-->

A Librarian's Diary oleh Athira Marsya

  
Ebook, Gramedia Digital 212 pages
Published by Elex Media Komputindo, 2018
Rating 3/5

Membaca ini dengan memilih bacaan secara random di Gramedia Digital dengan tujuan menambah jumlah bacaan. Tak disangka, ini buku belum masuk ke perpustakaan goodreads, alhasil repot sedikit dengan memasukkan data di sini 😊

Sebagai novel debut, bisa dibilang lumayan buat si penulis, meski cukup klise. Topik tentang perpustakaan yang diangkat sayangnya hanya sebagai setting tempat saja. Si karakter utama, Putri pun sepertinya sudah bosan membaca, entah karena dia memang tinggal di sebelah perpustakaan keluarganya, atau godaan kisah cintanya yang begitu menggebu, hingga membaca pun dia sudah malas. Atau godaan Youtube yang begitu dahsyat hingga ia lebih memilih menonton daripada membaca ketika ia menjaga perpustakaan keluarganya. Selebihnya, ya begitu saja.

Putri, gadis 16 tahun, tiba-tiba harus menjaga perpustakaan keluarganya demi mendapat uang saku lebih dari ortunya. Seolah itu adalah cobaan terberat dalam hidupnya, ditambah dengan pengalaman jatuh cinta pertamanya yang menyakitkan. Saya pikir, jika dia adalah seorang librarian, apalagi librarian perpus pribadi keluarganya, paling tidak ia bisa mencari 'hikmah' dari kisah cinta dari novel yang ia baca, atau paling tidak novel ini akan bertaburan quote dari buku apa atau penulis siapa. Alih2 quote, dia lebih banyak mengomel ngga penting, berkeluh kesah seolah dia orang paling menderita sedunia dengan cinta tepuk sebelah tangannya dan menjadi pustakawan!



Sebagai novel debut, tak terlalu mengecewakan lah, meski masih harus lebih banyak mengeksplor ini dan itu. Judul librarian itu paling tidak membawa kesan bahwa si tokoh utama mungkin adalah seorang kutu buku, atau mencintai buku trrtentu. Komik seterkenal Detektif Conan pun ia tak tahu menahu. Sebelumnya, saya bukan pembaca komik, paling tidak saya tahu tentang komik yang tak tahu kapan tamatnya ini 😁.

Beberapa bagian yang saya suka disini adalah hubungan api dan air antara Putri dan kakak kembarnya. Twist kisah cinta sahabat ceweknya itu juga lumayan, mengingatkan saya pada Jmovie, Sensei! Meru, cowok kedua yang ia taksir, kutu buku dengan tempat membaca yang unik tapi mirip dengan tempat-tempat karakter manga, juga cukup manis. Sayangnya dia naksir Putri, huh... Harusnya dia dapat cewek yang paling tidak suka membaca, alih-alih hanya memiliki perpustakaan keluarga!

0 Response to "A Librarian's Diary oleh Athira Marsya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel