-->

Book Kaleidoscope 2016

Justaveragereader.blogspot.com



Setahun sudah berlalu… yeaaayyy… dan jumlah buku berlabel  Read di rak saya di Goodreads tentu saja bertambah. Meski yah, kalau dihitung jumlah paperback koleksi saya, jumlah itu tidak begitu signifikan hihihi…  Posting ini hanya sekedar catatan ringan saja buat saya pribadi, hanya untuk melihat ada sedikit perubahan genre dari bacaan yang saya baca dan juga cambuk buat diri sendiri yang mulai letoy mengikuti posting bareng yang diadakan BBI hikssss…

1.       Berkurangnya keikutsertaan saya dalam berbagai Reading Challenge

Sebenarnya ini memang sudah saya sengaja di awal tahun 2016. Bukannya apa-apa sih. Target saya waktu itu adalah menghabiskan timbunan, apapun genrenya, berapapun jumlah halamannya. Pokoknya babat habisss. Sayangnya, challenge babat timbunan itu harus dilanjutkan ke tahun-tahun yang akan datang hahahaha…

2.       Membaca komik yang semakin intens

Dimulai tahun lalu, ketika seorang teman mulai mengenalkan komik Bakuman pada saya, dan kemudian Death Note yang kesemuanya membuat saya ketagihan. Hasilnya, aplikasi manga reader di HP saya dipenuhi bookmark manga-manga yang sebagian kecil sudah saya baca. Tapi dari sebagian kecil itu saya review looo :D


3.       Mood yang menurun drastic dalam mereview

Saya sudah menyadari ini di tengah tahun 2016 lalu, ketika saya mulai tak meng-update tema posting bareng BBI. Saya praktis berhenti di posting bareng bulan Juli 2016. Saya sendiri lupa alasan utama mengapa meninggalkan posting bareng ini. Apakah topiknya yang susah? Atau saya tak punya bukunya? Atau jangan-jangan karena saya mulai mabuk dorama Jepang yang juga tertimbun banyak sekali di laptop hahahaha… Salah satu itu pasti menjadi alasan utamanya. Well, tapi saya cukup bangga diri ding, beberapa teman BBI yang lain sebagian malah mati suri blog bukunya. Sementara blog saya ini paling tidak update dua kali dalam sebulan mwahahahaha… 

4.       Mulai jarang blog walking

Seiring semakin jarangnya saya mengikuti posting bareng BBI, secara otomatis saya mulai jarang blog walking. Membaca posting anggota BBI memang masih saya lakukan, meski tidak sesering dulu, demikian juga meninggalkan komentar setelah membaca sebuah postingan. Nampaknya tahun ini saya kudu rajin membaca posting teman-teman BBI lagi deh. Paling tidak untuk mengetahui buku-buku baru yang bisa masuk wishlist saya.

5.       Berkurangnya membaca ebook berbahasa Inggris

Secara iseng saya menghitung jumlah bacaan ebook saya dari berbagai genre, mulai dari romance, children literature, atau yang lainnya, ternyata mengalami penurunan dratis. Coba bandingkan jumlahnya dari tahun ke tahun. Mulai tahun 2013 = 14 buku, 2014 = 12 buku, 2015 = 12 buku, dan 2016  hanya 6 buku. Tak heran, ketika saya membaca He Belongs with Me, saya merasa, been months or years, I don’t read such a book hahahaha… Sebagai gantinya, manga berbentuk ebook menjadi selingan diantara paperback yang sebagian juga mangkrak di awal-awal halaman huhuhu…

Overall, dengan menulis catatan ini saya jadi pengen meminjam pecut abang Grey untuk memecut diri sendiri. Setidaknya untuk mengahabiskan timbunan. Huh! Isu babat timbunan ini memang tak ada habisnya ya… Seorang teman sekantor saya yang dulu heran melihat saya rajin blogging, sekarang justru ia yang mengompori saya untuk terus ber-blog ria, dua blognya bahkan sudah memakai dot kom… Waaaaa….. sebaliknya saya, alih-alih terbakar semangat kembali blogging, saya justru memberi contoh teman-teman saya lainnya yang juga tengah kena penyakit blog-slump. Seolah saya menunggu teman saya ini untuk segera kena penyakit serupa. Duuhhh… saya kudu cepat-cepat bertobat inihhhh :D

Harapan saya di tahun 2017 ini tak muluk-muluk sih. Selain tercapainya target membaca saya di Goodreads, sejumlah 70 buku, juga mood blogging dan posting bareng yang kembali. Itu semua terpenuhi, saya sudah cukup bersyukur. Wish me luck J

4 Responses to "Book Kaleidoscope 2016"

  1. Ah, aku juga sama. Sudah jarang blogwalking dan blog posting. Jumlah buku yang dibaca juga berkurang. #faktorumur Eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan faktor U mungkin, tapi M atau J, males or jenuh hahaha...

      Delete
  2. Sebagian besar hampir sama, udah lama ak g ikutan Reading challenge apa pun kecuali milik goodreads krn sifat angin-anginan, jarang blogwalking juga, paling baca artikel yg menarik aja, trus agak melempem ngreview buku, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwahahaha.... bagaimana klo tahun lalu kita nobatkan sebagai tahun idle blogging? hihihihi....

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel