Another 1 by Yukito Ayatsuji



justaveragereader.blogspot.com

Paperback, 336 pages
Published September 8, 2018 by Haru
Rating 3/5

Membaca novel yang harusnya horror ini berasa kurang horrornya karena pekerjaan dan bacaan lain yang menjadi selingan selama membaca ini. Jadi yah, setelah merasa seperti dihantui di Introduction 1 nya dengan munculnya si hantu di foto kelas kelulusan, kisah selanjutnya terasa kurang mencekam.

Sasakibara Kouchi terpaksa pindah ke kampong halaman ibunya karena sang ayah yang harus bertugas ke India. Di desa Yomiyama ini Kouchi tinggal bersama kakek nenek dan bibinya. Begitu pindah tempat tinggal, otomatis Kouchi juga harus pindah sekolah. Tahun ini ia masuk kelas 3-3 SMP YomiyamaUtara, sebuah sekolah yang penuh misteri.

Sebelum pindah, kesehatan Kouchi terganggu karena penyakit paru-parunya yang kempis. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini disebut pneumotoraks. Belum ada kejelasan penyebab dari penyakit ini, selain tubuh si penderita yang tinggi dan kurus, serta kondisi jiwa yang stress atau fisik yang kelelahan luar biasa. Kondisi kesehatan begini yang membuat Kouchi terlambat masuk ke sekolah barunya. Sementara di rumah sakit, ia menerima kedatangan dua orang calon teman barunya dari SMP Yomiyama Utara. Dari awalnya perkenalan dan kedatangan mereka, beberapa hal ganjil mulai muncul. Ditambah lagi kemunculan gadis misterius bertutup mata sebelah dengan memakai seragam sekolah Yomiyama di rumah sakit tempat Kouchi dirawat.

Setelah Kouchi dinyatakan sehat kembali, ia memulai harinya menjadi murid SMP Yomiyama Utara. Sebelumnya, sang bibi, Reiko san, bercerita tentang hal-hal aneh di SMP Yomi utara. Ada 7 keanehan yang diceritakan turun temurun di sekolah dimana ibu Kouchi  dulu juga bersekolah. 26 tahun lalu ada kejadian memilukan sekaligus menyeramkan yang terjadi di SMP ini. Sejak itu, kejadian yang mirip kutukan ini berlangsung hingga 26 tahun mendatang. Kejadian dimana Kouchi mungkin bakal segera mengalami.

Kutukan kelas 3-3 SMP Yomi Utara  entah sekedar legenda atau sesuatu yang harus dianggap serius, pada kenyataannya, guru dan murid-muridnya melakukan tindakan penanggulangan kutukan. Adalah Mei Misaki, gadis misterius bertutup mata sebelah, yang ditemui Kouchi di rumah sakit harus ikut menanggung  penanggulangan kutukan, sesuai kesepakatan seluruh kelas. Jadi, apakah pengorbanan Misaki dapat memutus kutukan?

Membaca novel horror, saya herharap saya bakal merasa ketakutan selama proses membaca. Namun, alih-alih ketakutan, banyak sekali misteri yang tersebar disana sini. Cerita flashback dibarengi kematian beruntun setidaknya sudah memberi terror tersendiri bagi pembaca. Tapi kenyataannya, saya masih memiliki banyak sekali pertanyaan disana sini. Bagaimana mungkin hantu 26 tahun lalu, yang seharusnya adalah kesalahan murid-murid dan guru pada waktu itu, harus ditanggung murid-murid kelas 3-3 di berpuluh tahun kemudian? Sosok hantu yang tak terlihat namun terror tak terlihat ini memang kadang justru membuat suasana lebih mencekam. Suara telpon terputus-putus serta bunyi udara kosong di seberang telpon juga memberi suasana mencekam. Belum lagi berdiri di tengah boneka-boneka tak berjiwa. Saking banyaknya, rasanya seperti jiwa kita tersedot di dalamnya. 

Beberapa tahun lalu, saya sempat menonton versi filmnya. Terror yang dihindari murid-murid kelas 3-3 ini rasanya ngga jelas. Mereka lari dari kutukan macam apa, saya juga lupa. Ending yang nggantung juga rasanya membuat film ini kurang nendang. Well, waktu itu saya cuma sedang gandrung mencari film yang dibintangi Yamazaki Kento, hingga film horornya pun saya tonton 😅😅😅… Mungkin sesudah saya membaca buku duanya , saya mungkin akan mengulang menonton versi filmnya. Mungkin. 😄😄😄


justaveragereader.blogspot.com
Versi filmnya rilis tahun 2012 dibintangi Kento Yamazaki dan Ai Hashimoto


 Fanmade dari versi live action

0 Response to "Another 1 by Yukito Ayatsuji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel