-->

(Jlit) Temple Alley Summer by Sachiko Kashiwaba


 Ebook 240 pages

Illustrator: Satako Miho

Translator: Avery Fischer Udagawa

Published May, 24, 2024 by Yonder

Rating 4/5

Sepertinya baru kali ini saya membaca novel yang di dalam cerita ada cerita lagi. Mungkin sebelumnya pernah, tapi lupa :D Jadi, novel ini memiliki dua cerita berbeda, dan tentu saja dengan dua plot twist!

Kazu, kelas 5 SD (kalo ngga salah) mendapati sosok hantu cewek keluar dari rumahnya. Dan tak disangka,  hantu itu ternyata dia temui juga di sekolahnya dengan nama Akira. Dia sama sekali ngga ingat punya teman bernama Akira, tapi teman-teman sekelasnya menyatakan bahwa dia selama ini cukup dekat dengan Akira. Bagaimana bisa?

Misteri Akira belum terpecahkan, Kazu penasaran dengan satu hal lain yang ia temukan di pelajaran sekolahnya. Sebuah peta menunjukkan nama jalan dan bangunan-bangunan yang ada dan pernah ada di kotanya, termasuk lokasi rumahnya. Tapi mengapa nama jalannya Kimyo temple? Sementara dia tidak menemukan kuil di sekitar rumahnya.

Jadilah rasa penasarannya ini menjadi tugas sekolahnya selama liburan musim panas. Dan tidak disangka-sangka, pencarian kuil yang tak pernah ada ini berhubungan dengan munculnya hantu Akira.

Sejarah Kimyo temple sedikit banyak ia dapatkan dari pamannya. Konon, ada patung yang secara turun temurun dimiliki keluarganya dan beberapa keluarga lain yang bisa mengembalikan orang mati hidup kembali. Patung yang lain sudah dilenyapkan tapi diam-diam kakek Kazu justru menyimpannya di altar pemujaan. Dan di hari munculnya Akira, seorang ibu-ibu meminta ijin untuk berdoa di altar pemujaan rumah Kazu.

Munculnya Akira lambat laun membuat Kazu tertarik tentang masa lalunya. Seperti apa Akira di masa lalu, kehidupan macam apakah yang ia miliki sehingga ia seperti sangat menikmati setiap kegiatan yang ia lakukan di kehidupannya yang sekarang?Mengetahui masa lalu Akira, Kazu merasa harus menjaga Akira agar tetap hidup dan tidak tiba-tiba lenyap karena satu hal.

Yang menjadi masalah adalah, patung Kimyo temple menghilang. Ada satu orang yang mengetahui kekuatan patung ini, dan berniat menghancurkannya. Dan ini tentu mengancam kehidupan Akira.

Di sinilah muncul cerita baru yang tak ada hubungannya dengan Kimyo temple, tapi cukup menarik untuk dibaca; sebuah cerita legenda tentang penyihir.

Saya merasa ini bukan cerita hantu yang membuat merinding, tapi justru terasa hangat. Kazu yang ingin membuat hidup Akira lebih panjang, interaksinya dengan sosok yang ingin menghancurkan patung Kimyo temple, masa lalu Akira yang pahit, menjadikan sosok yang sudah mati hidup kembali menjadicukup masuk akal. Keberadaan dewa dewi di satu kuil sangat erat hubungannya dengan budaya Jepang. Saat ini saya sedang menonton anime Natsume: Book of Friends dengan youkai atau dewa dewi yang sangat banyak. Ada yang menghuni di kuil, ada juga yang menghuni di hutan atau tempat-tempat lainnya. Horor? Ngga juga karena sosok Natsume ini mirip dengan Kazu, membebaskan youkai atau hantu yang selama ini terkurung.

Eh, nyambung ngga sih? 😂😂😂

 

0 Response to "(Jlit) Temple Alley Summer by Sachiko Kashiwaba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel