-->

Senpai wa Otokonoko by Pom


 Judul lain: My Crossdressing Classmate

Baca di mangadex 100 chapters

Rating: 4/5

Jarang-jarang saya baca webtoon hingga kelar jelang versi animenya bakal rilis. Karena sempat nonton trailer-nya, saya pikir ini mungkin BL atau GL, tapi ternyata saya salah. Bau BL dikiiittt hahahaha....

Di trailernya sebenarnya sudah cukup jelas kalo manga/ anime ini bukan BL. Terlihat seorang cewek, Saki Aoi san, yang nembak senpai (kakak kelasnya) Hanaoka Makoto yang cantik. Tapi di akhir trailer terlihat Makoto membuka bajunya menunjukkan bahwa dia sebenarnya adalah cowok!

Cerita memberi porsi paling banyak pada Makoto yang sejak kecil memang memilih permainan cewek, baju, sepatu dan asesoris cewek. Tapi untunglah, di manga tak terlihat bahwa Makoto ini melambai. Dia tetap bermain bola bersama teman-teman cowoknya. Hanya, di sekolah ia diperbolehkan memakai baju cewek dan memakai wig rambut panjang. (ada background story disini. Ngga saya spill yaaa...)

Pergulatan batin Makoto sangat terlihat di banyak chapter. Bagaimana ia harus menyembunyikan identitas di sekolah pada ibunya, belum lagi pada Aoi, si adik kelas yang terang-terangan mengakui menyukai dirinya baik sebagai cewek atau sebagai cowok. Ditambah lagi kegalauannya terhadap si sahabat, Ryuuji, yang tak pernah ia sangka akan juga menyukai dirinya. Selama ini hanya Ryuuji yang berdiri di sampingnya ketika teman-teman kelas memandang aneh diri Makoto yang seorang crossdresser. 

Pergulatan batin Makoto ditambah dengan pilihan sekolah atau impian apa yang ingin ia lakukan seusai sekolah nanti. Dia ingin tetap menjadi dirinya sendiri tanpa harus menyakiti pihak-pihak yang menyayangi dirinya.

Saya sudah katakan di awal bahwa saya sangat jarang membaca manga webtoon hingga selesai. Mungkin karena manga tersebut masih ongoing, atau versi animenya keburu muncul hingga saya melupakan manga-nya hahaha... Tapi manga ini sangat cantik. Webtoon memiliki panel yang khas; selain berwarna, panelnya juga tidak serapat panel manga pada umumnya. Jadi membaca manga Senpai wa Otokonoko ini sangat nikmat. Ditambah lagi adanya word of the day yang bisa dianggap sebagai glossary. Di akhir satu chapter pasti akan terselip satu kata Jepang yang disebutkan di chapter tersebut. Beberapa saya skrinsyut karena  kata tersebut sangat sering muncul di drama atau anime. Bagaimana, apa saya sudah cukup wibu? :D

Ending manga ini cukup terbuka untuk dilanjutkan. Tapi apakah akan ada trio Makoto-Aoi-Ryuuji lagi bagi si mangaka? Entahlah. Semua karakter disini sangat menyenangkan. Bahkan side characters yang muncul di pertiga terakhir cukup mencuri perhatian.

Hmmm... ngga sabar untuk menonton versi animenya. 


Poster anime-nya


trailer anime-nya

0 Response to "Senpai wa Otokonoko by Pom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel