-->

Orang Tak dikenal di Sekoci by Mitch Albom


 Judul asli: The Stranger in The Lifeboat

Ebook Gramedia Digital 298 pages

Penerjemah: Bekti Setio

Published September 27, 2023 by Gramedia Pustaka Utama

Rating: 4/5

Seberapa besar imanmu pada Tuhan-mu?

Buku ini menyentil mereka yang kepercayaan pada Tuhan setipis tisu. Bahkan mungkin yang selama ini beribadah tanpa absen pun, masih mungkin tidak begitu percaya bahwa pertolongan Tuhan itu ada. 

Galaxy, sebuah kapal pesiar mewah tenggelam di tengah samudra. Berpenumpang orang-orang terkenal dari berbagai latar belakang, kapal pesiar itu kalah dari kekuatan alam setelah terjadi ledakan. Di antara para penumpang itu, ada kru yang tak dikenal, yang keberadaannya tak penting dan tak pernah tersentuh oleh media.

Ada sembilan penumpang yang terombang-ambing di sekoci. Salah satu diantara mereka ada Jason Lambert, si pengusaha kaya raya, pemilik Galaxy. Di hari ke sekian mereka terkatung-katung di sekoci, muncul satu sosok meminta bantuan dari derasnya laut. Orang ini mengaku bernama Tuhan.

Well, siapa yang percaya bahwa ada Tuhan yang meminta bantuan untuk naik ke sekoci, dan makan makanan dan minum simpanan di dalam sekoci? Ketika semua orang mempertanyakan sosok Tuhan ini, dijawab singkat, "Kalian tinggal percaya pada-Ku". Di tengah keputusasaan, sosok Tuhan ini seperti tidak melakukan apapun. Dia juga sama lelahnya dengan yang lainnya. Dia masih terus berusaha meyakinkan penumpang lainnya untuk percaya pada-Nya.

Bagaimana mereka bisa percaya jika satu-persatu dari mereka meninggal dengan cara yang menyakitkan. Tapi sekali lagi, ucapan, kalian percaya saja pada-Ku, terus diucapkan oleh sosok Tuhan ini.

*****

Kisah tenggelamnya Galaxy ini dibagi dalam 3 bagian: Laut, Darat dan Berita. Laut diceritakan dari sudut pandang Benji, salah satu penumpang Galaxy yang bekerja sebagai kru di kapal mewah tersebut. Ia menulis untuk kekasihnya dan berharap satu hari nanti catatannya akan dibaca seseorang. Darat menceritakan tentang Jarty, seorang inspektur polisi sebuah pulau yang jauh dari awal mula Galaxy. Pria yang kehilangan putri satu-satunya ini menemukan catatan Benji. Berita mengabarkan tentang apa yang terjadi pada Galaxy, baik setelah tragedi Galaxy terjadi maupun setahun setelah sebuah sekoci terdampar di pulau tempat dimana Jarty bertugas. Berita ini juga mengisahkan siapa saja orang-orang terkenal yang menjadi penumpang Galaxy, mereka yang terombang-ambing dalam sekoci.

Mitch Albom kembali dengan kisah relijiusnya dengan selipan moralitas dari masing-masing karakter. Setiap orang memiliki cara untuk menghadapi krisis yang tengah mereka hadapi. Ada yang pasrah dan memilih percaya pada sosok misterius yang mengaku sebagai Tuhan. Ada pula yang mengingat kejadian masa lalu dengan penyesalan. Ada pula yang tetap menganggap dirinya memiliki segalanya dan bisa lepas dari krisis. Dari tiap-tiap karakter ini, yang manakah kita jika sedang dihadapkan pada sebuah krisis?


0 Response to "Orang Tak dikenal di Sekoci by Mitch Albom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel