Senin, 08 Februari 2016

These Things Hidden (Segala yang Tersembunyi) by Heather Gudenkauf




Ebook Ijak 372 pages
Penerjemah: Aimee Monica Santoso
Published July 6, 2015 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 4/5

Novel ini cukup kompleks dengan setting latar yang cuma seuplik ;)

Allison Glenn
Cantik, tinggi, cerdas dan populer. Apa yang kurang dari gadis seperti dia? Masa depan telah diatur: kuliah, jurusan dan pekerjaan macam apa yang ingin dia lakukan.  Semua sempurna hingga ia bertemu Christopher. Allison hamil, melahirkan dan membuang bayinya. Masa depan cerahnya hancur berantakan. Ia dipenjara. Orangtuanya tak lagi menganggapnya sebagai anaknya.

Brynn Glenn
Adik Allison ini kebalikan 180 derajat dari kakaknya. Dia hidup di bawah bayang-bayang kakaknya. Dia mengidolakan Allison hingga titik tertinggi hingga ia membantu Allison menyingkirkan bayinya. Kehidupan Brynn tak pernah sama lagi.

Claire
Ia dan suaminya, Jonathan,  begitu berharap mempunyai anak. Segala usaha mereka lakukan hingga mereka memutuskan mengadopsi bayi laki-laki yang ditinggalkan di kantor dinas kebakaran.  Joshua, si bayi, adalah anugerah Tuhan terindah yang datang pada mereka.

Charm
Ia masih berusia 15 tahun ketika ia mendapatkan bayi itu. Ayah tirinya yang sakit-sakitan sudah berkeras memberikan bayi itu pada polisi atau dinas sosial, tapi Charm sudah terpikat pada si bayi. Ia harus memilih, mengurus bayi yang baru lahir, dan mungkin memiliki kehidupan yang masih panjang, atau mengurus orangtua sakit-sakitan yang tak memiliki waktu hidup yang panjang.


Mereka hidup tak terlalu berjauhan. Tak bertetangga memang, tapi saling menemukan dan menyimpan rahasia-rahasia masa lalu bersama. Allison tak menyangka bakal bertemu anaknya. Claire tak pernah ingin tau siapa ibu biologis Joshua.  Charm tak pernah lepas memperhatikan bayi yang ia titipkan ke dinas kebakaran.  Ia tak ingin terikat, tapi tetap saja ia masih terpikat pada bayi yang sekarang berusia 5 tahun itu. Brynn tak pernah menyangka,  Allison, sang kakak yang sempurna,  menyembunyikan rahasia besar yang kemudian membuatnya kehilangan masa depannya. Ia juga tak menyangka, malam ia membantu menyingkirkan si bayi, menjadi momen paling traumatis yang selamanya membayangi langkahnya.

Kisah hidup dari masing masing individu yang tak lepas dari masa lalu.  Dikisahkan secara maju mundur yang terkadang membuat saya sedikit pusing. Ketika Brynn tengah berada di rumah nenek nya, tiba-tiba ia bercerita tentang Allison,  yang terus ia hindari semenjak keluar dari penjara.  Dan tiba-tiba pula ia kembali ke rumah neneknya. Begitu terus, hingga saya menyadari bahwa tragedi yang menimpa Allison dan bayinya, justru membuat Brynn terpuruk lebih parah daripada Allison sendiri. Ingatan masa lalu dan kininya bercampur tak keruan hingga ia sendiri tak menyadari apa yang ia tengah lakukan. Tekanan-tekanan dari orangtua nya membuat Brynn semakin parah. Hubungan saudara Allison-Brynn waktu kecil terasa manis meski sedikit timpang dengan multi bakatnya Allison. Hubungan Claire-Joshua terasa menyesakkan setiap kali PoV ada di Claire. Joshua, si anak angkat yang manis yang tak lepas dari kisah Hari Kedatangan nya di keluarga Kelby. Penulis lihai menyembunyikan rahasia-rahasi dari awal hingga terbuka sedikit demi sedikit dari semakin banyaknya bab yang saya baca. Pada awalnya, saya kurang paham, kejahatan macam apa yang dilakukan Allison hingga ia dipenjara. Siapakah Joshua? Anak siapa dia?  Penulis mampu mengisahkan demikian detil masa lalu dengan kecamuk perasaan yang naik turun. Sesekali saya merasa tersendat, dan di saat lain saya merasa kecewa akan nasib satu tokoh. Yah, drama keluarga yang indah meski tidak berakhir dengan indah #semogabukaspoiler :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar