-->

Snow White by LM. Cendana


 Paperback 176 pages

Published September 1, 2018 by Penerbit Haru

Rating: 3/5

Saya meminjam buku ini entah berapa tahun dan baru saya baca sekarang. Setelah membaca 'saudara' sebelumnya, Little Red Riding Hood by Ruwi Meita yang begitu gelap dan penuh twist mengerikan, saya jadi berharap banyak pada buku ini. Tapi ternyata harapan saya ngga terwujud 😑

Buku ini tidak lebih menceritakan ulang dari dongeng Grimm's Brothers yang memang aslinya gelap, lengkap dengan judul berbahasa Jerman di setiap bab, bahasa asli dongeng ini, yang kemudian diterjemahkan sebagai catatan kaki, begitu juga dengan nama karakternya yaitu Schneewittchen (susah ya nulis nama asli Snow White dalam bahasa Jerman). Begitu juga dengan nama-nama para kurcaci yang menggunakan nama-nama Jerman. Hmmm... saya lebih familiar dengan nama-nama seperti Grumpy, Sneezy, Bashful, Dopey, Happy dan Sleepy. Semua menggambarkan sifat masing-masing kurcaci. Saya ngga banyak membaca dongeng yang di revolt atau di-twist sedemikian rupa hingga terbentuk kisah baru dengan jalan cerita mirip, karakter sama, tapi dengan ending yang sama sekali berbeda. Contohnya saja Revolting Rhymes nya Roald Dahl. Tapi itu tergantung dari interpretasi dari penulis dan pembaca juga sih. Tapi buat saya, novel ini ngga begitu berbeda dari kisah asli yang beredar, hanya memang dibuat lebih detil dengan adegan perburuan yang lebih gelap. Ilustrasinya cantik tapi tidak begitu menimbulkan bulu kuduk berdiri.

Well, karena 90 persen sama dengan kisah yang pernah saya baca, atau tonton, saya jadi lebih banyak skip skip bacanya 😃. Ksatria pengkhianat Ratu Sihir itu harusnya jadian sama si Snow White. Toh dia ngga perlu ciuman Pangeran untuk membuatnya bangun. 😁 Tapi ya sudahlah. Snow White memang harus bersama sang Pangeran demi ketentraman kerajaan. Pernikahan secara politik tidak perlu perasaan yang mendalam. Ya kan?

0 Response to "Snow White by LM. Cendana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel