-->

Perkumpulan Anak Luar Nikah by Grace Tioso

 

Baca di Rakata ebook

Published Juni 1, 2023 by Noura Publishing

Rating 4/5

Pertama tahu buku dengan judul agak aneh ini ketika acara tukar kado tahun lalu. Wishlist dari seorang teman saya salah satunya adalah buku ini. Ngga nyangka, bulan February saya malah kecemplung ikut acara baca bareng buku ini. Tapi saya ngga nyesel kok baca buku ini. Recommended banget soalnya :D

Martha adalah salah satu dari sekian banyak chindo yang di tahun 2024 ini bisa jadi top youtuber dengan konten pendidikan atau komedi (seperti Evelyn yang sering saya liat shorts nya di YT) Tapi nasib Martha tak seperti dilihat banyak orang seperti stigma yang sering ditempelkan pada chindo pada umumnya. 

Martha berhasil menjadi salah satu siswa yang mendapatkan beasiswa belajar di Singapura. Kerja kerasnya cukup terbayar dengan pekerjaan yang ia dapatkan setelah lulus. Memiliki suami yang menjadi kandidat profesor dan memiliki dua anak, mungkin adalah sesuatu yang bisa membuat banyak orang iri. Tapi kesalahannya di masa lalu, membuatnya berurusan dengan pengadilan setempat. 

Menjadi anak keturunan China di Indonesia ternyata tidak sesedap yang terlihat selama ini; kaya, hidup terjamin, dan memiliki circle pertemanan atau keluarga yang terlihat elit. Tragedi tahun 98 masih meninggalkan trauma bagi banyak keturunan China. Bukan mereka yang mengalami secara langsung (atau yang mengalami secara langsung) tapi orangtua yang mengalaminya akan mengingatnya hingga akhir hayat. Belum lagi kesulitan mendapatkan hak yang sama dengan warga pribumi. Dan ini memiliki dampak yang sangat berpengaruh pada status pernikahan dan anak-anak mereka.

Dan itulah yang menjadi judul buku ini, Perkumpulan Anak Luar Nikah.

Novel ini tidak hanya menyoroti kehidupan Martha dengan kasusnya, tapi juga latar belakang suaminya, Ronny, sahabat-sahabat Martha, yaitu Linda dan Fanny. Tragedi 98 membuat mereka bertanya mengapa Indonesia dimana mereka lahir, yang mereka cintai, bisa membuat nasib mereka seperti itu. "Kalo hidup jadi Cina sesusah itu, kenapa masih pada cinta Indo? (kutipan bab 37)

Selain latar belakang para anak luar nikah itu, buku ini juga menyentil sedikit tentang politik. (itulah mengapa buku ini menjadi topik baca bareng di bulan pemilihan umum 2024). Dua kandidat kepala daerah menjadi sorotan sebuah utas yang diinisiasi oleh Martha dan seorang temannya. Promosi orang baik tak selalu berhasil ketika itu berhubungan dengan politik. Sebuah gosip tetap akan bisa menumbangkan nama baiknya.

Ini adalah perkenalan pertama saya dengan penulis buku ini. Dan tentu saja semakin membuka mata saya tentang keberadaan Cina di Indonesia dari sejarahnya terdahulu, hingga sekarang. Detilnya si penulis dalam mendeskripsikan kehidupan di masa lalu, ketegangan yang terjadi di tahun 98 diramu emosi mereka yang mengalaminya menjadi buku ini sangat emosional. 

0 Response to "Perkumpulan Anak Luar Nikah by Grace Tioso"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel