-->

Belenggu Ilse by Ruwi Meita

 



Ebook Gramedia Digital 328 pages

Published Desember 2019 by Elex media Komputindo

Rating 4/5

Selesai membaca novel ini, ada perasaan kurang puas sebenarnya, karena tebakanku salah hahahaha... Seperti dalam kisah-kisah thriller Akiyoshi Rikako, biasanya yang menjadi tertuduh utama adalah karakter-karakter di lingkaran itu sendiri. Saya berharap konsep ini juga ada di buku ini. Hingga saya bakal takjub dengan plot twist yang mengejutkan. Sayangnya kok ngga 😁

Firas, kehilangan Ilse, istrinya 2 tahun lalu. Segala upaya ia lakukan demi mencari istrinya, tapi nihil. Ketika ia mulai menerima kekosongan istrinya dan mulai beralih hati ke sahabatnya, Ilse tiba-tiba muncul.

Kemunculan Ilse ini tidak hanya mengejutkan tapi juga menakutkan. Ilse lupa siapa dirinya, Firas, anaknya, Kale, dan sahabat terdekatnya, Ralia. Ia hanya ingat bahwa ia adalah seekor binatang peliharaan bernama Princess. Ia bertingkah laku seperti binatang: makan, minum, meringkuk seperti seekor anjing. Ilse hanya memiliki ingatan 2 tahun selama ia menghilang: bahwa ia adalah Princess, tinggal di kandang.

Ralia, sahabat Firas sekaligus Ilse, menaruh hati pada Firas sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar. Perasaan Ralia ini tenggelam dengan kemunculan Ilse di hadapan Firas. Firas seperti anak muda mabuk cinta begitu bertemu dengan Ilse hingga ia tak peduli apakah Ilse benar-benar mencintainya atau tidak. Ketika Ilse kembali, harapan yang sempat tumbuh di hati Ralia, kembali pupus.

Peristiwa hilangnya Ilse ini ternyata berhubungan dengan satu sindikat dunia maya layaknya Tuhan. Sebuah situs bawah tanah membuka peluang para netizen untuk curhat tentang perasaan banyak orang. Misalnya, sosok wanita pelakor, tukang rundung, penjahat hati bagi para sahabat tanpa berani terus terang, dll. Situs ini isinya rundungan terhadap orang-orang yang dianggap busuk. Satu hal yang pasti, setelah netizen puas memaki, orang ini akan dihukum oleh penguasa bawah tanah, Hades, dewa alam bawah dalam mitologi Yunani.

Nah, apakah hilangnya Ilse berhubungan dengan situs gelap ini? Masa lalu Ilse sebelum menghilang adalah sosok yang sangat menyebalkan, terutama bagi Ralia. Apa saja yang dilakukan oleh Hades dan bawahannya terhadap para korban perundungan di jagad maya? Selain Ilse, tentu ada banyak sosok lain yang menjadi target utama situs gelap ini. Beberapa hilang, beberapa bahkan dikabarkan mati. 

Buku ini mengambil dua point of view, yang pertama dari sudut pandang Ilse dan yang kedua dari sudut pandang penulis sebagai pihak ketiga. Tiap bab saya harus bersiap untuk mengenali siapa yang tengah bercerita. Untungnya, dua sudut pandang yang berbeda ini menggunakan jenis font yang berbeda hingga memudahkan saya untuk mengenali. Selain itu, ada banyak lembaran lembaran kartu pos dengan nama pengirim Piti dan ditujukan untuk R. Siapa R? Ralia kah? Apakah ia ikut bertanggungjawab akan hilangnya Ilse? Bagaimana dengan Firas? Dia seperti bahagia menerima Ilse kembali dengan memodifikasi memori Ilse sebelum ia menghilang.

Yang membuat novel thriller ini sedikit ringan ini tentu kemunculan satuan kepolisian yang diketuai Saram berduet dengan Hana, anak buahnya. Seperti pada film-film detektif atau polisi, sosok polisi ini selalu ada bagian sangar dan galak berdampingan dengan sosok kocak dan seenaknya. Saram mungkin adalah definisi karakter kedua. Duet ini cukup asik diikuti apalagi meski sebenarnya mereka memiliki sifat yang saling berbeda, tapi ternyata mereka saling mengisi satu sama lain. Selain itu, karakter lain yang menghiasi cerita ini ada Sura, cowok kelahiran Korea yang cinta mati memasak untuk orang lain, terutama Ralia. Untungnya saya ngga suka makanan Korea, jadi deskripsi hidangan Korea yang menggoda sama sekali tidak membuat saya tergoda. Alih-alih saya justru kepengen melihat Ralia bekerja sebagai pelukis.

Balutan thriller pada novel ini tidak meninggalkan sisi manusiawi nya. Sifat mengalah Ralia kudu ada batasnya. Firas lebih memilih Ilse yang sekarang, meski pernah disakiti bertahun-tahun dengan cara berdamai pada diri sendiri. Demikian juga dengan karakter lainnya. Tak ada orang yang memiliki hati seputih salju, bagai ibu peri di sinetron.

0 Response to "Belenggu Ilse by Ruwi Meita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel