-->

Asih by Risa Saraswati


Ebook, 194 pages
Published by Bukune, September 2017
Rating 3/5

Dibandingkan Danur, kisah Kasih alias Asih ini ngga ada serem seremnya...

Ketika membaca Danur, saya ingat ada satu sosok hantu yang hobi nangkring di pohon. Hantu lokal rasa kuntilanak. Berbeda dengan sosok hantu kecil lainnya yang berbau londo, Asih ini sangat lokal, begitupun cara matinya.

Si penulis mendapat protes dari para hantu temannya ketika ia memutuskan untuk menulis tentang Asih, hantu perempuan yang dinilai jahat. Sebenarnya mungkin lebih tepat usil ya. Hmmm... Kalo ngga mengalamin sendiri, mungkin bisa dibilang usil. Tapi bagi mereka yang mengalaminya sendiri, mungkin rasanya pengen membunuh Asih yang sudah mati ini. :D

Bermula dari sosok gadis remaja biasa, yang riang, polos, rajin ibadah, Asih kecil lahir di sebuah desa Sukaraja. Di desa itu, kehidupan keluarganya sangat pas-pasan atau bahkan cenderung kekurangan. Demi mendapatkan penghasilanitulah Asih memutuskan meninggalkan desanya, selain karena pengalaman pribadinya yang kurang enak dengan warga desa sekitarnya.


Perjalanan hidup Asih yang barupun dimulai. Sebagai pengasuh anak di sebuah keluarga, Asih begitu cekatan karena pengalaman momong adik-adiknya di kampung. Asih kecil tumbuh dewasa dan jatuh cinta. Dan selanjutnya bisa ditebak sendiri kisahnya. Seperti yang saya bilang di awal, sebab dan cara mati yang sangat lokal.

Dalam bukunya, si penulis berpesan bahwa jika mengira jika persoalan hidup akan selesai begitu seseorang mengakhiri hidupnya. Nikmatilah hidup selagi bisa, sepahit apapun itu. Dalam gentayangannya, Asih terus menyesali perbuatan yang ia lakukan hingga ia berakhir tragis.

Jika dalam film-film horor, atau kisah-kisah pemburu hantu, biasanya akn muncul penyelesaian bagi arwah penasaran. Sayangnya, ini kisah tentang penulis yang kebetulan memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan para hantu. Untuk mengusir atau mengembalikan arwahnya di tempatnya secara selayaknya, mungkinbukan keahliannya. Jadi, ya kisah berakhir begitu sajja.

Jadi, jika masalah pelik secara pribadi atau keluarga, ingat-ingatlah kisah Kasih ini. Begitu... :d

0 Response to "Asih by Risa Saraswati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel