-->

(Review Korean Lit) School Nurse Ahn Eunyoung by Chung Serang & Jung Se-rang



Ebook Gramedia Digital 272 pages

Published by Gramedia Digital august 2020

Rating 3/5

Ada banyak alasan mengapa saya membaca satu buku tertentu. Well, terus terang, saya membaca ini ikut-ikutan kehebohan di timeline Twitter dan juga di TL Goodreads. Pertama sih kurang tertarik, karena mungkin saya memang sedang tidak mood membaca yang berbau-bau Korea, tapi begitu ada tag 'horror', saya malah jadi tertarik hahahaha... Dan, eh, ternyata sudah ada live action-nya di Netflix. Boleh lah dicoba nanti.

Ternyata horrornya ya begitu aja. Entah apa yang sebenarnya saya harapkan. Sebenarnya Asia itu terkenal seram untuk film horror atau bukunya. Tapi ternyata novel ini justru menghibur alih-alih seram. Agak serem di bagian akhir saja, opini pribadi sih.

Novel ini mirip catatan pendek atau cerita pendek dari perawat Ahn Eunyoung sih. Perawat ini tidak seperti perawat lain. Dia lebih mirip pemburu hantu daripada perawat malah. Dengan pistol dan pedang warna-warni ia sering lari kesana kemari mengusir hantu-hantu yang mengganggu penghuni sekolah SMA M. Yang unik, hantu itu lebih sering berbentuk jeli alih-alih bentuk hantu seram berdarah-darah, atau osok lompat sana sini hehehehe... Bersama salah satu rekan kerjanya, Hong Inpyo, guru klasik sekaligus cucu pemilik sekolah, perawat antik ini menghalau para pengganggu sekolah, termasuk salah satu guru asing yang menyebalkan.

Bermula dari satu siswa yang berencana 'menembak' teman ceweknya, muncullah peristiwa heboh di sekolah. Mulai dari hal kecil, yang berakibatkan gempa di sekitar sekolah SMA M. Perawat Ahn mencurigai satu basemen yang dibesrsihkan satu tahun sekali oleh satu agen tertentu. Namun di tahun itu, si agen tak bisa ditemukan. Hasilnya, 'jeli' itu bercecean dimana-mana. Adalah tugasnya untuk membersihkan jeli-jeli itu. Pembersihan itu mencapai basemen di mana di sana Perawat Ahn dan Guru Hong menemukan sesuatu yang justru melepaskan energi besar yang selama ini tersimpan dan mengancam seluruh siswa sekolah SMA M.

Satu peristiwa merembet ke persitiwa lain, meski tidak selalu berhubungan. Yang sedikit membuat saya tersentuh adalah 'pertemuan' kembali perawat Ahn dengan teman kecilnya dulu, di satu taman. Si teman yang sudah meninggal bertahun-tahun lalu masih tetap menunggu perawat Ahn di tempat yang sama. Hikksss...

Terus terang juga, saya kurang masuk ke dalam cerita-ceritanya. Nama karakter utama sih cukup gampang diingat, tapi begitu berganti karakter lain yang sedang 'diganggu' maka saya akan loading, eh, ini siapa lagi ya? Kasus dia kenapa ya? Selain itu, alasan kurang masuk ke cerita ya karena sembari membaca novel ini, saya sedang marathon nonton C-drama dimana saya juga ngga bisa hapal nama-nama karakternya wakakakak.... Biasa nonton drama Jepang, dengan nama-nama mirip dari satu drama ke drama lain, mengingat nama-nama Korea dan China itu kerja keras boookkk hahahaha...

Overall, cukup puas dengan endingnya. Meski sebenarnya pengen liat kolaborasi  perawat Ahn bersama pak guru Hong setelah mereka benar-benar bersama. Hmmm... Saatnya nonton dramanya mungkin?

PS: 

Saya sudah nonton episode 1 drama Nurse Ahn eunyoung Files ini. Cukup seru sih. Tapi bgitu kelar masalah pertama, rasanya kok ngga pengen lanjut ke episode berikutnya wkwkwkwk... Ya sudahlah... 

0 Response to "(Review Korean Lit) School Nurse Ahn Eunyoung by Chung Serang & Jung Se-rang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel