Selasa, 16 Oktober 2018

Kana di Negeri Kiwi oleh Rosemary Kesauly


Ebook Gramedia Digital
Published Maret 23, 2005
Rating 3/5

Apa yang sering dikeluhkan remaja putri usia 16-17 tahun? Penampilan? Pacar? Ujian?

Kana, remaja pindahan dari Yogyakarta ke Selandia Baru sepertinya memiliki hampir semua remaja putri keluhkan dalam hidupnya. Kisah cintanya yang gagal dengan Rudi, pacar pertamanya di Yogya, menjadi kisah cinta paling membosankan bagi para teman barunya di sekolah Riverdale. Belum lagi kebawelannya tentang penampilannya yang terasa gendut, menjadikan Jyotika alias Joy, sahabatnya menjadi kesal. Masalahnya yang sepele terasa menjadi masalah kaliber super berat yang membutuhkan perhatian seluruh dunia. Dia abai dengan masalah orang lain yang bisa saja lebih serius dibanding masalah penampilannya.

Untunglah, kisah selanjutnya bukan lagi seputar Kana dengan segala komplainnya. Keputusannya move on menjadi angin segar dan cerita menjadi menarik tentang akan apa yang terjadi pada Kana yang baru, Kana yang tanpa masa lalunya dengan Rudi.

Bisa dibilang, cerita seputar Joy adalah masalah serius, yang bisa jadi mewakili banyak isu yang terjadi pada remaja putri dimana pun mereka berada. Menjadi korban pelecehan seksual adalah trauma sepanjang hidup. Mendirikan sebuah support group bagi Kana, yang sempat tak bisa move on dari mantan pacar, yang melakukan body shaming terhadapnya, adalah suatu pencapaian tersendiri. Sayangnya, masalah ini tidak terlalu detil dalam penceritaannya. Jika saja novel ini lebih tebal dengan fokus tersbut, mungkin saya akan menmbah bintang untuk rating buku ini :D

Hubungannya dengan Tsunehisa, cook Jepang yang manis berbakat itu juga cukup manis. Untung tidak berakhir seperti drama roman umunya--ketika si cewek sudah berhasil move on, mantan cowok muncul dengan memintanya kembali. Hahahaha... tipikal sekali. Dan sangat menyebalkan :(

Baiklah, perkenalan saya dengan penulis ini cukup lumayan. Bisa nanti saya mencari karya berikutnya.

2 komentar:

  1. Yang paling menarik buat saya tentu saja kata 'Sekolah Riverdale'. Soalnya saya lagi nonton serialnya, Riverdale' season 2.

    Ini novel lawas ya. Aih, gak bisa bayangin gimana kosa katanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini novel terbit tahun 2005. Kayaknya sih cetak ulang dengan cover baru.

      Eh, ada ya seri Riverdale? Hmmmm... Nontonnya jdorama mulu aku sih :D

      Hapus