(Opini) Kenapa Harus Membaca Ulang Sebuah Buku?

justaveragereader.blogspot.com


Baru-baru ini, saya baru saja menyelesaikan seri Audy-nya Orizuka.Tahun 2016 lalu, saya sudah membaca seri ini, secara marathon dengan meminjam koleksi seorang teman. Yang baru saja saya lakukan, membaca ulang seri Audy ini sama marathon-nya. Jadi begini ceritanya. Seorang teman saya dari komunitas BBI, menjual koleksi pribadinya, dan salah satunya adalah seri ini. Dan pada hari Minggu lalu, pesanan saya tiba. Setumpuk buku yang sebenarnya sebagian besar sudah saya baca beberapa tahun lalu. And here I was, attaching myself in the books.

Selama membaca, tiba-tiba saya kok kepingin menulis kenapa saya harus membaca ulang beberapa buku. Selain seri Audy-nya Orizuka, saya pernah membaca ulang Harry Potter series ketika ada event baca bareng beberapa tahun lalu. Selain itu, seri Lima Sekawan dan serial detektif Semarang, Noni, juga menjadi sasaran saya membaca ulang.

Jadi apa dong alasan saya membaca ulang. Ohya, saya nemu artikel mengapa orang-orang membaca ulang buku di Barnes and Nobles. Beberapa alasan saya mungkin sama, tapi beberapa yang lain, sedikit berbeda.

  1. Karena saya blogger buku yang rajin meng-update blog, tsaaaahhh…., jadi tiap kali selesai satu buku, saya selalu merasa berhutang untuk menulis review. Tapi berhubung saya sudah pernah menulis reviewnya, jadi yah, tak perlulah. Intinya, saya bisa membaca dengan santai tanpa perlu mikir nulis review wkwkwkwk… Review Audy series disini.
  2. Alasan kedua ini sangat bertolak belakang dengan alasan pertama. Duluuuu, saya membaca Harry Potter series jauh sebelum mengenal komunitas BBI, jadi ketika ada event baca (ulang) bareng seri ini, ada embel-embel tulis review. Tetep saja semangat sih. Meski sebenarnya rasa antusias itu selalu ada di waktu membaca pertama kali. Review lengkap Harry Potter series disini.
  3. Alasan ketiga, karena dulu minjam, dan sekarang saya punya bukunya :D Sebenarnya ngga selalu juga sih. Sering kali saya suka satu buku setelah selesai membaca hasil pinjaman seorang teman. Membeli buku dengan judul yang sama, demi koleksi. Siapa tahu akan dibaca lagi nanti. Kenyataannya? Yah, memang secara harafiah untuk koleksi sih hahaha…
  4. Alasan keempat ini, mirip dengan yang ada di 10 alasan mengapa orang membaca ulang buku, versi Barnes and Nobles: karena merasa nyaman. Membaca ulang seri Audy ini membuat saya kembali mengingat bagian-bagian manis, romantic, sedih dan kocak. Sangat menghibur, hingga celotehan garingnya pun masih membuat saya ngakak. Demikian juga ketika membaca ulang Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela. Saya masih tetap tertawa membaca kekonyolan Totto chan.
  5. Alasan kelima juga saya rasakan, sama yang ditulis oleh artikel 10 Alasan ….itu: saya lupa di beberapa bagian atau banyak bagian. Ketika membicarakan Harry Potter, atau membaca 9gag tentang Harry Potter, mungkin saya lupa di beberapa bagian. Dan sering kali saya katakan pada diri sendiri, ahhhh….saatnya baca ulang ini wkwkwkwk…
  6. Yang terakhir, mungkin tidak secara pribadi saya rasakan, beberapa orang lain merasakan, atau sebagian kecil dari saya merasakan halah membacakan ulang cerita-cerita popular kepada adik atau keponakan. Beberapa kali saya membacakan kisah-kisah dongeng klasik seperti Pinokio, Putri Salju dan juga kisah-kisah Nabi dan Rasul. Akan tetapi, antusiasme yang saya rasakan dahulu sedikit berbeda. Terutama untuk kisah Nabi dan Rasul, ada beberapa adegan yang menurut saya sedikit tidak cocok dikisahkan untuk keponakan umur 5 dan 8 tahun. Kisah Nabi Adam yang terlempar ke dunia, dan anak-anaknya kemudian saling bunuh. Kisah ini juga sekaligus menjadi asal mula bagaimana cara mengubur orang mati. Well, menurut saya sih, saya agak merasa kurang cocok dikisahkan untuk anak-anak.
Saya rasa hanya itu. Mungkin ada banyak yang terlintas di kepala saya selama membaca ulang beberapa buku, tapi yah, jadi kabur ketika ditulis hahaha…

Nah, bagimana dengan kalian? Apa alasanmu membaca ulang buku-buku (favoritmu)?

4 Responses to "(Opini) Kenapa Harus Membaca Ulang Sebuah Buku?"

  1. Saya biasanya membaca ulang buku karena ceritanya bagus dan memberikan kesan mendalam. Terlebih karakternya yang saya suka. Bisa 3 sampai 4 kali baca ulang buku favorit.

    ReplyDelete
  2. Halo, Hapudin

    Wah, ternyata hampir sama ya suka baca buku ulang satu buku. Kalo aku sih yang dibaca lebih dari 2 kali ya paling Harry Potter.

    ReplyDelete
  3. kalau saya kepengen baca ulang suatu buku karena kangen karakter di ceritanya. seperti teman lama yang dulu akrab, terus karena kehidupan berjalan jadi jarang ngobrol, tiba-tiba pengen ngobrol sama dia lagi. :D

    ReplyDelete
  4. Wah, sudah lama saya tak berkunjung ke blog Kak Lila ^^

    Hampir semua alasannya sama, kecuali mungkin yang nomor 1. Kalau saya justru kepingin membaca ulang sebuah buku karena ingin nulis reviewnya. Tapi ini khusus untuk buku yang sudah saya baca sebelum saya punya blog buku sih, hehehe. Jadi saya baca ulang supaya buku-buku itu juga "terekam" di blog saya :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel