Selasa, 03 Oktober 2017

Peony's World by Kezia Evi Wiadji


Scoop ebook, 244 pages
Published September 13, 2017 by Bhuana Ilmu Populer
Rating: 3/5

Entah kenapa saya cukup tertarik dnegan sinopis cerita ini ketika buku ini baru saja masuk Scoop, akhirnya, tanpa berpikir panjang, saya mengunduhnya. Dan saya langsung membacanya? Ngggaaa lah. Biasa, nginep cukup lama dulu, setelah melewati beberapa manga, anime dan Jmovie, baru lah saya mulai membacanya.

Ternyata oh ternyata, I was hooked by its story...

Well, saya memang jarang membaca cerita dengan genre setengah fantasy horor begini. Jadi ya, saya ngga ada pembanding. Aman lah hahaha...

Peony adalah gadis SMA biasa dengan kemampuan yang luar biasa: dia mampu menciptakan dunianya sendiri dan masuk ke dalamnya. Ia bahkan bisa mengajak orangtuanya, temannya, bahkan pacarnya ke dalam dunia ciptaannya. Bayangkan kalau kamu memiliki kemampuan macam Peony ini, mau kemana hayoooo? Dengan banyaknya dorama atau Jmovie yang saya tonton, kayaknya saya mau ke jembatan legendaris dimana Aki ketemu Riko di film Kanojo wa kini no uso #halah hahaha....

Kehidupan Peony terasa sempurna dengan hadirnya ibu yang mengasihinya, sahabat karib yang menyayanginya, Lola, dan tentu saja Jovan, si pacar yang menyanjungnya. Kehidupannya berbalik 180 derajat ketika kecelakaan merenggut Jovan dari sisinya. Dunia serasa hancur tanpa Jovan di sisinya.


Tapi ternyata Peony tidak terlalu lama bersedih hati, ternyata di dunia ciptaannya, Jovan muncul, berbincang dengannnya, layaknya Jovan yang masih segar bugar. Sayangnya, Peony tak bisa berlama-lama di dunia dimana ia bertemu dengan Jovan, karena kemampuannya belum sejauh itu, dan ada roh jahat yang mengincarnya setiap jam 5 sore.

Kisah selanjutnya adalah bagaimana Peony dkk memecahkan masalah tentang roh jahat yang selalu muncul di dunia ciptaannya setiap jam 5 sore. Lumayan seru sih. Dengan memadukan kepercayaan dan hasil googling, mereka memiliki cara untuk menghadapi si roh jahat.

Ini adalah perkenalan saya yang pertama dengan si penulis. Awalnya, saya pikir ini adalah karya pertamanya, sehingga saya antusias mengunduh ebooknya di Scoop, dengan harapan bisa saya masukkan ke dalam reading challenge Debut author. Ternyata si mbak penulis ini sudah banyak karyanya looo... hahahaha.... Asem :D Dari segi ide, bagus sih, sedikit mengingatkan saya pada dunia paralel, yang sudah banyak filmnya atau manga yang memiliki ide tentang dunia paralel, Untuk dunia ciptaan macam begini, terus terang baru buat saya. So, it's cool.

Sayangnya, ada beberapa yang menjadi pertanyaan saya, mengapa selama ini, sebelum Jovan meninggal, Peony belum pernah bertemu dengan si roh jahat? Tidak ada keterangan kapan saja Peony 'piknik' ke dunia ciptannya. Buat anak SMA, saat yang tepat tentu saja pada malam hari, saat dimana mereka sendiri, atau sedang selow ngga ada pe-er. Alih-alih malam hari, Peony sering kali mengajak Lola 'piknik' di saat sekolah, ketika school break atau seusai sekolah. Eh, mereka ini ngga ikut full day school apa ya? hmmm....  Sebenarnya saya ngga masalah dengan gaya penulisan atau gaya ngomong para karakter disini karena tentu saja target market novel ini untuk teenlit, bukan buat saya :D Tapi kadang bikin kesal juga ketika Mama Peony menemukan buku legendaris milik neneknya yang mungkin memegang kunci tentang roh jahat itu. Sudah jelas itu dari neneknya, Peony dengan lugunya ngomong, 'Ma, ini bukan buku baru ya? Kertasnya beda dengan buku-buku baru lainnya." YA IYALAAAHHH... Liat fisiknya aja pasti sudah kentara kalo itu buku lama, mau dicium? silakan, kalo ngga bersin-bersin hahaha.... Tapi saya suka dnegan konsep tulisan di buku itu yang hanya bisa dibaca dengan.... #ntar spoiler :D

Overall, saya cukup suka dengan novel teenlit ini. Kalau saja saya membacanya sedikit lebih sore, mungkin bisa selesai dalam sekali duduk. Tapi karena saya harus tidur, maka novel ini saya selesaikan esok harinya, meski malamnya saya sempat mimpi dikejar sesuatu yang lumayan seram. Duh, segini aja saya merasa seram, gimana nonton film horornya mas Joko Anwar, coba?

1 komentar:

  1. hallo salam kenal, pengen bantu jawab nih, klo yang aku tangkep pas baca buku ini, si roh jahat ini cuma datang ke dunia gadis-gadis yang lagi mengalami kesedihan. contohnya saat peony sedih karena kecelakaan yang dialami dan kematian Jovan.

    BalasHapus