-->

(Parak) Nona Teh dan Tuan Kopi by Crowdstroia

Justaveragereader.blogspot.com

 Ebook 352 pages
Published by Kata Depan Maret 19, 2017 
Rating 2,5/5 

Suatu malam, saya ngga bisa tidur, entah karena pengaruh minum teh atau terlalu banyak bermain gawai, mata saya jadi susah diajak tidur lelap. Jadilah saya membuka library Aldiko, aplikasi baca buku elektronik yang sudah lama saya tinggalkan. Dan saya pun menemukan buku ini, mejeng di gallery sekian lama. Dan, iseng, saya pun membaca buku ini sekedar mengundang kantuk. Dan ternyata pengaruh kombinasi teh dan kopi justru membuat saya lelap dengan lebih cepat 😂😂😂

Saya ngga punya harapan apa-apa untuk buku ini. Apakah ini akan jadi buku romans atau cerita perjalanan seseorang, saya tak tahu.

Varsha, gadis 33 tahun mulai gelisah dengan status jomblonya. Sementara kakak dan adiknya sudah menikah dan beranak pinak. Karirnya di sebuah perusahaan cukup gemilang meski tidak sejalan dengan kisah percintaannya. Tak sedikit teman atau saudaranya mencomblanginya dengan teman atau saudara mereka.

 Di antara sekian alasan mengapa Varsha betah sendiri mungkin karena ia memiliki trauma terhadap pernikahan orangtuanya. Sang ayah yang beberapa kali terpergok selingkuh tetap tenang hidup bersama meski sang ibu sempat sakit hati. Belum lagi kedua saudara laki-laki Varsha yang tak berbeda dengan sang ayah yang genit di luar. Apakah laki-laki di sekitar Varsha memiliki satu kesamaan yang fatal, tukang selingkuh? Bagaimana nanti jika ia menikah? Karena masa lalu sang ayah itulah, yang diulang di masa sekarang, membuat hubungan Varsha dan sang ayah menjadi renggang. Meski demikian, Varsha tetap memiliki jiwa pengasih terhadap sesama, kecuali pada ayahnya. Ia rajin menjadi donatur sebuah panti asuhan yang kemudian mempertemukannya dengan Hektor, cowok kecil tak beruntung yang kemudian diangkat menjadi anak asuhnya.

 Kehidupan Varsha berjalan seperti biasa, sesekali bertemu sosok asing tapi terasa akrab yang tak bisa ia jelaskan. Saya pikir sosok inilah yang bakal menjadi si Tuan Kopi. Tapi ternyata ngga secepat itu si Tuan Kopi masuk dalam kehidupan Varsha. Jalan konflik meliuk sana sini hingga saya bingung ini sebenarnya maksud si penulis menulis kisah penuh teka teki ini apa. Kepingan puzzle nya menurut saya agak dipaksakan. Sesekali saya juga bingung yang sedang bercerita ini siapa? Sebagian besar memang diambil dari sudut pandang Varsha, tapi kemudian berubah, Varsha menjadi orang ketiga dan tak dijelaskan sudut pandang siapa yang sedang menceritakan derita Varsha yang sepertinya memiliki beban pribadi.

Overall, saya bisa baca buku ini cukup cepat, konfliknya cukup banyak tapi nanggung, dari mulai jodoh yang datang terlambat, hingga hubungan ayah dan anak serta hubungan suami istri yang tidak harmonis. Judul yang mengangkat kata teh dan kopi, cukup dijelaskan di beberapa adegan tentang teh ini dan kopi yang itu. Sebagai peminum teh jeruk nipis, saya ngga bisa nyambung sih hehehe... Apalagi kopi yang cuma ikut nyeruput tiap keponakan membuat di sore atau malam hari. Hal yang unik disini adalah nama-nama para karakternya yang tidak biasa. Sebut saja Varsha (berarti hujan, entah dari bahasa apa), Regen (juga berarti hujan, juga entah dari bahasa apa, saya malas Googling 🤗), Hektor, si anak asuh Varsha, Rastra(jadi ingat merk kosmetik 😁), hingga Valiano dan entah siapa lagi saya lupa. Terlalu banyak karakter yang muncul sekilas-sekilas di sana dan sini. Belum lagi masalah sudut pandang yang tiba-tiba berganti meski tidak terlalu sering, tapi tetap saja mengganggu. Ohya, ternyata ini buku jebolan Wattpad ya... Hooo.. Saya baru tahu setelah membaca beberapa review di goodreads. Rating yang diberikan juga sangat beragam. Dan, ternyata pula, ini adalah buku satu dari dua buku yang terbit di bulan September 2018. Dilihat dari jarak terbit buku keduanya yang lebih setahun, kebayang betapa penasarannya para penikmat buku ini. Buat saya sih, saya sengaja cari-cari bocoran buku keduanya. Ya, maklum saja. Buku pertama saja saya baca Ebook yang dapat nemu di satu website yang saya lupa dimana. Buku duanya, meski saya pengen ngerti kisah selanjutnya misteri antara Varsha-Regen, tapi ya ngga gitu pengen tau. Klo ada yang mau ngasih bocoran, bolehlah 😅😅😅

NB: buku ini, mungkin menjadi draft di wattpad di tahun 2016, dan terbit resmi di tahun 2017 dengan sampul berbeda. Saya juga baru nyadar di sampul bukunya ada cetakan tertulis pemenang penulis the Wattys 2016 🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️. Saya jadi kasihan pada mereka yang di-php selama itu demi melihat cerita kesayangannya dibukukan, dan ternyata bersambung hingga lebih setahun berikutnya. Jadi ingat teenlit yang juga mem-php saya berrrrrtahun tahun 😭😭😅😁 

4 Responses to "(Parak) Nona Teh dan Tuan Kopi by Crowdstroia"

  1. keren tulisannya. selamat berkarya teroos. saya suka juga tampilan blognya
    btw, jangan lupa mampir juga ke blog saya Blog Alister N ya. sekalian krisan kalo berkenan.

    ReplyDelete
  2. Halo, Ade, terima kasih sudah mampir ya. Tunggu kunjungan balasanku yaaa..

    ReplyDelete
  3. belum lama ini, baca buku itu juga, Nona Teh dan Tuan Kopi. iya, tokohnya banyak, sampai pusing saya, mana namanya asing di telinga. :D setuju juga dengan konflik yang serba nanggung.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel