-->

The Newcomer- Pembunuhan di Nihonbashi by Keigo Higashino

 



Paperback 304 pages

Translator: Faira Ammadea

Published: 2020 by Gramedia Pustaka Utama

Rating: 4,5/5

Dahaga saya terhadap karya Keigo Higashino sensei terpuaskan dengan satu buku ini. Ngga nyesel saya beli paperbacknya instead of membacanya di Gramedia Digital hehehe... Padahal terus terang, jika menonton film yang berdasarkan buku karya beliau, an itu bergenre thriller pembunuhan, saya lebih sering loading lama. Kenapa? Karena sensei satu ini selalu memasukkan banyak aspek dalam karyanya, mulai dari intrik masalah utama, karakterisasi yang mendalam hingga sisi humanis yang selalu ada. Selalu kompleks sehingga  jika dinikmati dalam waktu dua jam saja, rasanya kok terlalu penuh. Beda rasanya jika karya itu berupa buku. Saya bisa mengulangnya ketika kurang paham, atau bahkan menuliskan tokoh-tokoh yang mungkin terlibat dalam satu kasus.

Enough with my babbling :D

Ini adalah perkenalan saya yang pertama dengan detektif Kyochiro Kaga setelah sebelumnya saya mengenal ahli fisika Yukawa Manabu di buku ataupun di film, di buku ini saya  jadi jatuh sayang sama Detektif Kaga hihii...

Detektif Kaga baru saja bertugas di tempat baru, Nihonbashi, ketika ia harus menangani sebuah kasus pembunuhan yang cukup sulit. Pembunuhan ini cukup sulit karena baik dari alat pembunuhannya hingga alibi orang-orang di sekitar korban semua nyaris sempurna. Korban itu bernama Mineko Mitsui, seorang janda yang baru bercerai sekitar 6 bulan lalu karena keinginan sendiri. Suaminya termasuk pengusaha sukses dan anaknya bertekad menjadi seorang aktor teater. Keluarga Mineko ini memiliki alibi yang kuat dan tidak memiliki motif tertentu untuk membunuh keluarga mereka.

Bagaimana dengan orang-orang yang bersinggungan dengan Mineko Mitsui sesaat sebelum kejadian mengenaskan tersebut? Detektif menelusuri dari mulai iteraksi Mineko di toko senbei, toko reparasi jam, penjual mainan tradisional seperti gasing, hingga kafe yang biasa dikunjungi korban di hari-hari tertentu.

Dari interaksi  orang-orang tersebut, secara tidak langsung Detektif Kaga menyelesaikan masalah beberapa keluarga, seperti hubungan unik nenek dan cucu, masalah suami istri dan pelayan restoran, hingga menantu dan mertua yang kurang harmonis. Di setiap bab, Detektif Kaga selalu mengungkap sesuatu yang tidak pernah diduga (pertanyaannya adalah, bagimana ia bisa melihat begitu jauh hingga ia bisa menyelesaikan masalah keluarga-keluarga tersebut?)

Sebagai pendatang baru, Detektif Kaga sering berjalan menyusuri pertokoan di seputar jalan-jalan di Nihonbashi. Letak toko-toko, kafe, dan tempat-tempat lain seolah membuat kita pembaca ikut dalam perjalanannya. Para karakter di sini juga saling berhubungan karena yah, mereka tinggal di kota kecil dimana masing-masing saling mengenal satu sama lain. Berita tentang pembunuhan itu pun menyebar dengan cepat dan spekulasi siapa pembunuh dan apa motif pembunuhan tersebut secara tidak langsung menjadi topik pembicaraan juga. Sayangnya, saya yang agak lemah mengingat begitu banyak nama terkadang rncu tentang siapa nama pelayan kafe, gadis penjual senbei, karyawan reparasi jam, pacar si sahabat, sahabat yang tengah berada di London dan yang sedang berencana pergi ke lua negeri, semua mbulet hahaha. Saya sempat menulis beberapa nama beserta hubungannya satu sama lain termasuk dengan korban di secarik kertas. Namun ternyata, di bab terakhir, penulis menyediakan tempat untuk mereview semua kejadian dari awal hingga akhir termasuk perjalanan investigasinya. Benar-benar luar biasa!

Sebagai fans Keigo Higashino sensei, kadang saya merasa gagal karena kadang saya merasa sedikit kurang yakin apakah saya akan menikmati sekaligus memahami plot cerita yang ditulis? Maklum lah, otak teflon macam saya ini kadang terlalu kompleks sedikit sudah nyerah hahaha. Seperti kasus-kasus yang dipecahkan oleh ahli fisika Yukawa Manabu yang selalu melibatkan sisi ilmu fiiki dan matematika dalam pemecahan kasusnya. Bisa dibayangkan mumetnya ndas saya? hahaha... Tapi di buku ini, saya melihat betapa memecahkan satu kasus itu tidak melulu mengendap-endap pada satu sosok yang memungkinkan menjadi tertuduh. Pendekatan yang sangat menyenangkan dan humanis begitu menyentuh perasaan. Itulah kenapa saya tadi bilang, saya jatuh sayang sama Detektif Kyochiro Kaga. 

0 Response to "The Newcomer- Pembunuhan di Nihonbashi by Keigo Higashino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel