Selasa, 30 April 2013

Pemenang GA Blog Hop BBI 2nd Anniversary 2013




Alhamdulillah…. Akhirnya sampai juga saya membuat GA ditahun pertama saya bergabung dengan komunitas Blogger yang super keren ini. Pertama, saya dulu pernah berpikir akan mengadakan event GA jika follower saya sudah sekian, ato total kunjungan di blog sudah sekian, tapi ternyata itu ngga kunjung datang…hahaha…  Maklumlah, blogger moody macam saya ini siapalah yang ingin berkunjung … hiks…

Tapi ternyata, blog saya ini berulang tahun bertepatan dengan BBI, di bulan April. Aahh… akhirnya, dengan tekad membaja #tsaahh, saya memberanikan diri ikut jadi host GA ini. Di posting GA, sudah saya sebutkan kalo saya ini buta tentang segala rafflecopter dan random2an, maka saya ingin membuat lintingan macam arisan ibu2 hahaha… Tapi melihat jumlah peserta yang mencapai lebih dari 60, tangan saya bakal kriting ketika membuat lintingan arisan. Maka, saya pun mencoba membuka random.org yang katanya as simple as that. Eh, ternyata benaarr, sodara sodara. Maka, urunglah jari2 saya menjadi kriting.

Paper Romance by Lia Indra Andriana




Paperback, 372  pages
Published April 2013 by Penerbit Haru
Rating 3,5/5

Pernah punya boss galak, yang berlidah tajam plus bertenaga lebih dengan lengkingan beroktaf oktaf ketika emosi? Eliana Chandra pernah. Sebenarnya, Kev Mirrow bukan boss-nya, 'hanya' adik dari boss-nya. Tapi ternyata Eliana harus lebih banyak berurusan dengan Kev yang berprofesi sebagai penulis novel romans dan pemain teater. Karena kecelakaan, Kev tidak bisa menggunakan tangannya untuk mengetik, sehingga dia membutuhkan tenaga asisten untuk mengetik naskah novelnya yang sedang ditulisnya.

Interaksi keduanya berlanjut hingga di luar kantor. Tak jarang, Eli harus menemui boss nya ini di hari libur, apalagi ketika sakit si boss berlanjut. Si boss yang adalah artis terkenal tentu saja menjadi magnet bagi para wartawan. Keberadaan Eli disamping si boss mengundang tanya, belum lagi kondisi ingatan dan emosi Kev yang sempat berubah drastis setelah kecelakaan. Romans mereka berdua, bisa saja berlanjut jika gadis dari masa lalu Kev tidak muncul dan memporak porandakan perasaan keduanya.

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken by Jostein Gaarder




Paperback 282  pages

Published Maret 2011 by Mizan

Rating 3/5

Apakah ada orang yang mempunyai fantasy gila terhadap buku seperti seorang wanita bernama Bibbi Bokken? Dan apakah ada orang yang mempunyai obsesi sekaligus ketakutan seperti Berit dan Nils?


Berit dan Nils adalah saudara sepupu yang terpisah kota tempat tinggalnya- Oslo dan Fjaerland (siapa tinggal dimaena, sudah lupa.. hiks). Bermula dari pertemuan antara Nils dan perempuan tua bermata seperti piring yang membawa buku robek-robek dan sangat tertarik dengan buku- buku hingga ngiler. Perempuan itu yang belakangan diketahui bernama Bibbi Bokken menjadi suatu misteri seru yang sering didiskusikan oleh Berit-Nils dalam buku-surat mereka. Tinggal berjauhan tidak membuat mereka tidak berkomunikasi. Alih-alih memakai telpon, mereka memilih sarana buku-surat untuk saling bertukar cerita, mengungkapkan penyelidikan mereka, kecurigaan mereka terhadap si perempuan tua ngiler dan beberapa orang yang dicurigai sebagai komplotannya, hingga kisah di sekolah masing-masing.


Penyelidikan mereka membawa banyak nama baru dan nama yang tak pernah mereka sangka, guru sskolah Nils, penulis anak anak terkenal Astrid Lindgren hingga Walter Mondale (wakil Presiden Amerika) dan ratu Sonja. Dan apakah mereka benar benar terlibat dengan kasus yang tengah ditangani sepasang saudara sepupu ini yang berhubungan dengan konspirasi rahasia sebuah perpustakaan? Jawabannya ada di bab kedua di novel ini.

Senin, 29 April 2013

Balada Ching Ching by Maggie Tiojakin


Paperback, 175 pages
Published Juni  2010 by Gramedia
Rating 4/5

Ching Ching, anak keturunan dengan orang tua tunggal pemilik warung kweetiau, memiliki masa masa sekolah penuh derita. Panggilan yang bernada rasial, teman sekolah yang sering kali mem-bully physically dan gosip hubungannya dengan 'preman' sekolah yang tidak hanya menjadi sasaran guru guru sekolah tetapi juga para gadis populer, menjadikan masa sekolah Ching Ching penuh  derita. Bukan Ching Ching namanya jika ia tidak bangkit melawan.

Andari, pendatang dari Indonesia, Muslim, dan kebetulan menjadi saksi mata tragedi 9/11, berkenalan dengan Aysha, imigran Lebanon. Wajah cantik Aysha penuh luka masa lalu bom yang membunuh keluarganya. Perkenalan ini membuat Andari berpikir ulang tentang siapa yang lebih menderita dalam tragedi itu, tentang siapa yang bertanggungjawab, tentang agama dan ke-Tuhan-an, dll. 

Minggu, 28 April 2013

Lima Sekawan- Di Pulau Seram by Enid Blyton



Ebook format, 118 pages
Rating: 3/5

Mendengar judulnya saja sudah seram. Pertama baca, duluuuuu sekali, saya berpikir ini pasti seram. Kemudian saya mengenal ada pulau yang bernama Pulau Seram, dengan pengucapan E seperti di enak. Kemudian saya berpikir, apa mungkin ya, Lima Sekawan mengambil setting di salah satu pulau di indonesia itu? Duh, dasar Agus Setiadi memang suka membuat judul catchy begini. 

Lima Sekawan sedang liburan, seperti biasa. Kali ini setting diambil dari rumah Julian dan adik2nya. Mereka kedatangan seorang tamu, ibu Laymann, yang meminta mereka untuk menemani cucunya, Wilfrid, sementara dia pergi. What? Tinggal di perbukitan indah dikelilingi pantai? Saya juga mau. George tentu saja bergabung bersama Timmy dalam liburan ini.Wilfrid, meskipun ramah pada binatang, tapi ternyata galak pada orang-orang baru. Dia bahkan sengak pada pembantu neneknya. Bukan Lima Sekawan namanya kalo tidak bisa menaklukan Wilfrid. Penjahat aja dibekuk (ya, eyalah, namanya juga lakon) #laludiboooopembacareview :)) . Nah, disinilah, Julian dkk, plus Wilfrid mengalami petualangan seru di pulau indah nan seram.

Rabu, 24 April 2013

Wishful Wednesday #10




Happy Wednesday, BBI-ers… Senangnya nyadar kalo hari ini hari Rabu and I’m free to write, and no baby sitting my niece… hihihi…

OK, sebelum saya kasih tahu apa buku idaman saya minggu ini, saya cerita dulu tentang Reading Challenge saya ya. 

Terus terang, saya mulai kelimpungan meladeni 7 reading chalklenge yang saya ikuti tahun ini, plus challenge dari teman2 BBI. Saya selalu muter akal, agar satu buku ini bisa masuk di challenge ini, dan itu dan itu dan kalo bisa yang itu juga hahahaha… Misalnya saja, saat ini saya sedang loading nulis review buku Perpustakaan Bibbi Bokken-nya Jostein Gaarder. Satu buku ini bisa saya masukkan ke Challenge Name, New Author dan Challenge BBI seputar buku tentang buku, memperingati hari buku yang jatuh di bulan ini sekaligus ultah BBI yang kedua.

Nah, satu challenge yang belum saya sentuh sama sekali adalah challenge Eiji Yoshikawa. Bukan saja karena ketebalan bukunya yang bikin ngeper, tapi juga karena saya belum pernah punya satu pun. Kalo ebook sih, saya nyimpen Taiko dan beberapa episode Musashi. Tapi rasanya kurang afdol deh. Dengan ketebalan buku setebal bantal itu, seharusnya saya sudah menyicil membacanyapaling tidak mulai sekarang, tapi ternyata saya belum mulai juga. Makanya, saya jadi tahu diri untuk menurunkan target baca yang tadinya adalah Taiko, saya ganti dengan buku yang jadi idaman saya minggu ini.

Rabu, 17 April 2013

Wishful Wednesday #9





Haiiii... I'm back. Hihi... After some Wednesday without wishes, now I got my wish.

Kok, jadi nginggris gini ya? Ok, let's switch into Bahasa.

Sepertinya saya ini seperti orang yang tahu diri ngga punya banyak harapan untuk buku karena pertimbangan timbunan. Tapi jangan ajak saya ke toko buku atau pameran buku, niscaya secara tiba-tiba saya jadi pengen ini itu huhu. Nah, karena itulah, saya jadi sering bingung kalo ditanya pengen buku apa. Tapi sekarang saya tahu, buku apa untuk edisi Wishful Wednesday ini.

Tadaaa.............

Minggu, 14 April 2013

Goddess Girls - Athena si Cerdas by Joan Holub and Suzanne Williams


Paperback, 170 pages
Published January 2013 by Atria
Rating 3/5

Siapa tak kenal Athena? Dewi Kebijaksanaan sekaligus Dewi Perang? Tapi siapa kenal Athena, dewi usia 12 tahun, teman-temannya dan sahabat2 baiknya?

Athena tak pernah menyangka bahwa dirinya yang tak bisa berbaur di sekolah Triton, sekolah manusia di Bumi, adalah karena ternyata dirinya adalah dewi, putri Raja Dewa-Dewi Olympus, Zeus. Selama ini ia hanya tau bahwa dia berbeda, karena kecerdasannya yang melebihi rata-rata manusia dikarenakan ia adalah Dewi. Begitu menerima undangan dari ayahnya untuk pindah sekolah ke Akademi Gunung Olympus, maka Athena memiliki harapan ia bakal mampu berbaur dengan para teman baru di sekolah barunya. Disana ia bertemu dengan Aphrodite, Artemis dan para anjingnya, dan Persephone. Tapi disini pula Athena bakal bertemu dengan her eternal enemy, Medusa, si rambut ular, dan cowok cakep tapi becek yang mulai naksir dia, Poseidon. Hahaha

Sabtu, 13 April 2013

Happy birthday, my dearest Bebi dan BBI Giveaway Hop




Yeaaahh….

Happy birthday, ma Bebiiiiiiiiiiii #ambilTOA

Semoga di usia dua tahun ini Bebi tambah tembem aja jumlah anggotanya, dan tambah berisi juga isi review dan segala postingan dari para member-nya. Amin ya rabbal alamin.

Ahhhh… ternyata blog saya juga berulang tahun di bulan April ini. Yeaaayyyyy…. Sebenarnya saya ngga sadar kalo ultah Bebi di bulan April, ya maklum saja, setahun lalu, blog saya juga baru saja lahir hihihi… Maka dari itu, saya bertekad ikut event yang diadakan Bebi ini, bagi2 rejeki hahaha. Selama setahun saya bergabung disini, alhamdulliah, saya sempat ketiban rejeki 3-4 kali giveaway, karena itu saya pengen juga merasakan pengalaman menjadi host, seperti apa sih sibuknya sebagai host, seberapa banyak sih pengunjung yang datang menengok blog saya, dan terutama membuat ultah Bebi yang kedua ini menjadi lebih meriah. 

Nah, karena saya pribadi jarang ikut giveaway, maka saya juga sedikit blank akan pernak pernik giveaway itu sendiri. Apalagi yang berhubungan dengan rafflecopter yang sering diplesetkan menjadi helicopter, random bla bla bla. Maka dari itu, saya bikin simple saja nanti untuk pengundiannya. Saya akan menggunakan system random, alias kocokan macam arisan ibu2 RT hahahaha… biar teman2 kantor saya nantinya yang bakal mengocok. 

Sebelumnya saya sebut dulu persyaratannya sebelum saya sebutkan giveaway-nya:

1.       Peserta hanya yang tinggal di Indonesia Raya ini saja. Yang domisili di luar negeri, maap beribu maap ya. Kalo ada rejeki, mungkin suatu hari nanti ya.
2.       Berikan komentar di kolom komen posting ini. Sebutkan kesan pertama akan blog saya ini, My Book Corner. Jika sudah pernah mampir kesini, sebut saja kesan pertama dulu ketika mampir kesini. Gampang kan?
3.       Errr… saya pengen juga sedikit narsis #eh, nganu…. Saya pengen follower saya disini sedikit banyak gitu. Sebelumnya saya pengen ngadain giveaway kalo jumlah follower saya minimal mencapai 30, etapi, ternyata selama setahun saya baru mengumpulkan 22 followers. Saya tahu diri sih, saya sendiri kurang agresif dalam mem-posting review dan pernak pernik seputar buku, jadi ya sedikit yang pengen follow saya. Tapiii…. Syarat ikut giveaway Hop ini adalah, follow dong blog saya hahaha… Untuk twitter, saya ngga pengen cuap2 saya yang emang super duper jarang itu di follow, jadi cukup follow blog ini aja ya. Make sure, nama ketika me-follow blog dengan komentar sama atau kalo ternyata berbeda kasih tahu aja di kolom komentar juga ya sekalian alamat email untuk konfirmasi pemenang.
4.       Oya, karena memang sudah peraturan dari panitia, bahwa anggota BBI yang ngadain giveaway hop yang kebetulan menjadi host event yang sama dilarang ikut, maka giveaway ini khusus untuk non-host giveaway, terutama untuk blogger di luar BBI. Jadi kesempatan menangnya semakin banyak kan? Etapi,  saya pengennya mereka yang punya blog juga, di luar buku juga ngga papa. Pokoknya blog dimana pun, blogger, WP, detik, kompasiana, dll. Oya, buat yang punya blog, kesempatan menangnya saya tambah satu kali alias saya tambah satu poin. Buat yang ngga punya blog, masih boleh kok ikutan.  
5.       Apalagi ya persyaratannya? Blank nih. Sudah aja ya? Hahaha…

Nah, sekarang apa sih giveaway-nya? Beberapa hari sebelum Hari H posting event ini, teman2 di group WA Joglosemar heboh membicarakan hadiah ini itu. Saya pribadi malah bingung sendiri. Saya punya beberapa buku yang saya beli karena emosi tapi begitu terbeli, ternyata sampai sekarang masih juga rapi di bungkusnya, atau masih setengah terbaca, dan masih dalam kondisi yang cukup baik. Tapi, masak sih, my first giveaway hop kok hadiahnya buku second sih? Adhuh, saya ini kebanyakan pertimbangan ya? Well, akhirnya, saya memutuskan untuk memberi voucher saja bagi pemenang giveaway hop pertama saya ini. 

VOUCHER 100K untuk satu pemenang Giveaway Hop

Buat peserta giveaway ini, kesempatan saya buka mulai tanggal 13 -26 April 2013 pukul 11.59 PM. Pengumuman akan saya posting insya Allah tanggal 1 May 2013. Silakan sertakan buku yang diinginkan di kolom komentar dan dimana buku bisa di dapatkan. Oya, buku yang diingankan bisa di toko buku  atau di online shop dalam negeri saja. Untuk ongkir, sebagai host event ini, saya yang akan menanggungnya. #suitsuitnyamanadong…… :D

Ok, akhirul kata… Selamat…. Eh, Selamat apa ya? Selamat ikut Giveaway gitu ya? Kok aneh? Ah, pokoknya semoga beruntung gitu aja.

Minggu, 07 April 2013

What’s the best ebook format for your cellphone?


Saya sudah lupa kapan terakhir kali membaca ebook di hape mungil saya, Sony Ericsson Elm(o) yang hanya java support, tanpa OS. Dengan layar hanya 2,2 inchi (lihat gambar), tentu saja saya lebih memilih layar lebar hape android saya yang memilik 4,2 inchi atau ebook reader saya dengan layar 5 inchi-nya. Tapi kenapa, saya masih banyak menyimpan banyak e-reader software di hape Elmo saya, it’s just for personal reason J. Ketika saya membaca disitu, seolah teringat masa2 belum punya gadget canggih, dan kegilaan membaca saya justru berkali lipat dibandingkan dengan setelah meiliki e-reader sekarang ini. (Well, mungkin karena setelah saya memiliki e-reader, saya berkenalan dengan banyak teman penimbun buku paperback, dan saya ketularan, jadinya, nganggur deh tu e-reader hahaha).

Lima Sekawaan: Minggat #3 by Enid Blyton




Ebook, format .jar

Lima Sekawan berkumpul lagi di Pondok kirrin. Horeee… jika mereka berkumpul, itu berarti bakal ada pengalaman seru yang bakal terjadi. Nah, di buku ketiga ini, Geirge sudah semakin ramah saja dengan ketiga sepupunya. Masih ingat saya, ketika Geirge pertama kali bertemu dengan para sepupunya ini. Galak dan sok banget. Tapi, ternyata bersama sama itu lebih asyik, bahkan bersama sama memiliki Pulau Kirrin!

Pada awal liburan, Lima Sekawan ini mendapatkan berita kurang menyenangkan, karena Bibi Fanny-ibunya George, harus dirawat di rumah sakit. Sementara itu, Joanna, koki kesayangan anak2 juga cuti dan digantikan oleh ibu Stick, yang kelakukannya se-kaku kayu hahaha. Kesialan mereka ditambah dengan hadirnya Edgar dan ayahnya di rumah keluarga George. Jadi, Pondok Kirrin penuh dengan keluarga Stick yang menyebalkan. Karena itulah, George memutuskan untuk minggat. Sendirian, eh, bersama Timmy tentu saja. Tetapi, para sepupunya tidak akan membiarkannya pergi sendiri begitu saja. Mereka harus ikut. Apalagi tujuan pelarin George adalah Pulau Kirrin. Bakal mengasyikkan jika mereka meninggalkan keluarga Stick dan tinggal sendiri selama 2 minggu di pulau. 

Pretties (Uglies #2) by Scott Westerfield





Paperback, 384 pages
Published by Matahati,  October 2010
Rating: 3/5

Tally Youngblood akhirnya mendapatkan apa yang ia dambakan sebelum ia mengenal Smoke, menjadi rupawan. Sama dengan para rupawan lainnya, Tally juga mengalami kerusakan pada otak, melupakan sebagian masa lalunya, dan berotak kosong kecuali pesta dan pesta di kota Rupawan Baru. Tapi bukan Tally Youngblood namanya jika ia tak membuat ulah. Bersama gang barunya, Crim, Tally leluasa melakukan aksi hebohnya karena reputasi Crim yang memang suka berulah. Meski  mengalami kerusakan otak yang sama, Tally masih menyimpan banyak memori semasa ia buruk rupa, termasuk ingatannya terhadap David, cowok Smoke, yang berjanji akan datang membawa pengobatan bagi otak Tally. Tapi sayang, cewek suka berulah ini sudah memilih Zane, sesama rupawan,  dan memilih menyingkirkan David. Tapi apakah Tally akan meninggalkan rekan2 Crim-nya, termasuk sahabatnya Shay dan Peris? Tapi tentu saja Dr. Cable dan kelompoknya Special Circumstances tidak akan membiarkannya.

Senin, 01 April 2013

Harry Potter dan Tawanan Azkaban #3 by JK. Rowling



Paperback, 534 pages
Published by Gramedia Pustaka Utama 2002
Rating 5/5
Saya tak pernah lupa perasaan saya pertama kali selesai membaca jilid 3 seri Harry Potter ini: perasaan bahagia yang hangat seperti perasaan Harry begitu tahu tentang peran sebenarnya Sirius Black; sekaligus kecewa dengan Peter Pettigrew. Tapi yang jelas kepuasan lebih banyak dibanding kekecewaan. Akan tetapi, membaca ulang seri ini, dalam kondisi terpepet deadline, membuat saya ingin sedikit menurunkan bintangnya. Tapi rasanya ini ngga fair, karena terpepet deadline adalah salah saya pribadi, bukan salah Rowling.

Sebelum tahu mengapa saya ingin menurunkan bintangnya, mari tengok sebentar review dari buku ketiga ini.

Harry memasuki tahun ketiganya dengan perasaan galau (kok kayak remaja jaman sekarang ya? Hahaha). Bagaimana tidak, dia tidak sengaja menggelembungkan bibi Marge saking marahnya orangtuanya dijelek2kan, merasa bakal dikeluarkan dari Hogwarts karena sihir di bawah umur, melihat sosok Grim-pertanda kematian, pengalaman nyaris pingsannya di gerbong Hogwarts Express gara gara Dementor. Dementor adalah makhluk sihir penjara Azkaban yang berkeliaran karena karena salah tawanannya-Sirius Black- melarikan diri. Untunglah beberapa hal yang menyenangkan juga terjadi mengimbangi kegalauan Harry: guru Pertahanan Terhadap Sihir Hitam, Remus Lupin yang seru, Hagrid yang menjadi guru di tahun ajaran baru ini, juga kemenangan Gryffindor untuk piala Quidditch.