Jumat, 14 Juni 2013

Narsis di Soundcloud bersama Cool Edit Pro 2.0




Beberapa minggu terakhir ini, banyak obrolan dilontarkan para bajajers di group seputar soundcloud, sebuah jejaring social baru yang memamerkan suara. Suara bisa berupa lagu koleksi pribadi yang di unggah, main music di dalam kamar atau membaca buku yang di rekam—semacam audiobook. Audiobook sendiri sebenarnya sudah pernah dibahas di rumpian para bajajers, sayangnya terhenti kepentok dengan copyright dan masalah teknis lainnya. Nah, obrolan seru yang pernah terhenti itu akhirnya muncul lagi akhir akhir ini, apalagi dengan semakin banyaknya teman blog BBI yag membuat akun di sana dan berlomba membaca apa saja untuk mengisi postingan di soundcloud. Masalahnya adalah, mengedit music bukan pekerjaan gampang. Nah, di postingan ini, saya mencoba membuat pekerjaan ini menjadi lebih ringan. Rahasianya, cukup dengan menggunakan software Cool Edit Pro 2.0
Saya pribadi cukup akrab dengan software ini ketika saya bekerja di stasiun radio local. Akan tetapi, sebagai penyiar biasa, dan bukan bagian produksi, kemampuan saya terbatas hanya di bagian sederhana saja. Nah, saya ingin berbagi teknik sederhana ini agar para bajajers dan non bajajers bisa membuat  hasil rekamannya keren.

  1. Make sure software Cool edit pro sudah terinstal di laptop ya. Yang belum punya, bisa unduh disini.
  2. Cool edit ini mengenal banyak sekali format untuk di edit. Tapi setau saya tak ada format .amr disana. Jadi buat temans yang merekam suaranya dari hape, silakan meng-convert-nya dulu ya. Converter sederhana ada disini.
  3. Open file yang akan di edit. Yang pertama saya lakukan adalah memperbesar suara rekaman. Silakan perhatikan panel paling atas, klik Effect, kemudian Amplitude-Amplify. Untuk memperbesar, klik Boost, dan mengecilkan Cut. Saya biasanya memperbesar hingga 10 boost, ditambah 3 atau 6 boost. Tergantung hasil rekamannya.

  4. Untuk membuang rekaman yang salah atau jelek di bagian tertentu. Silakan block bagian yang salah dan delete. Untuk lebih tepat dalam menghapus, karena terkadang rekaman sangat sangat rapat, di bagian keyboard, pencet alt-panah kanan. Perhatikan di layar, wave (ngga yakin dengana istilahnya, pokoknya yang bagian ijo2 di layar) itu akan merenggang, akan memudahkan kita menghapus bagian yang salah (kalau saya biasanya bagian nelen ludah yang terdengar jelas di rekaman hihihi). Setelaha itu jangan lupa dikembalikan dengan pencet alt-panah kiri.
  5. Untuk insert multi track alias menyatukan antara satu rekaman dengan lainnya, klik panel pojok kiri, di bawah File dan Edit. Masukkan semua rekaman atau lagu untuk backsound. Untuk menggeser, klik kanan dan geser kemana saja. Jikalau ternyata rekaman kita lebih panjang dari lagu backsound-nya, silakan ditambahkan lagi di belakangnya. Perhatikan perbedaan besar kecilnya wave untuk rekaman dan lagu backsound. Saran dari saya dalam memilih backsound adalah jangan memilih backsound yang terlalu terkenal. Orang akan lebih menikmati backsound daripada apa yang kita omongkan.
  6. Setelah selesai mengedit multitrack, pencet control A untuk mem-block semua file di multitrack, setelah itu klik panel Mix down. Layar akan kembali seperti ketika kita mengedit rekaman, hanya kali ini semua track yang kita insert tadi sudah masuk. Jikalau masih kurang sempurna, sekali lagi bisa masuk ke multitrack, dan geser2 track sesuai selera. Atau misal ingin mengganti backsound, silakan saja. Yang kurang sempurna, track tak perlu di save.
  7. Terkadang, backsound lebih panjang dibandingkan rekaman yang kita buat. Untuk menyempurnakan tanpa cut dengan mendadak, silakan mem-block bagian akhir wave, dan klik Favorite-Fade Out. Suara sekencang apapun, akan fade out dengan mulus.
  8. Terakhir, jangan lupa menge-save backsound yang sudah kita kecilkan dengan nama file baru, karena jika tidak, file asli akan tergantikan dengan file ukuran pelan tadi.

Silakan berkarya. Semoga tips singkat ini bisa membantu mempercantik soundcloud temans semua. 

Oya, ini dia akun saya di social media soundcloud:  https://soundcloud.com/lila-cyclist

14 komentar:

  1. Aaaa...kenapa tutorial ini munculnya skr di saat aku blm bs cobain? Kenapa gak ntar aja nunggu aku udah balik? T_T *sape gw yaa* x)

    Makasi buat tutorialnya, mbak. Tampaknya sih mudah, entah prakteknya :))

    BalasHapus
  2. ay ay, Captain!
    sgra akan mncobanya B-)

    BalasHapus
  3. mksih bwt srannya,, nihh lgi d download aplikasi cool edit ^.^

    BalasHapus
  4. Kenapa ya pas waktu di save, cuman 1 menit doang. kalo mau ngesave semuanya gimana?

    BalasHapus
  5. Renny Maulani: Waahh... kok bisa gitu ya? Saya malah belum pernah ngalami yang begitu? Errr... Cara install sudah bener kan ya? Passkey nya sudah dimasukkan kan? Pokoknya ngga trial gitu...

    BalasHapus
  6. kalo mau ngehapus rekaman yang udah terlanjur di upload gimana ya ? -_-

    BalasHapus
  7. Masuk saja ke profile sendiri, kemudian arahkan kursor ke rekaman yang mau dihapus, nanti akan kelihatan gambar seperti recycle bin, klik saja.

    Good luck

    BalasHapus
  8. Kalau mau hapus suara disoundcloud lewat hp andro gimana ya?

    BalasHapus
  9. Dear Lamroni, wah, saya malah belum pernah upload dari hape android tuh. Jadi kurang tahu gimana delete posting di soundcloud kalo dari hape. Coba lewat PC/ laptop aja ya. Tutorialnya ada di komen sebelum ini :D

    BalasHapus
  10. kalo toturial buat yang pertama kali gimana ni?
    masih awam saya -_-
    minta postingannya dong :)

    BalasHapus
  11. kalau hasilnya cuman 1 menit, berarti trial nya udah abis

    BalasHapus
  12. Mau tanya boleh, kalo di cool edit itu ga perlu pake output ya, misalnya kaya mic gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di laptopnya sudah ada built in mic, ga perlu pake mic, tapi menurut pengalaman hasilnya tidak bagus. Lebih baik cari aplikasi record voice di smartphone misalnya,trus baru diolah di cool edit ini.
      Semoga membantu :)

      Hapus
  13. adayang tau gak kenapa kalo kita upload lagu cover sendiri pake instrument dari youtube di block dari soundcloudnya? biasanya enggak cuma baru2 ini aja

    BalasHapus