Rabu, 08 Agustus 2018

Dark Love by Ken Terate


Gramedia Digital ebook
Published Sepetmebr 6, 2012 by Gramedia Pustaka Utama
Rating 4/5

Siapa yang bakal dirugikan cinta sepasang remaja pacaran dan kebablasan? Tentu saja pihak cewek!!!

Kirana, usia 17 tahun nyaris 18, anak SMA kelas 12 yang akan segera menempuh ujian dan mendapati dirinya sedang hamil!!

Kasus seperti ini sebenarnya cukup banyak berkembang di sekitar kita, apalagi berita yang beredar di koran elektronik atau media sosial. Hanya, umunnya yang saya baca hanya sekedar kejadian 'kecelakaan' dan langkah apa yang akan ditempuh, saya sudah tak lagi mengikuti. Beberapa film atau sinetron juga tak kalah banyaknya. PErnikahan Dni, Juno, kemudian adaptasi Korea dari film Juno, dan mungkin masih banyak lagi. Jika dulu sinetron Pernikahan Dini menyorot kehidupan setelah para remaja itu menikah, buku ini banyak meyorot seputar emosi, tekanan dan kegalauan Kirana, siswi berprestasi secara akademik sekaligus 'prestasi' lainnya. Sebagai siswi berprestasi, seharusnya ia memiliki kontrol yang lebih dibanding siswi lainnya. Tapi yang namanya darah muda, ada kesempatan, ya begitulah...

Sabtu, 04 Agustus 2018

French Pink by Prisca Primasari


Gramedia Digital ebook, 84 pages
Published October 2014 by Grasindo
Rating 3/5
 
Kalo dibandingkan Hitomi, saya mungkin termasuk buta warna. Duluuuuu saya sering bingung membedakan antara biru dan hijau. Begitu saya sudah bisa membedakan warna biru dan hijau, semua warna itu memiliki pengembangannya. Ha? Pengembangan? Iya, ada yang biru kehijauan, atau sebaliknya. Belum lagi warna seperti hijau tosca, lumut, dan entah apalagi. Dan juga biru, muda, tua, navy, dll. Jadi sebenarnya, Hane-san benar, Hitomi tidak boleh mengakhiri hidupnya begitu saja, karena dia memiliki alasan untuk tetap hidup.

"Menurut saya, kematian lebih baik daripada kehidupan yang tidak berarti". (hal. 35)

Dari awal, saya sedkit bingung kenapa Hitomi segitu inginnya mati, tanpa ada penjelasan. Hitomi, pemilik toko pita di Distrik Jiyogaoka, kehilangan semangat hidupnya. Setelah beberapa lembar, setelah ia bertemu dengan sosok yang ia duga sebagai shinigami, malaikat pencabut nyawa di manga, alasan kenapa ia ingin mati sedikit terbuka.

Jumat, 03 Agustus 2018

I Love This Wolf by Kamaro Kikuchi


Read scanlation only
Rating 2/5

Ada 3 alasan bagaimana saya membaca manga:
1. Rekomendasi dari teman
2. Manga yang bakal ada live actionnya
3. Deretan display di Dojo komik tokopedia 😄😄😄

Nah, manga ini masuk di kategori yang ke 3 ☺️

Ceritanya sih biasaaaa banget cenderung klise malah. Terdiri dari 3 cerita.

Yang pertama I love this wolf. Saya pikir ini adalah kisah sedikit berbau fantasy. Tapi ternyata ngga jauh beda dengan kisah klasik bully ala ala Meteor Garden. Satu cewek yang di bully sekawanan cowok. Tu cowok cowok ngga manly banget lah, masa iya ngelawan satu cewek aja kudu keroyokan? 😑 Pada akhirnya ada satu cowok yang membelot karena jatuh cinta pada si cewek yang berani melawan kawanan si serigala ini. Hmmmm....

Yang kedua berjudul Handsome Girl is Yours. Yang ini tema juga sangat sangat klise, jatuh cinta pada sahabat sendiri. Konyolnya, alih alih mengatakan, si cewek justru berdandan ala cowok untuk menghalau kawanan cewek yang berbondong bondong nembak si sahabat cowok. Sampe akhirnya ketahuan, dan yah berakhir begitulah.

Yang ketiga ini yang paling kocak, berjudul A Phobia for the Opposite Sex. Dari judulnya saja sudah ketahuan ini cerita bakal tentang apa, Cewek yang phobia jika berada di dekat dekat cowok. Di sekolahnya ada seorang cowok yang begitu digilai kaum cewek karena selain ganteng, juga terkenal cool, ala cuek yang bikin cewek cewek teriak, kyaaaaaaa.... Tapi ternyata si cowok ini juga ngga beda sama si cewek, sama sama phobia sama cewek. Ngoahahahahaha... Dan mereka pun bersatu menaklukkan phobia mereka. Dengan cara apa? Ya jalan berdua, pacaran, dan saling sentuh dan kiss... Hihihihi.... Enak ya phobia jenis ini. Ngga perlu ke psikolog, kebetulan ketemu dengan orang memiliki kelainan yang sama, ganteng pula, jadian deh wkwkwkwk...

Yah, manga macam ini saya ngga mengharap banyak sih. Buat lucu lucu aja. Nambah satu jumlah bacaan di GR challenge. Mayan kan? 😎

The Life We Bury by Allen Eskens


Play Book Ebook 410 pages
Published by Noura Books, November 2017
Rating 4/5

Kehidupan Joe Talbert tak pernah sama lagi sejak ia bertemu Carl Iverson...

Sebelumnya, Joe hanyalah pemuda yang melarikan diri dari rumah, melarikan dari ibunya yang sinting pengidap bipolar, dan adik autis-nya. Belum lagi dengan segala pekerjaan yang ia kerjakan demi biaya kuliahnya. Namun, kehidpannya berubah ketika ia harus mengerjakan tugas menulis bahasa Inggris dimana ia harus menemukan seseorang untuk ia wawancara dan ia tulis biografinya. Dan ia pun bertemu dengan Carl Iverson, mantan pejuang Vietnam dan tertuduh pembunuhan sekaligus pemerkoasaan yang terjadi 30 tahun yang lalu.

Apakah Joe sinting memilih sosok Carl sebagai bahan tulisan? Bagaimana menghadapi seorang mantan pembunuh yang pernah membunuh dan menghilangkan nyawa orang? Dua ungkapan yang Carl sebutkan ini memiliki arti yang berbeda dan keduanya pernah ia lakukan. Ternyata sosok Carl jauh dari kesan seorang pembunuh. Dia bahkan bisa jadi adalah korban salah vonis akan kejadian 30 tahun lalu. Dan si pembunuh yang asli masih berkeliaran hingga kini...

Jumat, 20 Juli 2018

Absolute Justice by Akiyoshi Rikako


Paperback 268 pages
Published by Penerbit Haru, May 29, 2018
Rating 4/5

Seharusnya monster itu sudah mati...

Dia adalah...

Cyborg Kebenaran,
Mosnter Kebenaran
Kebenaran Tanpa Busana
Iblis Kebenaran

Apa sih kebenaran itu? Kebenaran macam apa yang dibuthkan di dunia ini? Jika saja Tuhan menicptakan manusia seperti malaikat, niscaya akan berbeda wajah dunia ini. Jika semua manusia ini seperti Noriko Takaki, si Absolute Justice, pasti polisi tak diperlukan, pengadilan sepi, penjara suwung, hingga malaikat pencatat dosa pun juga nganggur :D Seru tapi juga mengerikan :/

Noriko Takaki memiliki 4 sahabat yang sejak SMA sudah memuja dirinya sebagai pahlawan di kala mereka dalam kesulitan. Tapi siapa sangka jika pahlawan itu bisa berbalik menjadi monster ketika para sahabat itu juga dalam kesulitan. Kesulitan di dalam kesulitan bagaikan sudah jatuh ditimpa tangga. Kazuki, Yumiko, Reika dan Riho semua pernah merasa ditolong dan dibela oleh Noriko, tapi justru Noriko pula yang kemudian menyerang mereka. Ternyata pahlawan Noriko ini hanya peduli pada kebenaran. Kebenaran yang absolut. Tanpa tedeng aling-aling. Tanpa ada rasa simpati dan empati pada siapapun yang tengah berada dalam kesulitan.

Maka matilah si monter itu dari tangan para sahabat itu.

Tapi bertahun kemudian, sebuah undangan menghampiri mereka dari si monster, mengudang mereka ke sebuah pertemuan kenangan...

Minggu, 15 Juli 2018

Perfect World Vol 5 by Rie Aruga


Paperback, 176 pages
Publshed by m&c! 2018
Raing: 3,5/5

Harusnya saya ngga baca manga seputar rumah sakit dalam waktu-waktu ini. Rasanya masih agak trauma dengan yang namanya rumah sakit, apalgi dengan penyakit yang susah disembuhkan, bukan dari jenis penyakitnya, tapi mungkin dari pasien itu sendiri.

Kawana, setelah pulang kampung di Mastumoto, menghabiskna waktunya di tempat kursus caregiving. Disana ia belajar bagaiman ia memberi pertolongan pada pasien lumpuh atau cedera hingga tidak bisa melakukan kebutuhan mereka sendiri. Disana ia bertemu dengan Keigo atau Kei yang memiliki seorang pacar dengan kondisi seperti Ayukawa. Kaede, pacar Kei memiliki mimpi memiliki rumah sendiri dan menikahi Kei. Karena kondisi Kaede, Kei berpikir ingin membangun rumah dengan fasilitas barrier free. Satu arsitek dengan kemampuan membangun rumah dengan barrier free tentu saja Ayukawa.

Sabtu, 14 Juli 2018

Bakuman Vol 20 by Tsugumi Ohba & Takeshi Obata


Paperback  176 pages
Published December 6, 2017 by m&c!
Rating 5/5

Antara puas, lega, dan sayang jika manga kesayangan ini harus berakhir. Tapi seperti Reversi, manga terakhir duo Ashirogi Muto yang berhenti ketika di puncak, meski tema cerita ini memang harus berakhir dan sepertinya cukup lengkap menggambarkan kehidupan mangaka.

Puas karena semua duo sensei TO-TO mengakhirinya dengan manis.

Lega, karena hampir semua karakter muncul di lembar-lembar terakhir tankoubon ini, di saat saya hampir lupa para karakternya, saking lamanya jeda membaca volume terakhirnya :D

Sayang, karena yah, jarang-jarang saya bisa menyelesaikan satu manga dari awal hingga akhir :D Dan saya sayang pada semua karakter disini. Dari mulai para karakter utama, duo Ashirogi Muto, Kaya (ikut terharu ketika Mashiro memberi ucapan terima kasih padanya), para mangaka dengan karakter unik-unik (paling sayang pada Eiji Niizuma, si jenius sinting, juga Kazuya Hiramaru yang sableng, dan para editor yang begitu memperhatikan anak didik mereka, terutama Pak Hattori-sempat sedih ketika duo Ashirogi ini sempat berpisah dari editor satu ini.