Jumat, 31 Oktober 2014

#37 Juniper Berry by M. P. Kozlowsky


Ebook 121 pages
Published April 26th 2011 by Walden Pond Press
Rating 3/5

Apa impianmu ketika kau masih kecil? Jadi dokter?  Polisi? Guru? Atau meniadi orang terkenal?

Juniper Berry, 11 tahun, gadis cerdas, lahir dari orangtua selebriti terkenal yang selalu diikuti pers dan fans dimana-mana. Kehidupan mereka semula normal-normal saja; orangtua bekerja dan Juniper seringkali menunggu kedatangan mereka untuk bermanja sekaligus menunjukkan karya drama yang ia tulis dan khusus diperankan orangtuanya.  Yup, Juniper bercita-cita menjadi penulis skenario terkenal.  Tapi kebahagiaan itu tiba-tiba berubah.

Orangtua Juniper tiba-tiba menjaga jarak, berbicara tanpa kontak mata, seringkali mengeluh dan tak lagi ada waktu untuk Juniper.  Merasa sedih dan kecewa, Juniper berusaha mencari penyebab perubahan orangtuanya.  Dengan selalu membawa teropong di tangan,  Juniper mengeksplor kemana saja orangtuanya sering menghilang di malam hari. Kecurigaannya tertuju pada sebuah pohon tua dimana seekor gagak selalu bertengger. Di hutan itu, Juniper bertemu dengan Giles, tetangga seusianya yang rupanya mempunyai masalah yang sama, orangtuanya yang musisi juga mengalami gejala yang sama.  Jika Juniper bersekolah di rumah, Giles bersekolah di sekolah umum yang penuh dengan bullying. Dan Giles menjadi salah satu korbannya.  Betapa Giles memimpikan tubuh besar nan kuat hingga ia mampu melawan bullying itu.

#36 Traces of Love by Clio Freya


Paperback 416 pages
Published September 2014 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 4/5

Aaaarrrgggghhhhhh..... Akhirnya buku ketiga seri McGallaghan rilis jugaaaa.... #histeriiisss. ..
I can say it's absolutely worth waiting for after more than 3 years!!! Wejian, setia ya nunggu huhuhu...

Dari buku keduanya,  From Paris to Eternity,  Fay Regina Renata sudah berubah menjadi Fay Regina McGallaghan.  Setelah dinyatakan sukses dengan tugas agen kedua,  dan uji coba sadis di Ruang Putih, Fay dinyatakan pantas menyandang nama McGallaghan.  Dengan begitu ia resmi menjadi sepupu Kent, cowok taksirannya... Uuughhh...

Di buku ketiga ini, Fay kembali menjalani tugas berat yang membuat hatinya terombang ambing antara menuruti kehendak hatinya atau kehendak para pamannya. Apalagi setelah perayaan ultahnya ke 18, Fay harus mengucap sumpah hidup matinya untuk keluarga McGallaghan.  Tak ada pilihan lain. Tak pernah ada pilihan lain. Apalagi setelah kecelakaan pesawat yang merenggut kedua orangtuanya.  Fay seolah diterima di sebuah keluarga yang hangat, kocak, tapi penuh disiplin tinggi.  Para sepupu yang muncul banyak di buku ketiga ini memunculkan kehangatan keluarga yang terkadang menjengkelkan sekaligus mengharukan.

Rabu, 29 Oktober 2014

Taylor Swift Book Tag

Hell yeaahh..

Kena deh saya Book Tag lagi. Tapi kali ini saya bertekad memenuhi tantangan @Kang Opan yang sudah nge-tag saya di postingannya di Kandang Baca. Kali ini book Tag ber-label Taylor Swift Book Tag yang digagas dari The Book Life di tayangan YouTube. Sama dengan Opan, saya sebenarnya punya playlist dari penyanyi country cantik ini, tapi so far saya hanya familiar dengan Love Story aja hahaha... Yuk, langsung saja. Mumpung ada kucuran hotspot kantor... hihihi....

1.       “We Are Never Ever Getting Back Together”
Pick a book or book series that you were pretty sure you were in love with, but then wanted to break up with
Meraba Indonesia karya Ahmad Yunus. Awalnya saya membayangkan bakal seru membaca kisah perjalanan gila (seperti tag line buku ini), tapi terlalu banyak data ini dan itu serupa pelajaran statistic, membuat saya menyerah. Belum seratus persen nyerah sih, tapi lanjut nantiiiii deehh… :p

2.       Red”
Pick a book with a RED cover.
Cek di goodreads dulu deh kayaknya hehehe…
Ehhmmm…. Tangled deh… hahaha… ini adalah novel dewasa terkocaak yang pernah saya baca dan saya review :D

Selasa, 21 Oktober 2014

#35 Mafalda by Quino


Paperback, 128 pages
Published 2009 by KPG
Oenerjemah: Ratna Dyah Wulandari

Seri pertama komik dari Quino. Biasanya saya kurang begitu menikmati komik kumpulan begini. Yang ini, saya betah duduk menikmati kisah2 Mafalda dengan celetukannya yang inosen tapi cerdas.Terbit pertama kali di negara aslinya, Argentina, sekitar tahun 1964-1973. Masa-masa itu banyak negara mengalami kemelut politik tarik ulur junta militer dan sipil. Menurut kata pengantar buku ini, kemelut itu masih sangat relevan hingga saat ini, bahkan di negeri kita tercinta, Indonesia.

Yuk, kenalan dengan para karakter di komik ini.

Mafalda, 6 tahun, benci setengah mati dengan sup, bersama teman2nya baru saja masuk sekolah. Ada Felipe, Susanita, Manolito dan Miguelito. Semua anak mempunyai karakter kuat. Mafalda, kritis, lugu dan cerdas. Tak bisa dipercaya, gadis 6 tahun ini hobi banget dengerin siaran radio dan memantau kondisi dunia, di luar negaranya, dengan segala carut marutnya. Yang paling membuat saya ternganga adalah ketika ia menidurkan globe yang ia anggap sedang sakit. Sampai akhirnya dia berkeputusan menyembuhkan dunia dengan menghapus (baca: menyetip) keberadaan Beijing, Pentagon dan Kremlin dari globenya. Ngakak sekaligus trenyuh dan terharu. 

Rabu, 15 Oktober 2014

#34 Between Shades of Gray by Ruta Sepetys


EBook format
Published March 22nd 2011 by Philomel Books
Rating 4,5/5

Sebelumnya, saya hanya mengenal Hitler yang catatan genocide nya terhadap bangsa Yahudi begitu memilukan. Sebelumnya, saya hanya mengenal Stalin begitu saja, tanpa tahu siapa sosok populer ini. Dan saya mengenal 'kekejamannya' di buku ini dari kacamata Lina Vilkas.

Lina, gadis 15 tahun biasa yang menyukai melukis segenap jiwanya, mempunyai keluarga yang saling mengasihi dan rumah yang nyaman di Lituania. Segalanya lenyap dalam sekejap setelah penjemputan paksa tentara Rusia terhadap rakyat sipil dari keluarga terpelajar. Lina juga harus terpisah dari ayah tercintanya.

Lina, ibu dan adiknya Jonas diangkut di sebuah kereta gelap gulita, berjubel dengan puluhan, mungkin ratusan orang lainnya, termasuk ibu muda yang baru saja melahirkan bayinya. Berhari-hari mereka tersekap dalam kereta gelap dengan tulisan besar-besar di punggung kereta "Prostitute and Thieves". Semua kegiatan dari mulai makan, tidur, aktivitas buang air besar dan kecil dilakukan di sebuah lubang khusus, hingga menjaga kewarasan dilakukan di dalam gerbong kereta tanpa tahu dimana dan kapan mereka akan berhenti.

#33 Remember When by Winna Effendi


Ebook, pdf format 176 pages
Rating 3/5

Cinta segi berapa ini ya? Tiga? Empat? Ato lima? :D

Masa SMU adalah masa-masa emas mereguk masa remaja. Senang sedih selalu mewarnai lembar kehidupan remaja. Tak terkecuali Anggia, Freya, Moses, Adrian dan Erik. Anggia, cewek cantik modis, populer di kalangan cowok, berpacaran dengan Adrian, bintang basket sekolah. Freya dan Moses si kutu buku, saling tertarik dan kemudian berpacaran. Erik? Sementara jadi obat nyamuk untuk mereka berempat hahaha...

Seiring berjalannya waktu, perubahan demi perubahan mengalir. Kecelakaan yang dialami ibunda Adrian memicu perubahan hubungan antara mereka berempat secara drastis. Perubahan yang memicu perpecahan persahabatan mereka. 

Sabtu, 04 Oktober 2014

#32 Negeri Senja by Seno Gumira Ajidarma


Paperback, 244 pages
Published 2003 by Kepustakaan Pustaka Gramedia (KPG)
Rating 3,5/5

Syahdan, ada sebuah tempat dimana matahari tak pernah tergelincir ke peraduannya, dan tak pernah terbit terang di pagi dan siang hari. Tempat itu bernama Negeri Senja, sebuah negeri dengan pemandangan redup sore hari, sebuah negeri yang selama beratus tahun menanti kedatangan seseorang yang akan menyingkirkan kutukan negeri dengan naungan senja sepanjang masa.

Syahdan, datanglah sang pengembara yang penasaran dengan Negeri Senja, yang selalu mencatat keindahan, kemustahilan, dan kejahatan yang melanda Negeri dengan bahasa khusus Negeri Senja. Apakah sang pengembara ini adalah sosok yang ditunggu para penduduk Negeri Senja. Ternyata bukan, dan saya kecewa.