-->

Another II by Yukito Ayatsuji


justaveragereader.blogspot.com

Penerjemah: Andry Setiawan
Paperback, 296 pages
Published by Haru Media, August 2018
Rating: 4/5

Setelahmenyelesaikan Another bagian pertama, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang ditinggalkan. Potongan-potongan pertanyaan itu tersebar dari awal hingga akhir. Apakah benar kelas 3-3 itu terkutuk? Apakah benar ada hantu yang ikut berfoto di kelas 3-3 26 tahun lalu? Apakah benar hantu itu yang memicu berbagai kecelakaan sekaligus kematian di kelas 3-3, baik murid-muridnya, guru kelas hingga keluarga terdekat murid kelas 3-3? Sebagian dari diri saya mengharapkan bahwa ini adalah seusatu yang kebetulan belaka. Tapi memang sebegitu banyak kematian beruntun terjadi adalah suatu kebetulan?

Sakakibara Kouichi akhirnya harus mengalami hal kurang mengenakkan di kelas 3-3, seperti halnya Misaki Mei. Semenjak awal bulan Mei, semenjak kedatangan Koichi di sekolah SMP Yomiyama Utara, Misaki Mei sudah menjalani semacam ‘hukuman’ demi menyelamatkan kelas 3-3 dari kutukan. Jumlah murid yang bertambah sejak kedatangan Koichi, harus ‘dikurangi’ hingga seluruh murid kelas 3=3, termasuk guru kelasnya, harus menganggap Misaki Mei tidak ada. Namun ternyata, langkah pertahanan ini tak membuahkan hasil. Kecelakaan dengan korban berdarah-darah tetap terjadi. Hasilnya, ‘hukuman’ itu juga ditimpakan pada Kouichi.  Sakakibara Kouichi, si anak pindahan pun menjadi murid yang ‘tidak ada’.

Berhasilkah?

Pada kenyataannya, korban tetap berjatuhan. Sementara kisah-kisah masa lalu mulai mengalir dari sang pustakawan sekolah yang pernah berada di kelas yang sama dengan si hantu, 26 tahun lalu. Penyelidikan juga dilakukan oleh Kouichi dan Misaki Mei terhadap foto-foto album mendiang ibu Kouichi serta buku tahunan yang tersimpan di perpustakaan sekolah. Catatan yang disimpan oleh sang pustakawan sangat membantu membaca pola-pola korban kelas 3-3 setiap tahun. Mata misterius Misaki Mei yang selalu tertutup juga ikut membantu menyingkap kutukan kelas 3-3.

Meski membaca novel horror ini secara bertahap, diselingi kegiatan atau bacaan lainnya, saya masih tetap merasakan ketegangan dan kengerian yang ditimbulkan novel ini. Para karakter yang tiba-tiba mati, hingga kecelakaan beruntun yang mengerikan. Apalagi di bagian akhir ketika Misaki Mei mengungkapkan siapa sebenarnya yang seharusnya ‘hilang’. Saya sempat menghentikann membaca bagian penting ini demi mengurangi kengerian, karena saya membaca ini di rumah sakit. Plot twist yang samasekali tidak saya perhatikan, meski pun saya sudah menonton live action-nya sekian tahun  lalu. 

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama membaca bagian pertama novel ini akhirnya terjawab. Saya bersyukur tidak menunda terlalu lama untuk membaca bagian dua novel ini. Harapan tidak ikut campurnya hantu dalam tragedy kelas 3-3 tiap tahun, ternyata harus saya telan begitu saja. Kutukan itu nyata adanya, di novel ini. Sayangnya, pengorbanan banyak pihak, termasuk korban-korban yang berjatuhan ini sama sekali tidak atau mungkin tidak akan menghentikan terror kelas ini tiap tahun. Butuh tim pengusir hantu semacam ghost buster untuk menghentikan kutukan ini, mungkin 😁😁😁 Atau memanggil tim ruqyah, biar tu kelas 3-3 dibersihkan dari segala kutukan 😅😅😅

Oya, saya baru tahu kalo novel ini ternyata diadaptasi ke bentuk manga pada tahun 2010 oleh mangaka Hiro Kiyohara, dengan ide cerita tetap dari penulis aslinya, Yukito Ayatsuji. Dan pada tahun 2012, novel ini dirilis dalam bantuk live action-nya dengan peran utama dipegang oleh Kento Yamazaki dan Ai Hashimoto. Bersamaan dengan versi live action-nya, versi anime-nya juga mulai rilis 9 Januari 2012. Ada banyak versi Another yang bisa dinikmati, bagi pecinta cerita horror. Sebagai pecinta Kento Yamazaki, tentu saya tak ketinggalan menonton live action-nya. Meski banyak yang mengatakan tidak sebagus novel atau anime-nya, tapi buat saya, ending filmnya masih menyisakan kengerian hingga menit terakhir. 

justaveragereader.blogspot.com
Poster filmnya rilis tahun 2012

justaveragereader.blogspot.com
Poster versi anime rilis Januari 2012

0 Response to "Another II by Yukito Ayatsuji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel