan sekaligus menyimpan keliaran yang eksotis. 

Ty menculik Gemma dengan gaya simpatiknya di awal dan cukup brutal di adegan berikutnya. Bukan. Bukan. Ini bukan tentang pemaksaan kehendak yang mengacu pada abusive, apalagi KDRT atau bahkan BDSM #upsss... Dengan cara memberi obat dan meletakkan Gemma di bagasi mobilnya, setelah sebelumnya ia mengganti semua profile Gemma, Ty sukses membawa Gemma ke tanah impiannya, Australia, tepatnya di sebuah tempat bernama Separates. Tempat kering, panas ini konon tak tercatat dalam peta. Yang ada hanya sejarah para mantan penduduk lokal disana, suku aborigin, suku dimana Ty belajar bertahan hidup. 

Jumat, 29 Mei 2015

A Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini



Paperback 507 pages
Published Desember 2010 by Penerbit Qanita
Cetakan 1, Gold edition
Penerjemah: Berliani. M. Nugrahani
Rating 4/5

Hati pria sangat berbeda dengan rahim ibu, Mariam. Rahim tak akan berdarah ataupun melar karena harus menampungmu. Hanya akulah yang kau miliki di dunia ini, dan kalau aku mati, kau tak akan punya siapa-siapa lagi. Tak ada siapapun yang peduli padamu. Karena kau tidak berarti!!

Ancaman Nana, sang ibu, pada Mariam terbukti. Ketika Mariam kecil, nekad menjumpai sang ayah, Jalil, di rumahnya yang megah, dimana ia tinggal bersama para istri sahnya, Nana pun merana, dan mengakhiri hidupnya. Tinggallah Mariam, si harami kecil, sendiri. Kehidupannya pun secara dramatis berubah.

Usia 15 tahun, ia dinikahkan secara paksa oleh ayahnya. Suaminya, Rasheed, adalah pria belasan tahun lebih tua dibanding dirinya. Rasheed adalah duda, dengan kenangan putranya mati tenggelam. Tak heran, ia berharap mendapat seorang putra dari Mariam. Sayang, Mariam tak bisa memberi harapannya. Rasheed yang semula terlihat lembutpun berubah. Kasar, suka mencaci dan menghina Mariam.

Laila, tetangga sebelah Mariam, lahir ketika Mariam sudah mulai menderita dibawah siksaan suaminya. Laila lahir dari keluarga terpelajar, dari ayah seorang guru, dengan dua kakak laki-laki yang sempurna dan ibu yang penyayang. Sayang, perang mulai mengikis kebahagiaan mereka. Dua kakaknya mati syahid di medan perang, sang ibu yang tak bisa menahan kesedihan hingga menelantarkan Laila. Yang tinggal hanyalah sang ayah, dan Tariq, sahabat kecilnya yang pincang.

Selasa, 19 Mei 2015

Nyanyian Ibu by Bung Smas



Paperback 208 pages
Published September 1984 by PT. Gramedia
Rating 4/5

Waaahhhh... Akhirnya saya baca juga seri pertama Serial Noni iniii!!! Saya sudah membaca serial ini entah mulai kapan, yang jelas ada banyak hal tentang Noni yang ga bakal saya lupakan. Satu hal yang pasti adalah kenyataan bahwa Noni ini mempunyai latar belakang kota Semarang tempo dulu, dan juga sosok Noni yang tomboi, mirip mirip dengan George di Lima Sekawan, sosok yang paling saya juga suka. :D

Sebelumnya, saya mengenal Noni dengan persahabatannya dengan penjahat kelas kakap bernama Godek. Saya penasaran bagaimana bisa Noni bersahabat dengan mantan narapidana macam Godek? Dan di buku inilah semua bermula.

Noni yang bernama asli Prita, salah satu tokoh wayang, bersikeras dipanggil Gus, panggilan yang sama dengan dua kakak laki-lakinya, Anggada dan Anila. Tapi karena ia perempuan, maka ia dipanggil Noni. Meski pada awalnya menolak, akhirnya dia mau juga dipanggil Noni. Elisa alias Eli, juga mempunyai banyak porsi di seri pertama Noni ini, bagaimana ia bisa dipungut anak oleh Tante Sri, tetangga Noni, dan tentu saja bagaimana Noni bertemu dan kemudian bersahabat dengan Godek.

Senin, 11 Mei 2015

A Monster Calls by Patrick Ness


Epub format, 126 pages
Published May 5th, 2011 by Walker
Rating 4/5

Because humans are complicated beasts. How can a queen be a good witch and a bad witch? (The Monster, page 116)

Pernah kau merasakan dua perasaan yang sangat bertentangan dalam dirimu? Satu sisi, kau ingin tampil manis, di saat lain kau ingin menunjukkan sisi sebaliknya? Hmmm... Saya pernah...

Menyayangi seseorang dengan teramat sangat, terkadang membuat kita mempunyai dua wajah yang berbeda. Conor, sehari hari dikenal sebagai anak pendiam di sekolah, dengan tiga teman sekolah yang 'langganan' mem-bully-nya. Satu orang, Lily, mantan sahabat kecilnya, menjauh seiring berita sakit ibu Conor yang menyebar di sekolah. Bukannya tidak menyadari parahnya sakit si ibu, Conor berkali-kali menyangkal bakal kehilangan ibunya.

Titik Nol by Agustinus Wibowo



Paperback 552 pages
Published Februari 2013 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 5/5


Ini adalah perjalanan yang diawali sebuah mimpi, berlangsung bak untaian mimpi panjang, dan diakhiri dengan sebuah mimpi (hal. 530)

Apakah mimpi terbesarmu? Sekolah tertinggi di sebuah perguruan ternama? Memiliki keluarga sakinah mawadah warahmah? Atau menjajaki seluruh jengkal seluruh dunia? Setiap orang memiliki mimpi dan meletakkan prioritas mimpi di urutan paling atas.

Diawali dari kisah Safarnama, Agustinus Wibowo atau Gusweng memulai kisahnya. Setiap kita dibesarkan dengan Safarnama. Dari generasi ke generasi dari berbagai tradisi. Sinbad, Ali Baba, Aladdin adalah kisah-kisah perjalanan yang didengungkan dan didongengkan sejak masih kecil. Tom Sawyer, Gulliver, Uncle Tom, David Copperfield, dll, adalah nama-nama pengembara, backpacker, turis atau apalah namanya yang menjelajah di luar tanah kelahirannya, yang dimulai dari sebuah mimpi. Bebas. Mencicipi setiap jengkal kehidupan dari mulai kebahagian, kepahitan hingga kesakitan dalam perjalanan. Terserah kemana perjalanan ini akan dibawa.

Rabu, 06 Mei 2015

Wishful Wednesday #43




Haiiiiii…. Long time nooo see…. Berapa abad ya saya absen dari meme ini? Eh, dua minggu lalu kalo ngga salah, saya sempet bikin postingan WW, Cuma karena sibuk #tsaaahh, saya jadi lupa masukin ke linky K Tapi ya sudah lah. Tetep saja itu satu masukan buat kode kado buat saya nanti #ngarep :D

Minggu ini, saya mau kasih kode lagi, buku yang tiba-tiba kok jadi incaran saya, gegara saya selesai baca titik Nol-nya Gusweng. Di Titik Nol, si penulis banyak bercerita tentang pengalamannya di Kathmandu atau pun Nepal. Nah, ternyata, saya belum mau move on dari Nepal. Jadi, ini dia WW saya minggu ini:

Little Princes by Conor Grennan
One Person Can Make a Difference

In search of adventure, twenty-nine-year-old Conor Grennan traded his day job for a year-long trip around the globe, a journey that began with a three-month stint volunteering at the Little Princes Children's Home, an orphanage in war-torn Nepal.

Selasa, 05 Mei 2015

To All The Boys I’ve Love Before by Jenny Han




Ebook format, 277 pages
Published April 15, 2014 by Simon & Schuster Books for Young Readers
Rating 4/5

Do you write a diary? Or letters to your crush(es)? I did write a diary about boys I had a crush on. Elementary school (there were 2, oh Gosh!), junior high (there were 2, too… ), and then another 2 when I was in college. Eh, did I skip senior high? Ehm, yes I did, since I went to all female-student-school, so it was a kind of boooringgg… I wrote all about them. I wrote their names in something like different letters that now I forgot how to read it. And now, I got mixed up which one is which in the diary wkwkwkwk… once, my sister found out who my crush was, and I got all embarrassed. What if my crush read my diary, well, I would migrate to Japan, for sure wkwkwk…