Rabu, 21 Januari 2015

Mata Air Airmata Kumari by Yudhi Herwibowo




Paperback 140 pages
Published 2010 by Penerbit KATTA
Rating : 3,5

Ingin kisah-kisah absurd nan pilu? Atau kisah-kisah sadis nan liris? 14 cerita pendek disini menjanjikannya untukmu...

Keabsurdan kisah sudah bisa terasa di bagian pengantar buku ini yang dengan sangat rela saya lewati saja. Di kisah pembuka, Kofa, saya belum merasakan feel untuk bakalan terus membaca buku ini. Terasa sama absurdnya dengan kata pengantar. Amela Ameli mulai memikat saya dengan menduga-duga, apakah mereka ini benar-benar kembar? Atau salah satu di antara mereka hanyalah suara alter ego dari salah satunya. Mmm... Endingnya masih menyisakan pertanyaan di kepala saya :|

Lama Fa, di kisah ketiga, kembali membuat mood saya sedikit turun. Glossary yang (ternyata) terletak di bagian akhir kisah, cukup membuat saya sedikit memahami cerita. Sayangnya, endingnya kurang nendang menurut saya yang kurang puas tentang apa yang terjadi dengan si Lama Fa yang mbalelo dari tradisi. Kok cuma gitu? Beberapa kisah lain diangkat dari legenda beberapa tempat di Nusantara seperti NTT, Kupang, Papua, dan Jawa. Sedikit shock dengan kepercayaan orang Ende tentang bayi dan ular baboa. Endingnya membuat seluruh tubuh saya merinding. Belum lagi tentang fam Bakka yang legendaris. Mmmm... Cukup membuat saya ingin mengecek kebenaran kisah ini. Benarkah demikian? Kasihan sekali mereka yang terlahir sebagai Bakka...  Sedikit sentuhan sejarah ada di kisah tentang Keris Kiai Setan Kober. Berkisah dari sudut pandang keris yang haus darah yang tak segan menghabisi siapa saja tak terkecuali pemiliknya. Ugh….


Dari sekian kisah, justru satu kisah yang menjadi judul kumcer ini tidak terlalu membuat saya ternganga, baik dari kisah maupun endingnya, dibandingkan yang lainnya. Ehm, selera sih ya :D Saya justru menyukai Cerita Tentang Tiku. Masing-masing dari kita, pastilah mempunyai kisah di masa lalu yang sebagian diantaranya masih bersama-sama kita, sebarapa tahun berlalu, tapi kenangan itu masih tetap hidup. Seperti halnya kisah-kisah Nyong Babusa a.k.a Si Panipu. Kenyataan atau hanya terjadi dalam imajinasi si Nyong, saya menyukainya.

Overall, saya cukup menikmati seluruh kisah-kisah pendek di kumcer ini. Recommended banget buat kalian penyuka kisah absurd nan liris….

1 komentar:

  1. Kayaknya satu-satunya buku absurd yang pernah aku baca baru Dunia Kafka by Haruki Murakami.
    Kapan-kapan pengen coba baca ini deh. ((kapan-kapan))

    BalasHapus