Video Blogger: A Newbie


Sebenarnya saya sudah melirik dunia vlogger ini ketika beberapa teman BBI mulai punya channel sendiri, yang tentu saja channel buku. Yang menjadi masalah adalah saya ngga punya rasa percaya diri untuk tampil, apalagi menampilkan background cantik penuh buku, belum lagi kemampuan edit video yang cekak banget. Akhirnya ya, end up sebagai lirikan saja untuk menjadi vlogger :D

Tapi beberapa waktu kemudian, ketika seorang teman kantor saya mengompori saya untuk membuat channel, entah kenapa saya jadi semangat lagi. Tapi tetap saja saya ngga mau muncul di layar. Sebagai mantan penyiar radio, saya lebih pede memamerkan suara saja, alih-alih pamer diri sendiri. Ketika saya menunjukkan beberapa track audio saya di Soundcloud, tiba-tiba teman saya memberi ide untuk membuat channel 'membaca' saja. Eh, saya jadi semangaattsss..


Dengan modal recorder di smartphone dan buku dari Scoop (sungguh ngga modal banget saya ini ya), saya memberanikan diri untuk mulai 'tampil'. Untuk proyek awal, saya memilih puisi pendek dari Joko Pinurbo berjudul Celana. Pendek dan cukup mudah dibawakan dengan punching ending yang asik. Sebagai pelengkap, saya sertakan ilustrasi seadanya. Karena kayaknya sopan memamerkan gambar celana, apalagi deretan celana di convenience store macam In**maret, maka saya hanya memajang photo sampul bukunya saja. 



Ohya, selain modal seadanya, saya sedikit punya modal skill mengedit audio yang pernah saya unggah disini dan kemampuan ngulik-ngulik video sedikit menggunakan software Movie maker di Windows. Ada beberapa kekhawatiran seputar copyright sih sebenarnya saya. Tapi saya liat cukup banyak posting di YouTube dengan tema membaca puisi. Jadi saya rasa cukup aman. Lagipula gaya baca puisi itu juga semacam apresiasi terhadap puisi itu sendiri. Kekhawatiran yang lain adalah musik yang gunakan sebagai background. Sebenarnya ada beberapa musik yang tergolong 'aman' digunakan, masalahnya adalah, saya ini agak rewel masalah musik. Ini ngga cocok, yang itu, ngga mashooookkk. Tapi yah, siap-siap saja kalau saja nanti ada masalah hahaha... Semoga sih ngga ya.

Well, ini dia posting pertama saya, dan memang baru satu :D


Belum ada Komentar untuk "Video Blogger: A Newbie"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel