Jumat, 28 Juni 2013

A Match Made in High School by Kristin Walker




Ebook format, 213 pages
Published February 4th 2010 by Razorbill
Rating 3,5/5 

Berpacaran pada jaman SMA adalah suatu hal yang umum bagi beberapa orang. Tetapi, berapa orang yang merasakan ‘menikah’ ketika masih SMA, dan pernikahan itu adalah salah satu syarat kelulusan sekolah? Sepertinya hanya anak2 SMA East Columbus yang mengalami ‘petaka’ ini.

Fiona Sheehan, duduk di kelas akhir SMA East Columbus harus mengikuti pelajaran pendidikan perkawinan –marriage ed course, sebagai syarat kelulusan. Kepala sekolahnya sudah menetapkan pasangan bagi para murid yang sudah dipilih secara acak. Yang menjadikan pelajaran ini menjadi petaka sepanjang semester baginya adalah pasangannya, Todd Harding adalah ‘ a jerk’ yag kerap kali memamerkan kemesraannya dengan pacarnya, Amanda di muka umum. Sementara cowok yang ia taksir sepanjang hidupnya harus ‘menikah’ dengan Amanda.  Marcie, sahabat karibnya, ‘menikah’ dengan Johnny Mercer, cowok pendiam yang misterius.

Pelajaran edikasi pernikahan ini dilengkapi dengan konsultasi setiap hari Selasa bersama Maggie Klein, ditambah dengan pengaturan keuangan keluarga, aktifitas yang harus dikerjakan bersama pasangan—seperti ekstra kurikuler, pekerjaan yang harus melibatkan ke dua belah pihak, budget perumahan, , kendaraan, entertainment, hingga konsultasi jika nanti ada pasangan wanita yang ‘hamil’. Konyol? Memang. Bagaimana mungkin tahun terakhir sebuah SMA hanya diputuskan dari sebuah pelajaran perkawinan? Bagaimana mungkin juga sebuah perkawinan yang kelak dijalani para murid bisa ‘dipelajari’ di bangku  SMA? Keonaran mulai muncul di awal pesta ‘perkawinan’ para siswa. Todd yang menganggap Fiona aneh, mulai mengolok2 Fiona. Tak mau kalah, Fiona membalas. Tidak hanya balas membalas ini dilakukan di depan umum, tapi juga selama sesi konsultasi dengan Maggie Klein. Keberlangsungan pelajaran ini mulai goyah ketika ibu Fiona, seorang aktivis, mulai membawa masalah pelajaran absurd ini di Koran. Demo, poster dan petisi mulai bertebaran.

Kamis, 27 Juni 2013

(Masih) Menanti Cinta Untukmu Ada di Garis Finish by Yozar M. Amrullah




Paperback  220 pages
Published Juni 2013 by PING
Rating 2/5

Avirmata  Camilla, baru saja lulus SMP dan masuk SMA XEVEN, sebuah sekolah favorit di Semarang. Bersama sahabatnya, Issa, mereka masuk ke kelas favorit pula--sebuah kelas yang terkenal dengan anak2 pilihan; berbakat dan juga terkenal. Milla adalah seorang model cukup ternama di kotanya. Sayangnya kebanggaannya masuk di sekolah favorit dirusak dengan hadirnya tiga cowok yang terkenal sebagai biang kerusuhan, Trio Maskulin. Ke tiga perusuh itu adalah Lucca, Jaladara dan Faundra. Dari ketiga cowok itu, ternyata yang cukup pantas masuk dalam kelas brgengsi itu adalah Jaladara, sementara yang lainnya adalah para pengekor biang rusuh.

Dari awal cerita, Milla sudah tercipta sebagai lawan mematikan bagi Trio Maskulin. Bersama dua sahabatnya, Candy dan Wina, mereka mampu 'membungkam' ketiga cowok ndugal itu.

Rabu, 26 Juni 2013

Wishful Wednesday #15




Happy Wednesday, bloggers. Happy to have a wish today

Ternyata hari Rabu itu selalu datang tiba tiba ya, terutama buat peserta WW ini. Hahaha… Oke, setelah ubek ubek wishlist di GR, ternyata saya menyimpan beberapa buku idaman yang belum saya share disini. 

Nah ini dia… 

Winter Dreams by Maggie Tiojakin

Rabu, 19 Juni 2013

Gregor and The Prophecy of Bane by Suzanne Collins




Ebook format, 309 pages
Published May 1st, 2005 by Scholastic
Rating 4/5

Tidak ada kata tidak bagi sebuah ramalan. Jika ramalan sudah memutuskan, maka tak ada jalan keluar selain mengikutinya.

Gregor merasa hidupnya selama di Underland adalah suatu mimpi buruk dan tak pernah berpikir untuk kembali. Tapi apa daya, adiknya, Boots, diculik kecoak sahabatnya ketika hidup di Underland, Temp. Tak ayal, dia harus mengejar adiknya ke Underland. Di sana, dia sudah ditunggu oleh para Underlander dengan sehelai ramalan Bane. Sebuah ramalan yang menyangkut kehidupan adiknya yang masih 2 tahun.

Baru saja musim panas lalu Gregor harus menghadapi kawanan tikus, di musim dingin ini Gregor sudah harus kembali lagi. Vikus, sebagai orang yang dituakan di Underland, tidak mampu menjelaskan lebih detil tentang ramalan kali ini. Sementara itu, Luxa, sang calon ratu Underland begitu ia menginjak usia 16 tahun, kedatangan para sepupunya. Howard dan Stellovet bisa dibilang kurang ramah, baik pada Luxa maupun pada Gregor. Sayangnya perjalanan quest kali ini, Gregor harus didampingi Howard, tanpa Luxa dan Vikus. Selain itu, Ripred, si tikus ally mereka, menyarankan Gregor mempelajari satu skill yang cukup muskil dilakukan Gregor dalam waktu singkat, echo-location, suatu ilmu untuk mengetahui keberadaan sesuatu meski di tempat gelap gulita sekalipun. Dari pihak istana, Gregor harus memiliki skill, minimal bermain pedang. Adhuh, padahal, bertarung saja Gregor tidak pernah di kehidupan Overland-nya.

Wishful Wednesday #14




Yeaayy… Term break is coming and it’s Wednesday. Eh, apa hubungannya ya antara term break kantor saya dengan Wednesday? Eng…. Ngga ada sih hahaha…

Okeh, biasanya saya banyak ngoceh ini itu seperti saya cerita tentang Wishful Wednesay, tapi sekarang mau to the point aja. Ada dua review yang harus saya tulis….

Buku ini seperti biasa sudah saya simpan dalam bentuk ebooknya, tapi sekali lagi karena keterbatasa otak saya, saya memilih menunggu versi terjemahannya. Saya sudah mencoba beberapa halaman pertama, tapi mungkin karena mood yang kurang pas atau memang factor O tadi, jadi tidak saya teruskan. 

Ini dia buku idaman saya minggu ini


Fahrenheit 451 by Ray Bradbury
Synopsis
Guy Montag was a fireman whose job it was to start fires...
The system was simple. Everyone understood it. Books were for burning ... along with the houses in which they were hidden.

Guy Montag enjoyed his job. He had been a fireman for ten years, and he had never questioned the pleasure of the midnight runs nor the joy of watching pages consumed by flames... never questioned anything until he met a seventeen-year-old girl who told him of a past when people were not afraid.

Then he met a professor who told him of a future in which people could think... and Guy Montag suddenly realized what he had to do!

Menurut teman2 saya di BBI, buku ini sudah diterjemahkan oleh salah satu publisher buku cukup terkenal. Frankly speaking, saya masih menunggu review dari teman yanag lain apakah bentuk terjemahannya enak dibaca atau kurang mengasyikkan. Jika kurang memuaskan, sepertinya saya harus memaksa diri membaca ebooknya hahaha…

Oke deh. So, what’s your dream book this week?
Mau ikutan meme asyik ini? Take a closer look at the following ya:
 

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)


Minggu, 16 Juni 2013

Gregor the Overlander #1 by Suzanne Collins




Ebook format,  320 pages
Published August 1st, 2004 by Scholastic, Inc
Rating 4/5

Jika Rick Riordan menyimpan 'kenyataan' bahwa para dewa hidup di lantai paling puncak Empire State Buildingk Suzanne Collins menyimpan 'kenyataan' lain lagi; ada kehidupan di bawah New York city.

Gregor, 10tahun,  harus menerima kenyataan pahit dengan menghilangnya sang ayah secara misterius.  Sebagai anak laki satu2nya, dia otomatis bertanggungjawab akan ibu,  adik2 perempuan nya dan neneknya. Liburan Gregor harusnya menyenangkan dengan tinggal di camp, sayang ia harus tinggal mengurus adik bungsunya,  Boots dan neneknya. Ketika Gregor dan Boots berada diruang laundry apartemennya,  dia dan adiknya terperosok di kehidupan bawah tanah yang disebut Underland.

Disana, ia sudah ditunggu dengan kawanan 'the fliers' yaitu para kelelawar dan the crawlers alias para kecoak. Boots, 2 tahun, sama sekali tak mengenal rasa takut. Dengan cepat ia akrab dengan para kecoak dan kelelawar.  Kenyataan lain membawa Gregor ke para manusia yang disebut Underlanders dan mereka menyebutnya Overlander. Dunia para Underlanders ini sangat unik: berkendara dengan kelelawar,  bertetangga dengan tikus, laba-laba dan kecoak dan menggunakan bahasa Inggris kuno. Oya, para hewan ini berbicara layaknya manusia dan mereka saling menghormati.

Sabtu, 15 Juni 2013

Jembatan Terabithia by Katherine Paterson




Paperback, 181 pages
Published  2001 by Elex Media
Penerjemah: Sapardi Djoko Damono
Rating: 3,5/5

Apa yang kau harapkan dari sebuah persahabatan berbeda lawan jenis? Cinta, itu mungkin yang terlintas pertama kali bagi saya.  Tetapi tidak bagi Jesse dan Leslie. Setidak belum karena mereka masih berusia 10 tahun.

Kehidupan Jesse sangat merana sebelum kedatangan Leslie. Coba bayangkan. Menjadi anak laki laki satu2nya di sebuah keluarga miskin dengan empat orang anak. Dua kakak perempuannya sudah mulai sibuk dengan masa remaja dan cowok, adiknya, May Belle masih berusia 6 tahun, terkadang ingin tahu segala yang dilakukan Jesse. Joyce Ann, adik bungsunya, tak terlalu digambarkan detil disini. Kehidupan ekonomi keluarga Aaron ini kembang kempis hingga membuat orangtuanya sering uring2an. Belum lagi masalah teman2 sekolah yang sering mem-bully mereka yang lemah. 

Jumat, 14 Juni 2013

Narsis di Soundcloud bersama Cool Edit Pro 2.0




Beberapa minggu terakhir ini, banyak obrolan dilontarkan para bajajers di group seputar soundcloud, sebuah jejaring social baru yang memamerkan suara. Suara bisa berupa lagu koleksi pribadi yang di unggah, main music di dalam kamar atau membaca buku yang di rekam—semacam audiobook. Audiobook sendiri sebenarnya sudah pernah dibahas di rumpian para bajajers, sayangnya terhenti kepentok dengan copyright dan masalah teknis lainnya. Nah, obrolan seru yang pernah terhenti itu akhirnya muncul lagi akhir akhir ini, apalagi dengan semakin banyaknya teman blog BBI yag membuat akun di sana dan berlomba membaca apa saja untuk mengisi postingan di soundcloud. Masalahnya adalah, mengedit music bukan pekerjaan gampang. Nah, di postingan ini, saya mencoba membuat pekerjaan ini menjadi lebih ringan. Rahasianya, cukup dengan menggunakan software Cool Edit Pro 2.0
Saya pribadi cukup akrab dengan software ini ketika saya bekerja di stasiun radio local. Akan tetapi, sebagai penyiar biasa, dan bukan bagian produksi, kemampuan saya terbatas hanya di bagian sederhana saja. Nah, saya ingin berbagi teknik sederhana ini agar para bajajers dan non bajajers bisa membuat  hasil rekamannya keren.

  1. Make sure software Cool edit pro sudah terinstal di laptop ya. Yang belum punya, bisa unduh disini.
  2. Cool edit ini mengenal banyak sekali format untuk di edit. Tapi setau saya tak ada format .amr disana. Jadi buat temans yang merekam suaranya dari hape, silakan meng-convert-nya dulu ya. Converter sederhana ada disini.
  3. Open file yang akan di edit. Yang pertama saya lakukan adalah memperbesar suara rekaman. Silakan perhatikan panel paling atas, klik Effect, kemudian Amplitude-Amplify. Untuk memperbesar, klik Boost, dan mengecilkan Cut. Saya biasanya memperbesar hingga 10 boost, ditambah 3 atau 6 boost. Tergantung hasil rekamannya.

Rabu, 12 Juni 2013

Harry Potter dan Order of the Phoenix by J.K. Rowling




Ebook format 590 pages
Rating 5/5

Tahun ke lima Harry semenjak ia menyadari dirinya adalah seorang wizard. Musim liburannya berjalan dengan sangat tidak nyaman, apalagi dengan tidak adanya keterusterangan dari pihak Departemen Sihir akan kembalinya Lord V-Voldemort di dunia sihir sejak tahun lalu. Harry harus mengetahui berita baik dari dunia sihir maupun non sihir yang mungkin berkaitan dengan Voldemort.  Tak ada berita muggle yang berhubungan dengan si Raja Kegelapan,  alih2 muncul Dementor di tempat tinggal Harry dan menyerang Harry dan sepupunya,  Dudley. Harry menjadi topik pembicaraan seru di berita dunia sihir.

Kemunculan Dementor berbuntut panjang hingga membuat Harry harus mengikuti sidang di Kementrian Sihir karena mengucap mantra di dunia muggle dengan usia belum mencukupi.  Sementara sekelompok orang2 yang dikenalnya dengan baik- menyebut diri mereka Order of the Phoenix, menyembunyikan sesuatu darinya.  Mereka kasak kusuk tanpa melibatkan Harry, bahkan Dumbledore berusaha menghindarinya. Tak banyak hal bisa dikorek, bahkan dengan bantuan Telinga yang bisa dipanjangkan milik kembar Weasley.

Wishful Wednesday #13


Thanks God it's Wednesday!  It's time for having a wish. Yeay.

Minggu ini saya mengangankan buku yang saya harap menang di giveaway seorang teman, eh, ternyata saya belum beruntung. Hiks. Makanya, saya ngarep ngarep ada giveaway lagi ato ada diskon besar2an di toko buku. Jadi saya bisa menahan air liur saya. Sayangnya belum ada. Glek!
Nah ini dia buku incaran saya
 
Me Before You by Jojo Moyes
Sinopsis:

Rabu, 05 Juni 2013

Wishful Wednesday #12




Hi hi hiii.... Ternyata sudah Rabu to? Duuhh.. Hampir lewat nih WW..

Oke, Sebenarnya saya sedikit termotivasi dengan postingan teman teman yang super rajin menulis WW nya yang akhirnya jumlah WW nya hampir menyamai punya saya yang sebenarnya sudah saya mulai tahun lalu, sementara mereka baru akhir akhir ini saja, Duh, energy disiplin mereka itu dari mana ya? #sigh

Nah, buku idaman saya minggu ini sebenarnya bisa dibilang sangaat telat dibanding yang lainnya. Ketika yang lain sudah membaca, saya masih seputar memimpikan bukunya.

Senin, 03 Juni 2013

After D-100 by Park Youn Mi




Paperback, 382 pages
Published Mei 2013 by Penerbit Haru
Rating 3,5/5


Pernikahan. Menikah hanya karena perlu untuk menikah. Lalu, apa aku ini ibarat barang bonus? Haishh... (Hal 16)


Kang Gyung Hee, istri dari Lee Jung Chul, 25 tahun, semula sangat memuja sang suami, menuruti apa kehendaknya, melayani segala kebutuhannya, hingga ia tak sengaja mendengar ucapan suaminya tentang pernikahan baginya. Semenjak itu, ia bertekad menceraikan suaminya. Apapun resikonya, meksi hatinya sakit karena sudah terlanjur mencintai proa yang semula adalah teman kakaknya ini. Tekadnya ini diperkuat dengan keinginannya mempunyai anak yang gagal. Di tambah dengan interupsi mertua yang bawel dan diperparah dengan kehadiran wanita lain yang tiba2 muncul di tahun perkawinannya yang kedua.

Lee Jung Chul, 33 tahun, menikahi Gyung Hee, semula adalah demi mendapatkan dana investasi bagi perusahaannya. Cinta baginya adalah suatu hal yang abstrak hingga ia tak pernah tahu apakah ia benar mencintai istrinya. Yang ia tahu, Jung Chul serasa kehilangan udara ketika ia harus berpisah dari istrinya. Rahasia besar dari masa lalunya adalah bom waktu yang bisa meledak sewaktu waktu yang akan menghancurkan pernikahannya. Tidak saja dia akan kehilangan istrinya, tetapi juga perusahaan yang sudah ia rintis dengan susah payah.