Senin, 06 Januari 2014

Wrap Up All RC 2013




Mari kilas balik ke reading challenge (RC) yang saya ikuti tahun 2013. Saya ikut 7 RC!! Gile ya? Terlalu pede ato terlalu bersemangat ya? Nah, sekarang allow me to brag about my accomplishments and my failure :(

1. What's in a Name RC
Saya lupa berapa banyak buku ato level apa yang saya rencanakan untuk ikuti ketika awal mula saya sign in di RC ini. Tapi saya bisa selesaikan level Crazy About a Name, level 3 dengan menyelesaikan 24 buku! 12 diantaranya didominasi oleh serial yang saya baca, Harry Potter dan Gregor The Overlander. Whoaaa... Hebat ya saya #selfkeplak


2. Finding New Author RC
Ini terus terang sangat menantang mengingat saya banyak menimbun buku paperback dan ebook dengan nama2 penulis yang baru buat saya. Tanpa pikir panjang, saya sign in ke RC. Dan saya mampu menyelesaikan 25 buku! 25 buku ini masuk level Hard, satu level dibawah Maniak. :))


3. Fun Year Event Children Literatur.
Kalo di dua RC sebelumnya saya cukup berbangga diri, disini saya cukup ngga percaya diri. Bayangkan, event yang terbagi menjadi 5 ini, dengan satu ato dua topik di tiap 2-3 bulan, saya cuma bisa menyelesaikan beberapa saja. Duh! :(( Parahnya, saya yang mengaku fans dari penulis Norwegia, Roald Dahl, pada bulan khusus Dahl, saya hanya setor sekitar 3-4 review saja, tidak berbanding lurus dengan koleksi ebook saya yang sering saaya bagi bagi sana sini. Dari 70 buku yang saya selesaikan di tahun 2013, saya selipkan sekitar 34 buku yang masuk kategori FYE with Children Literature ini. Sayangnya, ada sekitar 3-4 buku yang tidak sempat saya review.

4. Hotter Potter RC
Di awal sign ini event ini, beberapa teman saya cukup bersemangat untuk menyelesaikan 7 buku dalam 7 bulan. Namun kenyataannya, banyak diantara mereka yang tumbang di tengah jalan. Sementara saya bertahan meski dengan susah payah dan review yang sama sekali tidak memuaskan bagi saya. Asal jadi dan setor review. Huhuhu…

5. English Books RC
Mungkin dari sekian RC yang saya ikuti selama tahun 2013, hanya ini yang lumayan melebihi target. Teh Peni, sang host event ini mewajibkan membawa minimal 12 buku dalam setahun dan membuat reviewnya. Saya bisa menyelsaikan sekitar 16 buku dengan 2 buku yang tidak sempat saya review. Yeayyy!


6. Read Big
Event ini dibuka kalo tidak salah sekitar bulan February. Jadi, event ini akan ditutup bulan January akhir ini. Saya mengambil level terendah, dengan membaca 7 buku bantal dalam setahun. Awalnya, saya berpikir, bakal mudah karena buku2 Harry Potter itu, mulai seri ke-3, sudah mulai masuk kategori Read Big alias buku bantal. Tapi ternyata, saya tergoda membaca versi ebooknya. Padahal, mbak host event ini mengharamkan membaca ebook agar terasa seksinya paperback dengan tangan tremor menyangga buku. Memasuki bulan ditutupnya event ini, January, saat ini saya sedang menyelesaikan buku ketujuh. Semoga saya bisa menyelesaikan buku terakhir di event bantal ini. #eh…

7. Eiji Yoshikawa RC
Kalo boleh saya memasukkan wajah saya ke sumur, akan saya lakukan. Huhuhu… Event baca ini sebenarnya ingin juga saya masukkan ke event Read Big, saking bantalnya buku ini. Namun apa daya. Selama hampir setahun, saya tak kunjung memulai membaca buku ini. Memasuki bulan Desember, semakin parahlah volume kegiatan membaca saya. Saya pikir, saya bisa menyelesaikan buku ini dalam sebulan terakhir, dengan mengesampingkan event2 RC lain yang sudah saya anggap khatam alias selesai. Ternyata oh ternyata… gagal semua rencana saya. Tapi saya kepengen banget, satu hari nanti, saya bisa selesaikan buku super bantal hadiah dari yes24 ini.

Selain 7 Reading Challenge yang saya ikuti tahun lalu, saya juga cukup ngotot mengikuti posting bareng BBI tiap bulan. Saya bertekad membaca, mereview dan mem-posting buku wajib baca di bulan tersebut. Meski cukup ngotot, ternyata ada beberapa bulan tertentu saya harus merelakan bolong di salah satu tema yang ditentukan. Tapi lumayanlah, dengan mengikuti posbar BBI ini, saya jadi mengenal beberapa nama penulis baru dengan tema dan gaya penulisan yang baru buat saya.

Untuk tahun 2014 ini, saya merasa saya belum sign in satu pun RC yang ditawarkan teman2 blog saya. Awalnya, saya kepengen ikut The Lucky 14, tapi ternyata secara mental, saya belum siap. Saya masih ingat betapa cukup beratnya mendorong diri sendiri untuk membaca sesuai tema di setiap bulannya. Atau sekedar membaca satu dua penulis baru, dengan judul yang ada unsur namanya di tiap bulannya. Maka, saya harus merelakan banyak  buku yang sudah sekian lama saya idamkan untuk membeli, dan akhirnya saya miliki. Tapi asaying disayang, tak kunjung saya baca karena buku incaran saya itu tidak masuk dalam RC manapun. Saya juga berencana ingin membaca ulang beberapa buku yang dulu sempat saya baca tapi terpaksa berhenti di tengah karena beberapa hal. Selama tahun 2013, memang ada sih beberapa buku yang saya baca ulang, tapi bukan buku buku itu yang saya maksudkan.

Nah, karena itulah, saya belum sign ini di RC manapun meski sempat yakin untuk ikut satu RC, tapi ternyata hingga pendaftaran ditutup, saya tidak kunjung mendaftar. Yang jelas, di tahun ini, saya ingin tetap ngotot mengikuti posting bareng yang ditetapkan oleh BBI. Sementara ini, saya sedang menimbang dan menyeleksi RC mana yang nantinya pengen saya ikuti di tahun ini. Just wait and see. Saya hanya ingin menghabiskan timbunan pinjaman dan timbunan pribadi. As simple as that. Tanpa tema, tanpa tenggat waktu dan setor link. Saya ingin lihat kemampuan diri yang tahun lalu bisa menyelesaikan 70 buku dari target awal 60 buku. Itu semua berkat keikutsertaan saya di berbagai RC. Di tahun ini, saya kembali memasang target baca buku. Kali ini sebanyak 70 buku. Tanpa RC dan buku gratisan dari penerbit, apakah saya bisa mencapai target saya? Wish me luck, folks.  

2 komentar: