-->

Joglosemar Reading Challenge Report 2020 and New Reading Challenge 2021

 


Haaaa….. akhirnya sampai juga pada laporan tahunan, eh, akhir tahun untuk tantangan bacaan dari Joglosemar. Sementara tantangan dari Goodreads sudah sempat saya screenshot di My Year Book 2020 beberapa hari, tapi ternyata masih nambah lagi dan lagi. Hahaha… Maklum, lagi seneng baca manga dengan volume jelas. Biasanya kan cuma chapter-chapter saja. Jadi ngga jelas volumenya wkwkwk..

OK, laporan untuk tantangan baca di Goodreads dulu ya. Tahun lalu saya menantang diri sendiri membaca 55 buku, dan ternyata saya bisa melebihi target awal, menjadi 64 buku. Horeeee…  

Rinciannya sih ada sekitar 15 komik baik paperback dan scanned manga yang dibaca secara online, lainnya, novel lah hahaha… Tapi di tahun ini saya sempat berkenalan dengan banyak penulis baru dan mencoba beberapa aplikasi baca buku baru, seperti Storial, Cabaca dan Scribd. So far, saya ngga nyaman baca di Storial dan Cabaca, jadi langsung uninstall begitu kelar satu buku hehehe… Saya pernah nulis tentang ketidaknyamanan saya disini. Sementara untuk Scribd, saya justru memperpanjang langganan. Haseeekkk… Ohya, saya juga sempat mencicipi seri awal Red Queen nya Victoria Aveyard. Ada rencana lanjut ngga? Kayaknya kok ngga wkwkwkwk…

Nah, sekarang saya mau laporan untuk tantangan baca dari teman-teman Joglosemar 2020. Ada yang sukses ada pula yang nyerah dan ada yang brenti tengah jalan. Ada juga yang sukses saya review, ada yang saya pasrahkan pada Goodreads begitu saja…

Here we go… Joglosemar Reading challenge 2020 report:

1.       Buku yang ditimbun selama 5 tahun lebih – Winter Dreams by Maggie Tiojakin

2.       Buku favorit rekomendasi teman Joglosemar atau buku kara penulis favorit teman Joglosemar – Perjamuan Khong Guan by Joko Pinurbo.

3.       Buku dengan sampul warna favorit – Purple Eyes by Prisca Primasari dan Keajaiban Toko Kelontong Namiya by KeigoHigashino (pokoknya ungu is the best color hehehehe)

4.       Buku dengan judul di awal huruf pertama nama kita – Lovely Heist by Prisca Primasari

5.       Buku kado arisan ultah Joglosemar yang belum dibaca atau buku pemberian dari orang lain atau buku hadiah – (gagal menyelesaikan Golemn and Jinni). Rencana lanjut di tahun 2021 nanti.

6.       Buku non fiksi terserah kategori apa – kosyyoonggg hehehe…

7.       Buku yang berhubungan dengan pekerjaan/ pendidikan masing-masing, boleh fiksi/ non fiksi – Guru Aini by Andrea Hirata

8.       Buku dengan nama orang di judulnya – Finn by Honey Dee

9.       Buku yang dibeli saat PO atau new release tapi belum dibaca sampai lebih dari 1 tahun atau sampai bukunya diobral – rencana awal sih pengen baca Deru Gunung. T…tapiii…ya gitu deehh.

10.   Buku yang tebalnya kurang dari 200 halaman – Sayap-sayap Kecil by Andri Setiawan

11.   Buku yang berhenti dibaca entah sejak kapan – Unforgettable by Winna Efendi

12.   Buku yang judulnya mengandung unsur elemen: tanah, air, api, udara – Like Water for chocolate by Laura Esquivel.

Dari 64 buku yang sukses saya baca di tahun 2020, terselip beberapa nama penulis baru yang saya temukan secara ngga sengaja atau sengaja karena penasaran dengan bukunya. Seperti Durian Sukegawa dengan Sweet Bean Paste-nya yang sempat wara wiri di timeline Goodreads dan memancing kekepoan saya akan buku ini, yang kemudian membuat saya berlangganan Scribd dan keterusan hingga sekarang hehehe… Ada juga nama penulis Korea Selatan yang bukunya sempat jadi live action di Netflix, yaitu Chung Serang dengan bukunya berjudul School Nurse Ahn Enyeoung dan seri satu Cinderalla and Four Knights-nya Baek Myo. Andri Setiawan juga termasuk baru buat saya meski mungkin saya pernah membaca karya terjemahannya. Ohya, saya juga bahagia menyelesaikan novel yang saya idam-idamkan sejak saya nonton filmnya dan akhirnya saya berhasil membaca novelnya, If Cats Disappeared from The World by Genki Kawamura.

Overall, saya lumayan takjub dengan tekad saya mengikuti tantangan bacaan ini, karena saya tahu, banyak teman saya yang lain gagal di tengah jalan, atau bahkan di awal tantangan wkwkwkwk… Mari kita lihat tantangan bacaan Joglosemar tahun 2021 ini. Berapa kategori yang bisa saya selesaikan? Tunggu saja yaaaa….

 


HAPPY NEW YEAR 2021! WISH ALL THE GOOD THINGS WILL COME TO US

2 Responses to "Joglosemar Reading Challenge Report 2020 and New Reading Challenge 2021"

  1. wah keren mbak, walaupun gagal tapi banyak yang terisi. sedangkan punyaku banyak yang bolong :D

    ReplyDelete
  2. Semangat sama tantangan membaca Joglosemarnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel