-->

Kereta Semar Lembu by Zaky Yamani



 Ebook version @ Gramedia digital

320 pages

Published September 21, 2022 by Gramedia Pustaka Utama

Rating 4/5

Secara iseng, saya ikut baca bareng buku ini di awal bulan January lalu. Tanpa membaca sinopsis dan tanpa melihat berapa tebal bukunya, karena membaca secara digital di aplikasi itu kadang bikin kecepatan meningkat atau sebaliknya menurun hahaha...

Syukurlah saya sangat menikmati kisah hidup super panjang seorang Semar Lembu.

Cerita diawali dengan perayaan Semar Lembu yang akan segera dijemput untuk melanjutkan 'kehidupannya' di alam selanjutnya. Bab berikutnya dimulailah kisah Semar Lembu dari kelahirannya.

Lembu lahir bersama kerincing yang keluar dari rahim ibunya. Ibunya sendiri adalah pelacur di jaman pembangunan rel kereta api pertama di tanah Jawa. Selama hidupnya, Lembu menyaksikan keributan yang ada di rel kereta, mulai dari pekerjaan para buruh kereta, antrian para buruh menikmati tubuh ibunya, dan ibu angkatnya, Min, perebutan perempuan, hingga kalah judi yang mengakibatkan banyak kematian. Para orang mati itu muncul keesokan harinya di hadapan Lembu dengan kondisi sama persis ketika mereka mati. Yup, Lembu terlahir istimewa. Selain kerincing ajaib yang bisa mengundang para punakawan sebagai pendampingnya selama hidupnya yang panjang, sekaligus ia juga dikutuk untuk tak bisa beranjak dari rel kereta.

Mbah Semar, si bapak bijaksana dari punakawan, mendampingi Lembu di awal kehidupannya. Kemudian berganti dengan Mbah Petruk, Mbah Bagong dan Mbah Gareng. Sebagian memberi petunjuk untuk Lembu sebagian lagi hanya menonton. Mereka semua muncul hanya di hadapan Lembu, dan muncul setelah Lembu meniup kerincing ajaib itu.

Lembu menjadi saksi hidup dari pembangunan rel kereta, tanam paksa, perjuangan kemerdekaan dan setelah kemerdekaan Indonesia. Dia mengalami pahitnya menjadi buruh, bertemu dengan banyak orang-orang berpengaruh di Indonesia hingga orang yang nantinya menjadi sumber kematiannya sendiri. 

Selama membaca, ada beberapa diskusi di thread baca bareng saya dan teman-teman di Twitter, terutam mengenai tanggal bulan dan tahun tertentu yang menandai lahirnya seseorang dan juga terjadinya suatu peristiwa. Saya sempat mencari siapa yang lahir di tahun sekian yang diramalkan akan menjadi pemimpin yang berkuasa sekaligus menjadi sumber petaka banyak orang. Sudah menduga siapa orang tersebut, sayangnya, saya berharap Lembu bakal menyaksikan kekejaman si penguasa ini dan menceritakan dari kacamatanya, tapi ternyata dia justru sudah mati. Well, ada banyak sih buku lain yang menceritakan kekejaman si penguasa ini. Tinggal lanjutkan ke novel lainnya hahaha...

Novel ini bisa disebut novel sejarah berbalut mistis fantasi. Selain kemunculan para Punakawan, ada pula kisah-kisah para dewa dewi yang berhubungan dengan kelahiran Semar Lembu, dan mengapa Semar Lembu harus lahir di dunia. 

Ini adalah novel pertama dari Zaky Yamani yang saya baca, yang kebetulan menjadi juara sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2021. Dari kisahnya yang unik, dan balutan bahasa yang apik, sepertinya saya bakal membaca karyanya yang lain. Sayangnya saya membaca di platform alikasi baca digital, sehingga susah untuk menandai kalimat yang ingin say cantumkan disini. 

0 Response to "Kereta Semar Lembu by Zaky Yamani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel